murniramli

Seragam Sekolah Sailor di Jepang

In Pendidikan Jepang, Serba-Serbi Jepang on Juli 3, 2007 at 12:31 pm

2164684_g.jpg aiko_1204_narrowweb__300x3300.jpg  princessaiko-727354.jpg

(Gambar kiri, anak SD) (Gambar kanan Putri Aiko dengan seragam TK-nya)

Dulu ada pertanyaan tentang seragam anak sekolah di Jepang yang mirip dengan seragam pelaut. Saya coba tanya ke teman-teman Jepang, kenapa seragam anak sekolah di Jepang mirip seragam pelaut dan mereka radha mengernyit aneh dengan pertanyaan saya. Beberapa hari yang lalu ketika menginap di rumah seorang teman di Tsukuba Daigaku, saya mendapat sedikit penjelasan darinya. Saya coba search di wikipedia tentang セーラ服(se-ra fuku), seragam sailor. Dan lumayan dijelaskan baik dalam edisi bahasa Inggris-nya apalagi yang berbahasa Jepang.

Pakaian ala sailor merupakan ide seorang kepala sekolah Fukuoka jo gakuin, Ibu Elizabeth Lee.Waktu itu anak-anak putri Jepang mengenakan kimono ketika bersekolah yang tentu saja menyulitkan gerak gerik mereka ketika berolahraga. Maka bu kepsek teringat dengan model seragam yang dipakainya ketika belajar di Inggris, yaitu baju sailor. Tahun 1918, bu Elizabeth meminta seorang penjahit di Oota Toyokichi (太田豊吉)untuk menjahitkan baju atasan seragam anak-anak putri. Setelah jadi, baju sailor itu ternyata robek ketika dipakai berolah raga, maka bu Elizabeth menyarankan agar dipasang resleting di bagian kiri/kanan baju dari arah ketiak.Tapi kelihatannya resleting ini tidak lazim sekarang.

Selanjutnya gerakan anak2 masih juga terhambat karena rok yang mereka pakai masih berbentuk lurus panjang. Maka bu Elizabeth datang kembali ke penjahit dan menjelaskan agar dibuat rok yang memudahkan anak-anak bergerak dan tetap kelihatan cantik :D Penjahit mendapat ide membuat rok berlipit-lipit setelah melihat gorden yang tertiup angin tetapi setelah itu dan dapat kembali ke bentuk semula. Akhirnya dibuatlah rok lipit-lipit yang semula tidak pendek seperti sekarang. Tapi lambat laun rok yang dipakai siswi2 Jepang semakin pendek.

Tahun 1921, pertama kali pemakaian seragam sailor di Jepang. Pada tahun yang sama, sekolah Kinjou gakuin di Aichi juga memutuskan menggunakan seragam sailor. Adapun anak laki-laki mereka berseragam seperti tentara Jepang dulu, lengkap dengan topinya yang disebut dengan `gakuran`. Pakaian sailor untuk siswi sebenarnya juga agak berkesan militer.

406px-japanese_school_uniform_dsc06051.jpg img_4799.jpg (seragam anak SMA)

Seragam sailor biasanya dilengkapi dengan dasi (beragam modelnya), lalu disertai rok kotak-kotak berlipit-lipit, dan pada musim dingin para siswi sering memadukannya dengan loose shocks (kaus kaki kedodoran). Di beberapa sekolah seragam sailor tidak dipakai lagi, tapi diganti dengan blazer atau kemeja putih berlengan pendek atau panjang. Tapi rok yang dikenakan sama saja….pendek ! Anak-anak SMA lebih modis dan punya gaya berseragam yang unik-unik :D

loosesockswp.jpg kaus kaki kedodoran :D

Dengan pakaian seragam, anak sekolah mudah untuk dikenali, apalagi jika mereka bolos pada jam-jam sekolah :D Tapi seragam juga menjadi dilema bagi sekolah-sekolah untuk anak-anak tak mampu, yang jangankan untuk membeli seragam, memenuhi hajat perut hari ini pun mereka kesulitan.

About these ads
  1. Yang jelas Mbak, dari SD ke SMA, seragam anak2 sekolah Jepang itu berkebalikan dengan Indonesia, wabil khusus untuk wanitanya. Makin gede mereka, seragam bagian bawah semakin ke atas ;-).

    murni : sing seneng sopo coba ? :D

  2. wah.., sudah diulas nih
    terima kasih ya bu (^_^)

    btw, utk kalimat terakhir itu, apakah benar di jepun masih ada yg “tak mampu”. atau, kalimat ini ditujukan utk wong indonesia?

    salam,
    adi.n

    murni : yg itu…untuk wong Indonesia :-)

  3. Menarik karena mengingatkan saya dengan serial kartun berjudul ‘Sailor Moon’. Saya pikir dulunya karena Jepang negara kepulauan. Jadi, normal kalo pake baju sailor.

    Oh, ternyata… pengaruh Inggris Raya. Jauh juga pengaruhnya.

    murni : Inggris dan Amerika sangat mempengaruhi kebijakan pendidikan di Jepang

  4. tapi lucu juga pake sailor sefuku……terlihat kawaii~~~^_^

    murni : ya, apalagi yang SD atau TK :D

  5. mba, saya jadi inget pertama dateng ke Jepang musim dingin Februari 2003, saya bertemu rombongan anak2 SMA bermake up tebal, shadow hitam dan eyeliner putih, rambut di sasak tinggi, kemerahan, dan rok nya maaf lho sejengkal doang dibawah pusat. Duuhhh..saya sampe melotot dan saya lirik suami, ehhh dia nyante aja, katanya..”gak ngaruh tuh Mah! tiap hari liat” jawab nya sante…grrrrrhhhhhhhh…

    murni : Pernah liat yg pake baju lolita ga ?:D

  6. sering sih liat di dorama klo rok ank2 skolah di jepang pendek2,apalagi yang SMA,tp apa gak dimarahin tuh ma pihak sekolah klo rok seragamnya pendek bgt?kan klo dsini pendek dikit ja(diatas lutut)roknya langsung digunting……..^_^”capek deh!!

    murni : guru2nya sih sepet juga, tp dah bosen ngasih taunya :D

  7. baca comment bu nining aq jd inget dorama nobuta wo produce uy………itu lho gank ank2 cwe yg suka ngegangguin c nobuta,ditendang keluar ma yang punya toko buku go-yokudo…gara2 yg punya toko buku gak suka klo ada cwe2 bermake up tebal,rok sekolah pendek n rambut diwarnain baca di tokonya………..wkwkwkwkwkwkwkwkwk ^_^”

  8. namanya juga anak-anak ….. :D

  9. serafuku. ore wa tottemo daisuki da yo! ktika berangkt kerja lihat plajar wanita serafuku, fikiran jadi kacau, tak terasa darah mengalir dari hidung. ah konaide konaide serafuku garu. ore no spiritto futatabi sanjyou. kyaaaaa~

    murni : ini gejala kecanduan komik :D

  10. wah wah…..
    coba klo dijakarta… yakin deh, pasti pada belang semua…. hehehe

  11. wiiiyyy,,,
    sRagam anx” jPang kEren aBieZZz!

  12. Thanks untuk infonya, mbak … iya saya sempat bertanya2 itu kenapa seragam di sana kayak pelaut .. ternyata inspirasi dari sekolah di Inggris yow.

  13. klo musim dingin apa ga kedinginan make rok sependek itu???
    “yang penting gaya”….kata mereka

    murni : nggak. kan pake stocking atau kaos kaki kedodoran

  14. ANK2 JEPANG KEREN2 YA,, APALAGI SERAGAM SEKOLAHNYA,,, JADI KEPENGIN MAKE’ NICH,, TAPI ROKNYA KO PENDEK PENDEK YA??

  15. Coba kalo di sini seragamnya kaya orang jepang….wuihh sexsi kan..

  16. bingung..ada temenku yang prnh ke jpg blg(dy dikasi taw guide-nya),emank pendek2 roknya,tapi ktnya kalo skolah,panjang…bener ga sih?

    murni : saya belum pernah ketemu anak sekolah yg roknya panjang di Jepang.

  17. salam kenal, (saya anak baru) komentar kalian wuih tentang rok pendek terus,jika diuji cobakan di Indonesia bagaimana kesimpulannya :apakah Anak laki indonesia jadi tambah suka belajar jika anak cewek berok sailor?

  18. wow.. begitu toh ceritanya. omong-omong, sekarang di Indonesia pun sudah ada sekolah yang pake seragam sailor lho.. emang sih yang saya lihat baru di TK, dan animonya cukup positif, para orang tua sangat senang dan komentar,”lucuu…” tapi kalau sampe anak SD-SMP-dan SMA ikutan gimana ya? sekarang saja anak-anak di sekolah saya banyak yang ‘merengek’ ingin seragam putih biru cepat-cepat diganti dengan seragam ‘keren’ kayak di komik jepang. ini gejala apa ya, Mbak?

  19. Mbak Murni ,Orang Jepang otaknya ditanemin Chip yah…..hehehe

    http://airimbang.wordpress.com/serbaneka/humour/kepeleset/

    Tolong di jawab setelah melihat article yang di bawah untuk yang di jepang

    http://airimbang.wordpress.com/serbaneka/sekilas-info/perbandingan-harga-makanan-dunia/

  20. Biasanya rok mereka akan lebih memendek saat pulang sekolah. Kesempatan memendekkan rok bisa saja di chikatetsu (KA Subway), di Basu (bis) ato dimana saja. Pemandangan siswi yang melipat roknya sampe tinggal sejengkal dari Oshiri biasanya bisa didapat saat jam2 pulang mereka, perhatikan deh…. karena saya sering banget melihat ini. Siswi sekolah swasta malah lebih jarang melakukannya.

  21. hajimemashite. memang menarik sih, seragam sailor itu, keren dan klasi. tp, yg saya baca, anak-anak sekolah malah jadi simbol sex di Jepang, terutama karena seragamnya itu. pedofilia mungkin menjadi hal yg menarik sekaligus meresahkan di Jepang. mmg, angka kasus itu masih sangat kecil dibanding negara lain, misal Barat, tp bnyk sekali yg bisa jadi pemicunya seperti contoh, anime, manga, game, figur, dll yg bertema ‘lolicon’. terima kasih

    murni: salam kenal.
    terima kasih atas tambahan infonya

  22. Baca tulisan diatas serem juga. Kalo menurut saya sih seragam jepang itu memang unik sekali. Dulu waktu masih jaman-jaman suka komik sering menghayal saya seragamnya kayak gitu. Tapi yang bikin aneh kalo baca komik emang itu sih: kok anak jepang itu bajunya tangan panjang bawahnya pendek Pendeeeeeeeek banget. Saya aja yang liat (padahal komik hehe..) jadi malu.

  23. oh baju baju di sana unik bgt ya hoooooo andai indonesia semua baju sekolah nya kaya gitu…

  24. ohh aku baru tau filosofi nya tg seragam sailor.
    (O_O)

    waktu itu aku cuman dapet penjelasan sedikiiiiiittt dari komik yg nyeritain jaman edo gituu..
    katanya ada jg org2 jepang yang masih berpegang teguh sama tradisi and budaya gak mau dan menolak make seragam sailor..
    katanya itu seragam org asing..
    mnurut komik sih itu seragam nya jadi sailor karena bawaan pasukan laut AS ma Inggris…

    aku gag gitu ngrti.. tapi untung sudah dijelaskan melalui artikel ini..
    sangat bermanfaat..
    ^^

  25. oh, gitu ya kenapa murid-murid di jepang pada pake seragam sailor?
    kayaknya kalo murid di indonesia pake seragam model gitu lucu juga ya, asal jangan terlalu pendek aja, sy pasti mau deh kalo di sekolah saya seragamnya kayak gitu, kawai!
    salam kenal ya, mbak…

    murni : salam kenal juga

  26. Ngngng, sebetulnya ya bagi kita memang cute dan imut-imut. Jadi lucu. Tapi di sekolah saya seragam anak-anak yang perempuan pernah bentuknya lucu-lucu, orangtua suka. Malahan salah satu yang menarik ortu daftar di sekolah kami adalah karena seragam. Tapi kemudian anak-anak malahan pas udah kelasnya agak besar protes. Malu mereka. Masa sekolah kita pake baju anak-anak begini bu. Bagi mereka malahan jauh lebih senang dan tidak malu kalau pakai baju sekolah yang normal seperti kemeja dan rok saja. Bagi ortu sih lucu anaknya imut, tapi bagi anak itu memalukan.

    murni : setuju.
    Anak2 mo pake baju apa aja ttetep imuuut, tp kalo dah besar dipakein baju imuut ya jadi ga pas ya :D

  27. kalo di indonesia pake seragam gitu, mungkin bisa kena UU pornografi :D

    tp kyknya ga cocok sekali dengan budaya Indonesia :)

    (aku sih seneng2 aja ngeliatnya, ahahaha)

  28. Kebetulan anak sy suka nonton anime ..
    Dia pengen banget skolah di Jepang ..

    Tapi kLo seragamnya pendek gitu , apa nggak akan malu ya dia ??

    Namun, semangatnya sih masih OK

  29. Saya teringat pendapat Lumsden (2001) yang menyebutkan beberapa keuntungan penggunaan seragam sekolah, diantaranya: (1) dapat meningkatkan keamanan sekolah (enhanced school safety); (2) meningkatkan iklim sekolah (improved learning climate), (3) meningkatkan harga diri siswa (higher self-esteem for students), dan (4) mengurangi rasa stress di keluarga (less stress on the family)

  30. @yuki chan : saya tambahin pendapat Pak/Bu Lumsden,
    spy gampang diketahui kalau ada siswa bolos ke mall saat hari sekolah :D

  31. ha..ha..ha…, betul…betul. Saya setuju

  32. Gimana di Jepang gak banyak chikan ya… tapi aku pernah liat di youtube seorang pelajar transfer ke Jepang, roknya lumayan panjang kok. Lebih kurang 2-3 jari diatas lutut. Mungkin tergantung daerah tempat sekolah atau ketegasan dari sekolahnya kali ya.

    murni : ya, ada peraturan sekolah dan ada juga yg dibebaskan

  33. trnyata khidupan remaja2 jepang thu unik2 yaa…
    tpi,,apa mrk gag takut trutama bagi cewek2 yg rokny kependekan..
    apha mereka ntar gag takut d ganggu ma preman2 dsana??
    tpi,,buat sluruh anag2 jepang…Cia Yoo!!!

  34. ooo…emang bener sii kalo seragam jepang thu unik2…
    apalagi gue suka bgt ma yg namanya manga..tpi,,apha cewek2 jepang thu gag takut yaa..kalo d gangguin ma anag2 cowok cz roknya pendek begitu…hmm..tpi,,kalo mnurut mrk it’s ok kali yaa..yg pnting bwt sluruh anag2 jepang bisa trus smangadh..ok!!Cia Yoo!!!

  35. hmm…enak tinggal di jepang apa di indonesia yah..???

  36. [...] biasa, menghubungi mbah, searching dan menemukan satu postingan yang menarik dari seseorang yang berguru hingga lebih jauh lagi dari China yaitu ke Jepang. Kemudian tertemukan lagi beberapa postingan yang [...]

  37. pingin merasakan mengenakan seragam sailor. kapan ya?

  38. hahahaha….
    tambah gede tambah pendek roknya..
    apa gk dingin di sana

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 169 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: