murniramli

Pelangi dan Bon Odori

In Serba-Serbi Jepang on Desember 22, 2006 at 11:22 pm

Thursday, July 20, 2006
Pelangi dan Bon odori (tulisan di blog `Belajar dari Alam`)

p1140304.jpg

Pelangi pelangi alangkah indahmu
merah kuning hijau di langit yang biru
Pelukismu Agung siapa gerangan
Pelangi Pelangi ciptaan Tuhan

Lagu Pelangi yang dikarang Pak AT Mahmud kembali teringat ketika kali kedua saya melihat langit berhias garis2 lengkung berwarna.

Kali pertama ketika berada dalam pesawat menuju Nagoya sepulang dari research di Hokkaido. Waktu itu pramugari sudah mengingatkan untuk tidak memotret karena pesawat akan landing, tp karena ini `mezurashii mono` (kejadian yang jarang), maka walaupun dilarang saya tetap memotretnya. Sayang tidak terlalu bagus hasil jepretannya.

Kali kedua, ketika saya diundang untuk menyaksikan `bon odori` Jumat yang lalu, sebuah festival di musim panas di Jepang yang bermakna tarian untuk memanggil ruh2 orang yang sudah mati untuk menikmati musim panas. Barangkali terkesan sangat kolot dan unbelievable bahwa masyarakat Jepang yang di satu sisi maju dalam teknologinya tetapi masih mempunyai kepercayaan animistik seperti ini.

Acara bon odori kali ini berlangsung di TK Sono (Sono yochien) tempat saya mengajar bahasa Inggris setiap hari senin. Tidak seperti bon odori yang sebenarnya, yang sering dilakukan oleh orang dewasa, yaitu melalui ritual2 keagamaan, bon odori bagi anak TK adalah acara hiburan yang sangat menyenangkan. Anak2 berpakaian kimono bagi anak perempuan dan yukata bagi anak laki2, menari mengikuti irama lagu2 anime Jepang seperti doraemon, sinchan, dll. Tentu saja gerak tari mereka lebih cenderung kepada olah raga dari pada kesan gerak gemulai.

Karena ada pelangi, saya tidak peduli dengan bon odori, selama 15 menit saya memotret pelangi dari berbagai sudut dengan gaya prof, tapi sebenarnya pelangi ternyata lebih cantik dilihat langsung daripada memandangnya melalui lensa kamera atau menatapnya dari hasil photo.
Lagu Pak AT di atas saya dendangkan, seraya berucap Subhanallah, Maha Agung sungguh Sang Penciptanya.

posted by uni ramli @ 9:13 PM

Iklan
  1. pingin melihat jepang secara langsung
    pengen kuliah disana
    gimana caranya ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: