murniramli

Batuk sehat, Batuk sakit

In Sains on Desember 24, 2006 at 2:38 pm

Ide tulisan ini datang dari pertanyaan Pak Urip, rekan guru yang sedang giat mempromosikan terbentuknya jaringan blog guru se-Indonesia. Beliau menulis komentar pada tulisan `Batuk`.

Saya baru tahu kalau proses batuk ternyata menyehatkan juga menyakitkan. Selama ini saya meyakini bahwa semua penyakit yang diberikan Allah kepada manusia adalah untuk menghapus dosa dan kesalahannya, dan juga untuk memberikan kekuatan baru kepada manusia untuk menjalani hidupnya setelah mengistirahatkan sesaat mekanisme normal organ tubuhnya.

Batuk ternyata adalah fungsi pertahanan tubuh yang diciptakan Allah untuk manusia, dengan bentuk respon tubuh yang cepat ketika ada benda asing yang masuk ke tubuh, khususnya bagian tenggorokan. Karenanya batuk bisa terjadi dalam keadaan sehat, sehingga bisa dikatakan `batuk menyehatkan`, dan bisa dalam keadaan sakit yang karenanya `batuk itu menyakitkan`.

Pada hidung, tenggorokan dan organ tubuh manusia terdapat reseptor yang disebut mucus yang berfungsi menangkap zat-zat asing yang menginfeksi tubuh manusia. Reseptor ini diproduksi oleh sel-sel goblet (sedang ada project penelitian microbiology mengenai sel ini). Mucus memproduksi zat mucin dan beberapa zat yang mengandung garam. Salah satu jenis mucus adalah dahak (phlegm).

Jadi, ketika ada zat asing yang bisa muncul dari asap, bau yang tajam, debu, serbuk, kotoran yang terbawa angin, dll masuk ke hidung, mucus bekerja layaknya sebagai satpam dengan membuat perangkap berupa mucin untuk menangkap zat asing tadi. Perangkap tadi berfungsi ganda selain untuk menangkap musuh, juga untuk menjaga supaya lapisan di hidung tetap basah. Kalau kotorannya lolos sampai ke tengggorokan, dia ditahan dengan produksi dahak. Karena dahak berupa lendir yang menghambat nafas, maka batuklah kita buat mengeluarkan dahak tersebut sekaligus musuh tadi. Sayangnya musuh kadang-kadang sudah melepaskan senjata pamungkasnya waktu masuk ke tenggorokan, dan kebetulan satpam-satpam yang lain di dalam tubuh kita (antibodi) sedang letoy karena `gajinya`(baca = nutrisi) kurang. Akibatnya tubuh kita meriang, demam, kemudian disusul flu, pilek, dan batuk. Biasanya kita dianjurkan untuk minum vitamin C, makan buah dan sayur, minum air putih yang banyak.

Adapun dahak yang diproduksi di tenggorokan memiliki kandungan zat kimia yang bervariasi tergantung iklim, genetik dan kondisi sistem pertahanan tubuh. Umumnya berupa larutan kental yang mengandung gel yang merupakan larutan glicoprotein, imunoglobin, lipid, dll. Warna dahak mengindikasikan parahnya gejala penyakit batuk:
1. Dahak yang sehat warnanya bening atau putih
2. Dahak berwarna kuning pertanda gejala demam batuk pilek biasa
3. Dahak berwarna hijau pertanda adanya indikasi pneumonia
4. Dahak berwarna coklat pertanda perokok berat dan pebatuk berat (:D)
5. Dahak bercampur darah pertanda TBC

Di Jepang, saya belajar cara mencegah terkena infeksi virus atau bakteri, terutama ketika pergantian musim, atau terkena flu (kaze) yaitu dengan mencuci tangan (te o arau) dan mencuci tenggorokan (ugai). Mencuci tenggorokan maksudnya memasukkan air ke mulut kemudian mendongakkan kepala, sehingga air sampai ke tenggorokan, lalu mengeluarkan bunyi `goro-goro` di tenggorokan, air tidak ditelan tetapi segera dimuntahkan (Apa ya bahasa Indonesianya….???)

Maha Suci Allah yang sudah menciptakan sistem sesempurna ini, saya yakin hewan pun mempunyainya, cuma ….saya belum pernah melihat kucing batuk atau anjing ingusan
;D

Iklan
  1. Subhanallah… terima kasih sudah memberi pencerahan untuk saya dan juga mungkin yang lain. Saya jadi inget juga bahwa bentuk rasa capek atau letih katanya juga bukti bahwa dosa kita telah dihapus sebagian. Benarkah hal ini?
    Sekali lagi terimakasih.

  2. Sama-sama, Pak.
    Komentar Bapak membuat saya juga makin ingin menjadi orang yang berilmu.
    Saya bukan ahli agama, tp saya yakin segala perbuatan baik dibalas Allah dengan rahmat dan barokah, mungkin bisa berupa penghapusan dosa. Wallaahu `a`lam bisshawaab.

    Btw, saya tambahkan cara pencegahan flu, pilek batuk di Jepang pada tulisan di atas, silahkan dicek.

  3. Ini ada comment dari Ibu Teni via email :
    Assalamu ‘alaikum wr.wb

    Mbak Murni, makasih banyak artikelnya nih, bagi saya sangat bermanfaat. Soale anak saya yang gede, Rila, sangat rentan sama batuk. Selama ini saya selalu khawatir karena frekuensinya cukup tinggi. Dokter pernah bilang katanya dia alergi coklat, makanan terlalu manis dan bumbu penyedap (MSG). Ketika saya mengurangi semua makanan yang masuk kategori di atas, dia tetep aja masih sering batuk. Rupanya udara Jakarta yang kotor merupakan penyebab lain yang dokter itu lupa sebutkan.
    Saya pernah baca katanya bila kita kena flu itu tandanya tubuh kita protes karena dipakai melebihi batas kemampuan atau karena pemakaian tidak sesuai dengan asupan. Ibarat mesin yang kurang bahan bakar dan oli. Makanya obat flu yang manjur adalah bobok manis dan makan yang enak-enak, obat hanya diperlukan bila ada infeksi berat. Bila tidak tubuh kita mampu melawan musuh yang masuk.

    Saya pernah dengar dari seorang habib bahwa:

    1. Dokter terbaik adalah tubuh kita sendiri;
    2. Obat terbaik adalah makanan yang kita makan, bila kita paham dengan hal ini begitu banyak bahan makanan disekeliling kita dan sering kita makan yang bisa mengobati;
    3. Penyembuh terbaik adalah motivasi/keinginan untuk sembuh yang berasal dari diri sendiri (ini berkaitan dengan banyaknya doa yang kita panjatkan).

    Jika kita memahami metabolisme dalam tubuh kita, Subhanallah, kita akan tercengang dengan begitu sempurnanya ciptaan-Nya. Obat-obat kimiawi hanyalah penyembuh sementara yang sedikit demi sedikit menggerogoti ketahanan tubuh kita. Mungkin karena itu pula sekarang para ahli lebih mengembangkan probiotik disamping antibiotik ya.

    Maaf bila ada kata-kata yang salah.

    Wassalamu ‘alaikum wr.wb.

  4. Wah iyah… tambah info saja untuk menyadarkan diri nih. Makasih.

  5. lumayan, tambah pengetahuan ttg batuk nih. [ kebetulan lagi batuk/flu ] thanks.

  6. Kepada telmark :
    Semoga lekas sembuh…

  7. Komentar dari mba Median, mahasiswa di Nagoya University, Japan via email :

    Wah asikk juga ya ngomongin ttg batuk. tulisannya brmanfaat bgt, mbk murni.
    Ngomong2 ttg kucing. kucing itu jg pnya pnyakit yg bberapa sama dgn manusia. ya notabene dia juga pnya organ dalam yg juga complicated (entah istilah biologinya apa).. krn kucing saya juga prnah pilek en batuk… kucing jg bisa ingusan.. tapi kalo batuk..batuknya ga sama ama manusia.. krn susunan organ mulutnya juga beda ma kita… kalo kcing batuk biasanya tandanya lbih pada radang tenggorokan yg bikin suaranya jadi serak atau parau,en kalo parah bisa2 suaranya habis.. ga bisa meong2.. en kalo kucing udah sakit… biasanya yg diserang lgsung nafsu makannya… apapun sakitnya. kcuali kucing maruk (rakus/ doyn makan, red).

    trus kucing jg bisa sakit liver, diabetes, dehidrasi, sakit mata, sakit panas, jantung, ya krn mereka jg pnya liver, jantung, lambung dsb. kebetulan, saya pengamat kucing (otodidak heheeh), baik itu pertumbuhannya, keadaan fisik dan psikologi.. bahkan sbenernya saya pgn usul ama universitas yg menawarkan jurusan kedokteran hewan, utk memasukkan ilmu psikologi binatang ke dlm mata kuliahnya… soalnya itu perlu bggt en bisa dipelajari tapi kok sy belm nemu ada yg memasukkan bidang itu… bhkan beberapa org bnyk yg ga percaya kalo binatang juga pnya psychological state dan itu bisa diamati.. contoh, kucing sdg bete, sdg jatuh cinta, sedang ada mslh dsb itu bisa diamati. Lha malah ngomongin kucing… heheheh

    maap..

    median

  8. bener bgt ! setuju ma infonya…. makasih dah kasih tau kita semua n dah ngingetin… 😀
    btw…sapa bilang kucing ga batuk?
    kucing batuk juga kok….
    sama kayak kita klo daya tahan tubuhnya mulai turun…. trus dia juga bisa kena pilek juga. bahkan flu berat !
    tapi aku bukan dokter hewan. aku tahu karena dari dulu dah pelihara kucing … ^ _ ^

  9. weleh… mas mau liat kucing pilek… ? kucing saya sering bersin2 tuh… sama kayak manusia keluar bunyi hatching….. dan ada ingus… 😛

    murni : kirain kalo bersin ngeluarin bunyi meooong 😀

  10. wah..alhamdulillah ada yang bekerja dengan sepenuh hati sebagai guru masyarakat. terimakasih infonya

  11. hahaha…dr omongin manusia lanjut ke kucing… sekarang ini kucingku lagi flu n batuk…kasian juga kalo batuk bunyinya keras juga…dikasi apa yaa…?? ada yg punya pengalaman yg sama?? kalo ke dokter hewan mahal….. 🙂

  12. iya batuk itu menyakikan apalagi kalo anak anak yg batuk…anak saya alergi manis jg kl minum terlalu banyak yg manis pasti akan batuk

  13. anak2 saya jg tuh suka batuk gara2 makanan manis dan dingin.. 😦 suka sebel kalo jajan gak ketauan…

  14. makanya bu, kurangin deh jajannya anak2 apalagi manis2 tuh bukan cm ke batuk tp bisa bikin banyak penyakit.. sakit gigi, kegemukan, macem2 deh…

  15. diabetes juga bisa lho apalgi susu nya yg manis manis kurangi susu yg mengandung gula tambahan

  16. kalo anakku batuk tu uda paling repot deh….tidur malam uda pasti kebangun setiap denger batuknya krn kadang” suka muntah….makanya sekarang yg namanya makanan dan minumannya bener” djaga d….susunya juga ga mau yg manis”

  17. krn kebanyakan makan manis” aku pernah kena radang tenggorokan…rasanya ga enak bgt….mau nelen ga enak, badan lemes, blm lagi takut nularin anak”….makanya anakku aku jarang kasi makan yg manis” sampe susunya jg….selain bisa batuk kan bisa bikin kegemukan juga….

  18. wah ternyata banyak bgt ya jenis dahak, baru tau nih.thanks ya untuk infonya, jadi lebih pinter lagi nih.

  19. dari pada sakit2an begitu mendingan kita jaga pola makan dan aktivitas kita jangan sampai ada yang salah dan akhirnya menyebabkan penyakit ya buat tubuh kita.

  20. thanks ya untuk infonya, jadi banyak tau nih ttg batuk, pertamanya pikir asalkan dahaknya tidak mengandung darah masih batuk biasanya, ternyata ada banyak jenisnya juga ya.

  21. Mau batuk sehat apalagi sakit, yg namanya batuk pasti ga enak…makanya harus jaga kesehatan, kurangi jajanan ga sehat seperti gorengan & cemilan yg banyak gula tambahannya

  22. Gula tambahan tuh ga hanya di cemilan loh, di susu anak juga ada, klo kebanyakan juga bisa bikin batuk…

  23. he2.. baru tau kalau batuk itu ada yang sehat juga.. 🙂
    tapi emang sih.. kalau ada benda asing masuk ke tonggorokan, pasti jadinya batuk.. 🙂
    tapi jangan sampe deh sakit.. 🙂

  24. kumur2 kali yah mba…kayak kalo pakai obat penyegar mulut gitu kan yah?
    Makasih yah buat infonya.

  25. 2. Obat terbaik adalah makanan yang kita makan, bila kita paham dengan hal ini begitu banyak bahan makanan disekeliling kita dan sering kita makan yang bisa mengobati; >> setuju banget nih sama ini.. 🙂
    makanya harus makan makanan dan minuman yang baik untuk tubuh… 🙂

  26. oww..batuk itu ada yang sehat yah..hehehe..
    tapi kalau sakit sebaiknya di cegah yah. hmm tapi orang tua jaman dulu suka bilang, kalau jeruk bisa bikin batuk? memang iy ya? kan mestinya justru jeruk yang menambah daya tahan tubuh bukan?

  27. mba pernah belajar sama orang Jepang yah.
    Saya salut sama negara Jepang, mereka sangat memperhatikan kesehatan, jarang sekali orang gemuk di Jepang yah (atau cuma di film aja?)

    • @Mba Diana yang cantik, sewaktu tulisan itu dibuat saya sedang berada di Jepang.Saya tinggal di sana selama hampir tujuh tahun. Ada beberapa orang Jepang yg kegemukan, tp kebanyakan langsing-langsing 🙂

  28. batuk juga bisa jadi petanda alergi lho..anakku pernah gara2 susu yg diminumnya manis banget,dia jadi langsung batuk2..padahal minum susunya belum sampai habis..pas saya tanya ke dokter,dianjurkan untuk memberi anak saya susu yg tanpa gula tambahan..dan pas hal itu saya lakukan,batuk2nya hilang..

  29. kalau anakku suka batuk2 kalo dia udah jajan nya sembarangan..walaupun di rumah udah dijaga tapi masih suka kelolosan kalau di sekolah..
    akhirnya sekarang aku sering bawain bekal makanan aja..biar lebih bersih dan lebih sehat karena kandungan gizinya lebih dijaga dan aku gak kasi anakku makanan yg manis2 biar gak ngerusak giginya..

  30. kalau anak kita yg menderita batuk kan kasian juga ya bisa mengganggu aktivitas nya..jadi sebaiknya daya tahan tubuhnya dijaga dengan memberinya 4sehat 5 sempurna..dan untuk susunya sebaiknya yang tanpa gula tambahan agar tidak memicu batuknya..

  31. iya memang paling kasian kalau anak kecil sakit batuk, baik tidur maupun aktivitasnya pasti terganggu yah..untuk itu aku jarang banged kasih anakku makan yang manis2 seperti permen atau coklat2 gituu..takut sakit soalnya.

  32. untuk susunya aja aku juga berikan ke anakku yang ga manis, karena selain takut anak batuk, takut juga anak jadi obesitas..

  33. kalau anak yang sakit batuk alergi itu pemacunya dari apa saja ya??? dari rasa manis bisa ga tuh?? soalnya anakku tuh batuk alergi, hampir setiap bulan pasti batuk pilek.. tapi suka banged sama makanan / minuman apapun yang manis..

  34. Alhamdulilah,subhanallah.Dahak saya bening seperti gel,tapi kadang lengket di tenggorokan dan susah di keluarkan.Kambuh kambuhan klo banyak makan goreng gorengan atau kena makanan menggunakan sari manis atau terlalu banyak msg,asap rokok dan debu.Tapi stelah membaca artikel anda.Tak apalah kalo bgtu.Okelah kalo bgitu.Alhamdulilah.Hasbunalah wa’nimal wakil.Ni’mal maula wani,mal nashir

  35. Alhamdulillah…ada posting ini. Sy lebih lega. Karena anak sy umur 3th sering batuk. Pileknya ga? Bisa sebulan 2x. Alhamdulillah tdk disertai demam. Jd sy skrng ga pernah bawa ke dokter. Sy berusaha positif thinking kalo batuknya utk mngeluarkn racun di tubuhnya. Soalnya lingkungannya bnyk perokok.jd mngkin batuknya utk mngeluarkn racun itu. Hanya sj suka kasian kalo batuk kelamaan bisa seminggu lebih. Mau tanya, madu asli bisa dibeli dimana ya? Sy bingung beli madu asli utk pengobatan batuk anak sy. Blm nemu nih. Thanks utk infonya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: