murniramli

Alokasi anggaran pendidikan Jepang

In Pendidikan Jepang, Serba-Serbi Jepang on Oktober 20, 2008 at 10:48 am

Tahun 2007, Kementerian Pendidikan, Olahraga, Budaya dan Teknologi Jepang (MEXT) menetapkan dana pendidikan sebesar 5,270.5 billion yen. Berikut adalah alokasi anggaran yang diterbitkan oleh MEXT dalam situsnya.

MEXT's General Budget for FY2007 graph

Anggaran terbesar dialokasikan untuk pembinaan dan pengembangan compulsory education (wajib belajar), yaitu untuk pembayaran SPP siswa, sebesar 31.6% dari total anggaran. Sebagaimana diketahui bahwa siswa SD dan SMP di Jepang tidak membayar uang SPP, dan hanya membayar biaya non SPP, seperti pembelian buku penunjang (buku wajib gratis), biaya ekskul, tour sekolah, dll.

Pengeluaran terbesar kedua adalah untuk manajemen pendidikan tinggi yang beralih status dari universitas negeri menjadi “koujinka” (Corporation Law), semacam BHMN di Indonesia. Dana untuk kegiatan ini sebesar 22.9% dari total anggaran. Perubahan status universitas di Jepang adalah sebagai langkah privatisasi instansi negara yang sudah dimulai sejak masa PM Koizumi. Tak heran jika beberapa universitas menempuh penghematan dalam penggunaan fasilitas kampus, seperti yang saya alami di kampus, jatah kertas printer dan fotocopy berkurang. Tetapi SPP mahasiswa tidak naik, bahkan di Tokyo University malah terjadi penurunan SPP.

Anggaran terbesar ketiga adalah untuk pengembangan sains dan teknologi (16%). Di SMP dan SMA Jepang, 2 tahun yang lalu telah diperkenalkan program Super Science, berupa peningkatan value materi sains, dan penambahan perlengkapan eksperimen di sekolah. Sebagian besar dana disalurkan untuk penelitian sains di universitas. Perolehan nobel 3 professor Jepang di bidang Fisika (seorang warganegara AS kelahiran Jepang) dan dan seorang di bidang Kimia (warganegara AS kelahiran Jepang) tahun ini semestinya semakin memacu pemerintah untuk mengucurkan dana di bidang ini.

Anggaran selanjutnya adalah untuk membantu sekolah/universitas swasta, sebesar 8.6% dari total anggaran. Dari dana ini, sponsor terbesar diberikan kepada universitas swasta. Sekolah-sekolah swasta di Jepang mendapat bantuan dana dari MEXT dan juga pemerintah daerah setempat, tergantung kepada tingkat keperluan.

Anggaran terbesar selanjutnya adalah untuk life long learning education, olahraga, termasuk di dalamnya anggaran untuk mahasiswa asing. Tahun ini beasiswa yang dikeluarkan oleh MEXT untuk mahasiswa asing sebesar 175,000 yen per kepala, yang ada rencana akan diturunkan menjadi 160,000 yen per Oktober tahun ini.

Anggaran lainnya adalah untuk kebijakan energi berupa penggunaan peralatan listrik yang diperlukan saat musim panas (AC) atau heater (saat musim panas), penggunaan listrik dan air. Dana untuk keperluan ini sebesar 4.2% total anggara, lalu 2.3% anggaran dipakai untuk pemberian beasiswa kepada anak-anak Jepang, 2% untuk pemeliharaan fasilitas sekolah negeri, 1.9% untuk kegiatan budaya, 1% untuk grant pemeliharaan fasilitas universitas negeri, dan 0.8% untuk pemesanan dan pembelian buku pelajaran.

About these ads
  1. [...] Tulisan Asli dapat dilihat pada: Alokasi Anggaran Pendidikan Jepang [...]

  2. Aku senang baca blog ini. Kembangkan teruuuussssssssssss…..

    dewe_diwarman@yahoo.com

    http://diwarman64.blogspot.com

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 169 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: