murniramli

Sakura bermekaran lagi…

In Renungan, Serba-Serbi Jepang on Maret 26, 2007 at 3:58 am

p1050371.JPG  Prunus serrulata (sakura)

Dua hari yang lalu sepulang kerja, seperti biasa saya melewati jalan yang sama. Tapi kali ini pemandangannya lain. Kuncup-kuncup bunga sakura mulai bermekaran. Bunga-bunga musim semi pun mulai menampakkan keindahannya.

Seperti biasa pula saya selalu ingin menangis melihat pesona yang ditebarkanNya di muka bumi. Kali ini pun sama.

Orang-orang Jepang dan juga mereka yang tinggal di negeri 4 musim selalu gembira menyambut pergantian musim dengan jenis makanan yang berbeda, pakaian yang khas, dan kebiasaan yang unik. Musim semi di Jepang biasanya diawali dengan hanami (melihat sakura mekar), acara minum sake dan bersenang-senang di bawah keindahan bunga sakura yang bermekaran penuh. Di supermarket mulai ramai pula dijual kue-kue dengan bentuk sakura, bahkan kue mochi yang dibungkus daun sakura pun mulai banyak, hiasan dekoratif bunga sakura pun bertebaran di setiap acara TV di Jepang.

p1050403.JPG    bunga magnolia

Saya pun gembira. Tapi mungkin tidak sama dengan kegembiraan yang dirasakan oleh orang Jepang. Kegembiraan saya melihat sakura mekar dua hari yang lalu di jalan-jalan sekitar meijo koen adalah kegembiraan yang juga kesedihan. Selalu saja terpikir tentang umur yang bertambah tatkala melihat warna daun berubah atau bunga baru bermekaran di setiap musim. Kadang saya tidak ingat hari kelahiran saya, jika teman tak mengucapkan selamat, tetapi saya selalu merasakan pertambahan umur setiap musim berganti.

Hari itu pun air mata pun menetes memandangi cantiknya bunga-bunga putih bermunculan. Ya, Allah, masih sempat hamba menikmati keindahan ini !

Dua malam berturut-turut saya kesakitan, entah makanan apa yang saya makan atau dosa apa yang saya kerjakan sehingga saya diberi penyakit olehNya. Tadi malam saya menyaksikan di TV, seorang penderita kanker yang dalam penantian detik-detik terakhirnya beliau mendatangi sekolah-sekolah, menasehati anak-anak bahwa hidup itu sangat penting, sangat indah, sangat menyenangkan, maka jangan terpikir untuk bunuh diri. Di akhir acara, beliau menerima keterangan dari dokter yang menyatakan bahwa kankernya stagnant, kemungkinan hidup masih ada. Ya, saya masih ingin melihat sakura mekar, begitu pintanya.

Saya kembali menangis, karena saya pun masih ingin melihat sakura bermekaran. Saya pun masih ingin memeluk mamak dan bapak. Saya pun masih ingin diberi waktu berjuang menjadi muslim yang sempurna.

  1. Terus terang, saya baru tahu gambar bunga sakura yang asli.

    Oh iya, makasih bu surat elektroniknya sudah saya baca dan saya balas lagi.

    • ass.waaaaaaaaaaht seneng bgt.kapan Q bs liat sakura yg asli.Q dh lm pengen prg ke jpg.tp kapan yyy?

  2. yg atas itu sakura, yg bawah bukan.
    ini ada tulisan dan foto sakura juga http://murniramli.wordpress.com/2006/12/23/hanami/

    icon yg saya pakai juga bunga sakura

  3. Numpang nimbrung nih Mbak…
    Bukankah kalau pergantian musim dingin ke musim semi itu awal Maret Mbak? Itu kata sensei saya…
    .
    Udah sembuh atau belum Mbak? Kata temen saya, salah satu tanda orang beriman itu, dalam selang empat puluh hari, pasti dikasih “musibah kecil”, contoh sakit… Ga tahu ada atau nggak hadits seperti itu…
    .
    Saya baca di KOMPAS, Jepang dilanda gempa hebat waktu Minggu pagi ya?

    murni : ya, seharusnya awal maret. tapi tahun ini awal maret masih duingin. sakura baru mekar kira-kira pertengahan atau akhir maret.
    Alhamdulillah sudah sembuh setelah minum air zam2 (^_^).

    Ya, ada gempa skala 6 di ishikawa ken, tempat saya agak goyang (skala 3). Di ishikawa parah sekali. Gempa masih berlanjut terus.

  4. bunga sakura bisa gak hidup di Indonesia, kalau bisa tolong bawakan yah? :D

    murni : sayang ga bisa. sakura perlu suhu rendah untuk berbunga. Liat fotonya aja, Pak (^_^)

  5. ingin sekali kejepang………………tapi bahasa baru pas pasan……………tapi aku yakin aku pasti bisa………………..bisa melihat sakura,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,GAnBATE

    murni : insya Allah…

  6. Wuah…bunga sakura sudah mulai ada ya ?
    Ya…saya sering mendapat beberapa photo bunga sakura dan photo orang-orang yang sedang menikmati Hanami.
    Sakura itu memang indah sekali, tapi sayang umurnya hanya sebentar saja.
    Oh ya….saya pernah makan Sakura Mochi. Kue Mochi yang dibungkus daun sakura.
    Karena tidak tau, saya makan dengan daun sakura yang membungkus mochinya. Rasanya enak juga :)
    Katanya memang ada yang daun sakuranya bisa dimakan ya ? :)

    murni : memang bisa dimakan.
    Orang jepang seperti orang sunda, segala daun dimakan…bunga sakura juga dimakan (^_~)

  7. Wuiih enak bener yah….minum sake dibawah pohon sakura yang lagi berbunga…..Saat saya kesana kenanya musim gugur terus….. :)
    Bung Helgeduelbek….yang ada di Indonesia kayanya cuma flamboyan….Bunganya sih banyak juga, tapi kita minum tuak dibawahnya…. :)

    murni : musim gugur juga indah lo, Pak (^_^)

  8. so goooooooooooooooooood so no comment

    murni : itu juga sudah komen kok :D

  9. hi japan how are you?I like sakura very much so may I ask for sakura’s picture thanks very much for your attention

    murni : yup, of course. Please check my gallery ! There’re a lot of sakura’s pictures there.

  10. assalamu’alaikum wr wb,
    numpang nanya nich mba, kata temenku bunga sakura itu ada lima jenis. ada yang warna merah, putih,kuning,pink, dan mmm…klo ga salah apa lagi ya??oya biru gitu ya??(maklum lupa^_^).emang apa beda’y sich mba.apa setiap daerah warna bunga sakura’y berbeda-beda.oya terus senseiku juga pernah bilang klo musim semi di Jepang itu ga serempak alias giliran tiap 2 mggu sekali,jadi bunga sakura itu pertama kali muncul di pulau kyushu terus nanti menyebar ke daerah” lainnya hingga yang terakhir pulau hokkaido. mohon penjelasan’y ya mba??

    murni : wa alaikum salam wrwb
    yang berwarna kuning, mungkin bukan sakura, apalagi yang biru.
    sakura berdasarkan catetan om Wiki, cuma ada yg berwarna putih or pink.
    Bedanya karena memang varietasnya beda (secara botani)
    Musim semi memang tidak serempak datangnya karena kondisi wilayah Jepang yang posisinya membujur dari Utara ke Selatan. Daerah Utara yaitu Hokkaido dan sekitarnya lebih dingin, dan musim semi datang terlambat.
    Sakura mungkin mekar pertama kali di Okinawa ketimbang Kyushu.
    Mengenai musim semi yang muncul setiap dua minggu sekali, saya kurang mengerti.
    Yang jelas musim semi mulai di awal Maret atau pertengahannya hingga sekitar Juli.

  11. wah keren if bisa liat sakura langsung tp sayang smua masih angan2:(((

  12. Bu murni, (nggak pa pa kan , saya manggilnya bu murni? jangan2 ntar jadi makin sedih, karena ‘bu’ itu terkesan tua–semata-mata karena saya menghargai bu murni sebagai seorang guru yang hebat!)
    sebenernya, saya baru sekali membaca blog bu murni (tentang suka duka TT), membaca itu saya merinding. Saya pingin ke Jepang…
    Ditambah membaca artikel sakura ini, saya jadi benar2 bertekad ingin ke Jepang, Bu! Saya ingin merasakan betapa indahnya sakura yang bermekaran di Jepang.
    Beruntung sekali saya bisa menemukan blog bu murni, karena jarang ada yang bisa menceritakan tentang aktifitas seorang mahasiswa di Jepang dengan sedetail yang diceritakan bu murni…

    Mengenai beasiswa jepang, saya boleh tanya-tanya ke bu murni kan? :D

    murni : salam kenal Mba Okta,
    Ya, silahkan jika saya bisa bantu

  13. zxgadhgf

  14. Salamau’alaiku….
    Salam kenal Mbak/ibu….
    Saya terharu dengan kisah yg ibu sampaikan, tapi jg saya bisa merasakan kebahagiaan dgn hadirnya bunga sakura itu.
    Subhanallah…, betapa indah nya karunia Tuhan, terima kasih banyak mbak, gambar bunganya. Begitu saya liat gambar bungan ini, saya langsung tertarik, dan langsung sy jadikan gambar di dekstop saya.
    Mbak.., kalau ada bunga2 yg lain yg sama indahnya, tlg kirim kan ke saya ya…..thx be4.

    murni : wa alaikum salam wrwb
    silahkan mengklik ke bagian gallery di blog ini

  15. I LIKE IT,,,,,,THE FLOWERS SAKURA IN JAPAN VERY NICE,,,,SO WHY YOU NOT GIVE ME BIG GALLERY ABOUT SAKURA FLOWERS,,,,PLEASE,,,SEND TO MY E-MAIL,,,,,KEY..*~* MY E-MAIL ADRESS : NOFITA.PURNAMA@YAHOO.COM,,,,I WILL WAITING YOUR E-MAIL……,,,,,THANKS FOR YOU

  16. mampir ke blog ku ya

  17. Assalamu’alaikum..
    hmmm…apa kabar??
    mudah2an Allah senantiasa mengkaruniakan nikmat2-Nya yg senantiasa kita syukuri.
    Zia senang bgt waktu pertama kali baca blognya mba.menyentuh bgt.
    oya mba, zia bisa minta alamat emailnya g’???
    zia butuh bantuannya mba. bisa kan???

  18. hajimemashite,
    cici desu
    douzo yoroshiku onegaishimasu

    wah enak ya mba di jepang, bisa ngerasain onhanami dunk,,,,,

    m,,,, saya seneng banget jepang mba terutama kebudayaannya, kl boleh n mba g sibuk, boleh minta artikel tentang matsuri di jepang g???? kalo ada sama foto atau video nya. onegaishimasu

    katanya kan di jepang dalam setahun itu banyak festival ya??

    tokorode, mba masih di jepang kan.
    arigatou gozaimasu.

  19. Assalamu’alaikum..
    Mba murni, salam kenal nich dari saya yang berada di jakarta, tentunya. Mba, cantik ya bunga sakura, kayaknya kalo liat gambar pohon sakura kalo lagi kembang gak ada daunnya.

    murni : assalamu alaikum, Mba Nessy
    salam kenal juga

  20. waa…hisashiburi sakura…. mata nihon ni ikitaino..
    skrang msh aki ya..msh bnyk momiji?
    mungkin di nagoya masih ya.. saya pernah berjam-jam duduk di higashiyama menghitung momiji. dan hasilnya saya msk angin. kwa..wak..wak, Bwt Mbak murni yg sdh membuka kenangan sy (ii omoide) domo arigatou. salam dari indonesia

    murni : salam kenal juga, Mba Yuki

  21. mbak sy ijin “nyatut” gambar en ngutip sbagian tulisannya (ttg org yg skt itu) ya bwt bagian slide sy sbg sarana ngajar sy ttg nihonggo dan nipponbunka.
    arigatou gozaimasu.ki o tsukete kudasai.

  22. mba murni.mf mb,gmn skrng kbrnya?lo dh bcr tntng jpg Q sllu trbyngkn bunga sakura.sedih hati ini pengen prg kesana sejak SMA Q slalu mmbyngkan gmn caranya bs prgi k jpg? sehingga membuatQ semangat tuk mengjar cita2Q?mdh2an Allah mmbri sy ksmptan seumur hdp s x saja.salam “hikari no michi” wahyu majalengka jawa barat

  23. mampir ah kesana tahun depan ( jepang)

    amin..

    doakan yaa…

    kalu jadi kesana ku bawakan oleh-oleh

  24. ingin ikut acara minum sake dibawah bunga sakura.

  25. Apakah semua di kota kota dijepang. bunga sakura bermrekaran serentak.?
    berapa harikah, bunga sakura mekar dan berapa bulan, masa musimnya. ?

  26. Assalamu’alaikum, salam kenal mbak ……
    Hmmmmmm……bagus banget mbak foto sakuranya ……sayang waktu awal maret kemaren pas waktu aku ke nagoya belum banyak ……
    Cuman lihat pas di nagoya castle …itupun dikittttt sekali ……..

    Salut ma orang jepang yang rapi n teratur bangettt ……..pas mau naik subway ….baris teratur banget …

    Keren deh mbak blog nya ……

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 164 pengikut lainnya.

