murniramli

Pergantian Siang Malam

In Islamologi, Renungan on September 11, 2009 at 8:33 am

Kalau pada bulan-bulan biasa, rasa kantuk muncul setelah makan siang, maka selama bulan ramadhan umumnya kita merasakan kantuk yang teramat sangat setelah makan sahur, dan pada siang hari.

Tidur saat-saat mengantuk sangat nikmat, sekalipun hanya 15 atau 20 menitan saja. Tetapi sebaliknya tidur pada saat tidak mengantuk atau telah melebihi kapasitas jam istirahat, akan membuat kita merasa pusing dan perasaan tak nyaman.

Saya sering sekali merasakan kantuk pada saat duduk berjam-jam di depan komputer,tanpa tahu apa yang harus ditulis.Kalau waktu-waktu seperti itu dipakai untuk tidur, maka sesudahnya biasanya akan terasa lebih fresh dan bisa berfikir jernih.

Seperti barusan, angin musim gugur yang mulai bertiup dari jendela ruang belajar, membuat saya tak dapat menahan kantuk. Sekalipun ramai suara teman yang sedang membereskan barang-barangnya, mata saya tetap terpejam. Dan sekitar 20 menit, saya terbangun dengan kondisi agak segar.

Allah telah menjadikan tubuh kita dengan ritme yang rapi dan sistematik. Siang hari dibuatnya kita lebih aktif, dan malam hari didatangkan rasa lemah dan mengantuk. Matahari yang bersinar terang pada siang hari membangunkan semua sel-sel, dan gelap yang didatangkan pada malam hari menutupkan semua sel-sel, sehingga datanglah rasa kantuk.

Tetapi aktivitas manusia semakin beragam yang menyebabkannya perlu mengganti waktu tidurnya di siang hari, dan waktu kerjan di malam hari. Dalam keadaan demikian, bukan lagi pengaruh terang dan gelap, tetapi keletihan tubuh yang memaksa kita dapat tidur di siang hari. Barangkali sering kita alami, tiba-tiba kita tertidur dalam kendaraan. Saya sering sekali, terutama saat berangkat bekerja di siang hari menjelang sore. Tetapi anehnya saya hanya bisa tidur di siang hari dan sama sekali tidak mengantuk jika naik kereta saat pulang kerja di malam hari.

Ayat-ayat Al-Quran banyak sekali yang menceritakan tentang siang dan malam sebagai masa bekerja dan beristirahat bagi manusia.

أَلَمْ يَرَوْا أَنَّا جَعَلْنَا اللَّيْلَ لِيَسْكُنُوا فِيهِ وَالنَّهَارَ مُبْصِرًا إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِّقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

Apakah mereka tidak memperhatikan, bahwa sesungguhnya Kami telah menjadikan malam supaya mereka beristirahat padanya dan siang yang menerangi? Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman (QS. An-Naml : 86)

وَمِن رَّحْمَتِهِ جَعَلَ لَكُمُ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ لِتَسْكُنُوا فِيهِ وَلِتَبْتَغُوا مِن فَضْلِهِ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebahagian dari karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya(QS. Al-Qashas : 73)

وَجَعَلْنَا اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ آيَتَيْنِ فَمَحَوْنَا آيَةَ اللَّيْلِ وَجَعَلْنَا آيَةَ النَّهَارِ مُبْصِرَةً لِتَبْتَغُواْ فَضْلاً مِّن رَّبِّكُمْ وَلِتَعْلَمُواْ عَدَدَ السِّنِينَ وَالْحِسَابَ وَكُلَّ شَيْءٍ فَصَّلْنَاهُ تَفْصِيلاً

Dan Kami jadikan malam dan siang sebagai dua tanda, lalu Kami hapuskan tanda malam dan Kami jadikan tanda siang itu terang, agar kamu mencari karunia dari Tuhanmu, dan supaya kamu mengetahui bilangan tahun-tahun dan perhitungan. Dan segala sesuatu telah Kami terangkan dengan jelas(QS. Al-Israa: 12)

Siang dan malam dipergantikan untuk keperluan hidup manusia, maka beruntunglah orang-orang yang dapat mengisinya dengan ibadah.

Renungan hari keduapuluh satu…..

About these ads
  1. Penjelasan khusus mengenai pergantian siang malam,, ( sore ) Ada rahasia apa di sore hari….. ( ilmmu fisika maupun kimia )

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 172 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: