murniramli

Naik Haji

In Serba-serbi Indonesia on Desember 30, 2006 at 2:40 am

Adalah kebahagiaan terbesar ketika seorang muslim dapat menunaikan ibadah haji. Inilah yang dirasakan oleh sebagian umat Islam yang kini tengah menjalani pertengahan ritual ibadah haji di Mekkah. Jum`at kemarin bertepatan dengan 9 Dzulhijjah, ribuan muslim berkumpul di Arafah, layaknya berkumpul di padang Masyhar kelak, dan hari ini atau besok, takbir dikumandangkan di sebagian besar belahan bumi-Nya. Karena wukuf di Arafah bertepatan dengan hari Jumat, maka haji tahun ini adalah Haji Akbar. Sungguh berbahagia orang yang tengah menunaikannya saat ini….

Bapak dan mamak termasuk di antara jutaan orang Islam yang berpakaian putih-putih, berkumpul di Arafah, bermalam di tenda-tenda di Musdalifah dan Mina, melempar tiga jumrah, thawaf 7 kali mengelilingi bangunan persegi berkelambukan kiswah hitam berukir benang emas, mencium hajar aswad, berlari-lari kecil antara bukit Shafa dan Marwah, mencukur rambut, berdoa berucucuran air mata di multazam. Sungguh suatu ibadah yang penuh kehidmatan.

Saya pun ingin naik haji….

Satu di antara cita-cita saya yang belum kesampaian adalah naik haji di usia muda. Saya sudah menabung untuk naik haji sejak menjadi guru di tahun 95. Bapak dan Mamak pun semestinya berangkat th 97, namun karena begitu banyaknya orang Indonesia yang ingin naik haji, maka mereka terpaksa tergeser di deretan waiting list. Uang haji yang sedianya diapakai di tahun itu, akhirnya habis perlahan. Mereka menunggu hampir 10 tahun untuk mendapat ijin Allah pergi ke tanah-Nya yang mulia. Alangkah indahnya jika saya dapat berangkat bersama mereka, menggandeng tangan mereka yang keriput, atau menggendong mamak jika beliau tidak kuat berjalan. Tapi Allah hanya mengijinkan saya memberangkatkan mereka berdua.

Hanya kepada-Mu Wahai Dzat Yang Maha Perkasa, hamba titipkan mereka di tanah-Mu yang penuh barokah ! Mudahkan segala kesulitannya, ringankan langkahnya di tengah teriknya matahari, hangatkan tubuhnya di tengah dinginnya malam di padang pasir, mudahkan lisannya melafadzkan doa-doa, lancarkan lidahnya menyebut dan mengulang-ulang Nama-Mu Yang Agung, maafkan ketidaksempurnaan ibadahnya, ampunkan segala kesalahannya, pertemankan mereka dengan orang2 yang kasih dan lembut, mabrurkan ibadah hajinya.

Saya ingin sekali naik haji….

Ringankan langkah hamba tahun ini , Ya Allah….

Iklan
  1. Semoga terkabul… Amiiiin

  2. Amiiin…..
    Makasih, Pak (^_^)

  3. Allah maha mendengar … pasti akan sampai kesana

  4. Insya Allah…

    Pak Dedi, saya pernah ngintip blog Bpk, tertarik dg pemilihan guru favorit di SMK Bpk. Juga ingin tahu lebih jauh ttg evaluasi thd kinerja guru di SMK Bpk.
    Perasaan sdh ngirim comment, cuman kok ga muncul ya ?

  5. Insya Allah mbak Murni, yang penting sudah niat, insya Allah ada jalan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: