murniramli

Ayo Sarapan

In Manajemen Sekolah, Pendidikan Indonesia, Pendidikan Jepang, Penelitian Pendidikan on Februari 27, 2007 at 9:42 am

Waktu saya kecil, tidak pernah ada hari tanpa sarapan.  Menu sarapan yang diracik mamak biasanya bubur bersantan-yang bisa ditaburi gula atau abon, plus telur rebus belah (ini karena ayamnya makan silet sebelum bertelur (^_~)), sejilatan madu dan teh atau susu segelas. Sarapan senikmat itu biasanya cukup sampai jam 11 siang.  Setelah itu harus diisi lagi bensinnya.

Kebiasaan sarapan berlanjut hingga saya SMA karena masih tinggal dengan mamak dan Bapak.  Menunya sudah agak beda, pakai ikan atau tempe.  Ketika saya tinggal di Bogor untuk kuliah, ritual sarapan saya mulai kacau.  Karena ada penjual gorengan yang suka lewat pagi-pagi atau chikua, atau bubur yang kebanyakan vetsin, maka saya melahapnya di pagi hari sebelum berangkat ke kampus.  Untungnya saya se-kost dengan seorang teman yang rajin sekali membuat sarapan walaupun hanya tempe goreng, maka jadilah saya ikut-ikutan rajin masak untuk sarapan.  Jadi boleh dikatakan saya tetap sarapan saat kuliah.

Sekarang ketika berada di Jepang, saat mengikuti teacher training, hidup saya benar-benar teratur dengan jadwal makan yang juga teratur, 3 kali sehari dengan menu masakan sendiri. Enak ga enak yang penting buatan sendiri ! Waktu belum ada makanan halal di cafetaria, saya rajin bawa bento (bekal) ke kampus untuk makan siang.

Tapi, saya mulai lupa atau lebih tepatnya tidak sempat sarapan sejak harus berangkat subuh-subuh untuk bekerja ketika menjalani program doktor.  Awal-awalnya saya masih sempat mengantungi apel atau pisang dan memakannya di kereta, tapi sekarang waktu untuk membeli buah-buah sehat itupun nyaris tidak ada.  Saya benar2 keterlaluan pada tubuh ini (>_<).

Ketika tidak sempat lagi memasak makanan untuk sarapan, di kulkas selalu tersedia buah, susu, yoghurt, jus sayur atau roti.  Sekarang kulkas sering kosong karena saya lebih banyak makan pagi, siang dan malam di tempat bekerja atau di kampus.  Karena bekerja di Mister donut, sarapan saya tentu saja donut. Lama-lama eneg juga (>0<).

Pernah saya baca di sebuah blog orang Jepang yang menjadi dosen di Indonesia (pengajar bahasa Jepang), lupa namanya, beliau mengatakan bahwa kebiasaan puasa mengganggu proses belajar anak di kelas.  Sebab sebelum berangkat sekolah, anak harus makan pagi, sedangkan kalau dia puasa, maka acara makan paginya hilang.  Bapak ini lupa kalau acara makan pagi di bulan Ramadhan diganti dengan makan sahur.  Itu sebabnya Rasulullah sangat menganjurkan orang makan sahur walaupun hanya dengan minum air, karena energi untuk kegiatan pagi hingga siang hari sangat banyak diperlukan.

Yang menarik di sebuah sekolah yang saya kunjungi di Souya, para guru membuat survey tentang pola makan anak. Salah satu pertanyaannya : Sudah sarapan belum ?

Beberapa waktu yang lalu, seorang teman mengirimi saya forward email tentang penyebab kanker hati.  Isinya benar-benar menakutkan…. saya kutip isi emailnya :

Just Info:
Penemuan Terbaru Mengenai Kanker Hati!
Jangan Tidur Larut Malam!

Para dokter di National Taiwan Hospital baru-baru ini mengejutkan dunia
kedokteran karena ditemukannya kasus seorang dokter muda berusia 37 tahun
yang selama ini sangat mempercayai hasil pemeriksaan fungsi hati
(GOT,GPT), tetapi ternyata saat menjelang Hari Raya Imlek diketahui
positif menderita kanker hati sepanjang 10 cm!
Selama ini hampir semua orang sangat bergantung pada hasil indeks
pemeriksaan fungsi hati (Liver Function Index).

Mereka menganggap bila pemeriksaan menunjukkan hasil index yang normal
berarti semua OK.
Kesalahpahaman macam ini ternyata juga dilakukan oleh banyak dokter
spesialis. Benar-benar mengejutkan, para dokter yang seharusnya memberikan
pengetahuan yang benar pada masyarakat umum,ternyata memiliki pengetahuan
yang tidak benar. Pencegahan kanker hati harus dilakukan dengan cara yang
benar.Tidak ada jalan lain kecuali mendeteksi dan mengobatinya sedini
mungkin,demikian kata dokter Hsu Chin Chuan.
Tetapi ironisnya, ternyata dokter yang menangani kanker hati juga bisa
memiliki pandangan yang salah, bahkan menyesatkan masyarakat, inilah
penyebab terbesar kenapa kanker hati sulit untuk disembuhkan.

Penyebab utama kerusakan hati adalah :

1. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang adalah penyebab paling
utama.
2. Tidak buang air di pagi hari.
3. Pola makan yang terlalu berlebihan.
4. Tidak makan pagi.
5. Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan.
6. Terlalu banyak mengkonsumsi bahan pengawet, zat tambahan, zat pewarna,
Pemanis buatan.
7. Minyak goreng yang tidak sehat. Sedapat mungkin kurangi penggunaan
minyak goreng saat menggoreng makanan hal ini juga berlaku meski
menggunakan minyak goreng terbaik sekalipun seperti olive oil.
Jangan mengkonsumsi makanan yang digoreng bila kita dalam kondisi penat,
kecuali dalam kondisi tubuh yang fit.
8. Mengkonsumsi masakan mentah (sangat matang) juga menambah beban hati.
Sayur mayur dimakan mentah atau dimasak matang 3/5 bagian. Sayur yang
digoreng harus dimakan habis saat itu juga, jangan disimpan.

Kita harus melakukan pencegahan dengan tanpa mengeluarkan biaya tambahan.
Cukup atur gaya hidup dan pola makanan sehari-hari.
Perawatan dari pola makan dan kondisi waktu sangat diperlukan agar tubuh
kita dapat melakukan penyerapan dan pembuangan zat-zat yang tidak berguna
sesuai dengan jadwalnya.

Sebab:
Malam hari pk 9-11 :
adalah pembuangan zat- zat tidak berguna/beracun( de-toxin) di bagian
sistem antibodi (kelenjar getah bening).
Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau
mendengarkan musik. Bila saat itu seorang ibu rumah tangga masih dalam
kondisi yang tidak santai seperti misalnya mencuci piring atau mengawasi
anak belajar, hal ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan.

Malam hari pk 11-dini hari pk 1 :
saat proses de-toxin di bagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur
pulas.

Dini hari pk 1-3 :
proses de-toxin di bagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur.

Dini hari pk 3-5 :
de-toxin di bagian paru-paru. Sebab itu akan terjadi batuk yang hebat bagi
penderita batuk selama durasi waktu ini.
Karena proses pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernafasan,
maka tak perlu minum obat batuk agar supaya tidak merintangi proses
pembuangan kotoran.

Pagi pk 5-7 :
de-toxin di bagian usus besar, harus buang air di kamar kecil.

Pagi pk 7-9 :
waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, harus makan pagi.
Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu sebelum pk 6:30.
Makan pagi sebelum pk 7:30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga
kesehatannya.
Bagi mereka yang tidak makan pagi harap merubah kebiasaannya ini, bahkan
masih lebih baik terlambat makan pagi hingga pk 9-10 daripada tidak makan
sama sekali.

Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses
pembuangan zat-zat tidak berguna. Selain itu, dari tengah malam hingga
pukul 4 dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk
memproduksi darah.

Semoga bermanfaat.. ………

Saya termasuk dalam kategori : tidur telat lagi sedikit, tidak makan pagi, mengkonsumsi makanan mentah (penggemar sashimi berat…hiks (T_T)

Benar tidaknya penelitian itu yang pasti saya harus kembali ke pola hidup sehat : SARAPAN DAN TIDUR YANG BANYAK.

Iklan
  1. Makasih Mbak udah nulis dan mengutipkan artikel diatas. Menambah pengetahuan, soalnya saya orang yang sangat sulit melakukan sarapan dan selalu sulit untuk tidur cepet. Kebiasaan buruk ini memang dimulai sejak kuliah, kenapa ya? mungkin karena kita mulai hidup jauh dari pengawasan orang tua kali ya. Wah saya harus ganbatte nih untuk merubah kebiasaan untuk hidup lebih sehat.
    Ayah saya meninggal karena kanker hati, saya sempet merasa marah karena selama bertahun2 dokter mendiagnosa beliau punya penyakit maag sehingga beliau meminum promaag sampai bertahun-tahun. Sebelum meninggal, diketahui hatinya hilang sebanyak 1/4 bagian dan empedunya pecah. Ayah saya termasuk orang yang workaholic. Begitu juga dengan kakak ipar saya yang meninggal karena sebab yang sama. Beliau juga workaholic. Kakak ipar diketahui terserang hepatitis B dan C, yang biasanya menyerang pemakai narkotika suntik. Karena alm sama sekali bukan pemakai narkotika, dokter memperkirakan alm terinfeksi saat disunat atau saat ada suntikan massal di sekolah. Mungkin kita masih ingat jaman dulu suntikan massal di sekolah memang hanya memakai 1 jarum suntik yang dibakar sebelum giliran berikutnya. Ternyata sterilisasi seperti ini tidak aman. Kanker hati biasanya menyerang seseorang setelah dia mengalami gangguan hati (baik gangguan fungsi atau terinfeksi hepatitis) selama belasan tahun. Ini dikarenakan hati merupakan organ yang paling cepat melakukan regenerasi sel, maka untuk terjadinya kerusakan memakan waktu yang lama. Tidak secepat kanker pada bagian/organ tubuh yang lain. Orang yang sering mengkonsumsi obat2an memang akan sangat membebani kerja hati karena obat2an (terutama yang kimiawi) bersifat racun. Parasetamol yang biasa terdapat pada obat pereda nyeri atau sakit kepala ternyata dalam satu kali dosis yang kita minum dapat membunuh 20.000 sel hati tapi karena regenerasi yang cepat kita tidak merasakan apa2. Tetapi apabila kita terus2an mengkonsumsinya akan terbayang seperti apa hati jadinya (info ini saya dapat dalam suatu seminar kesehatan).
    Jadi yuk kita bareng2 berusaha untuk hidup lebih sehat dengan lebih banyak makan makanan yang sehat dan tentunya bobok lebih banyak….

  2. Wah termasuk orang yang bisa dibilang tiap hari BAB, tapi sering ga sarapan pagi. Bisa kena kanker hati ga ya?

    Di Jogja yang saya ketahui anak-anak kuliahan kawan saya dan saya sendiri, biasanya makan jam 10 keatas bahkan jam 13, jarang sekali makan pagi. Biasanya juga mereka makan 2 kali sehari bukan 3 kali sehari. Apakah ini bisa mengakibatkan kanker hati ya?

    Oke terima kasih tulisannya yang bagus. Bisa membuat saya sadar, ternyata makan terlambat dan tidak sarapan pagi ternyata dapat menimbulkan efek yang sangat dahsyat bagi kesehatan tubuh.

    Ayo jaga kesehatan tubuh kita sebelum jatuh sakit.

  3. Mba Teni :
    makasih banget share infonya…jd belajar banyak.

    Pak Hari :

    “Ayo jaga kesehatan tubuh kita sebelum jatuh sakit”

    Ayoooo…..\(^o^)/

  4. ayo sarapan ayo….

  5. Numpang nimbrung nih Mbak…
    Wah, kasus saya mungkin juga parah ya? Makan cuma dua kali sehari, sekitar jam 10 pagi dan jam lima sore (pola makan yang ngawur demi menghemat uang bulanan). Cuma saya pastikan perut terisi sebelum pukul tujuh pagi dengan makan makanan semacam roti atau kue.
    .
    Tidur larut malam juga. Saya “biasakan” (kalau tidak mau disebut dipaksakan) tidur jam 12 dan bangun jam setengah empat atau jam empat. Kalau sedang asyik coding ( bikin program ) atau main game (ini tidak sering, tapi lebih parah! Saya harus berubah) biasanya malah “Eh, udah adzan subuh ya?” terucap dari mulut sendiri.
    .
    Soal buang air juga. Saya pastikan bahwa saya buang air sekali sehari, tapi waktunya itu kok suka sore-sore ya?
    .
    Thanks infonya Mbak….

  6. Mbak Murni,

    Info di atas sudah dicek kebenarannya ? Hoax atau bukan ? Mestinya temuan spt itu dipublikasikan di jurnal atau media massa yg resmi. Kalau informasinya sekedar forward lewat email, saya cenderung menganggapnya sbg. hoax, sampai benar-benar diketahui sumber aslinya yg bisa dipertanggung jawabkan.

  7. Pramur :
    kurangi tuh nge-game hehehe…bisa nambah penyakit baru itu….mata jadi melemah, tp ada positifnya juga, jari jd lincah plus otaknya kerja terus, ga cepet pikun….(ini hoax bener, menyimpulkan dr analisa sepele hehehe….)

    Pak Anto :
    mungkin hoax.
    Tp saya ambil segi positifnya saja seblm ketemu sumber aslinya.
    Makan pagi, BAB pagi-pagi, ga tidur larut malem walaupun bukan penyebab kanker hati, tp bukankah ini sebuah kebiasaan baik, salah satu rutinitas yg diperlukan scr alami oleh tubuh kita….(^_^)
    Spirit tulisannya : Mari hidup sehat \(^o^)/

  8. Numpang nimbrung nih Mbak…
    Iya, Mbak. Saya harus berubah. Biasanya ada dua hal yang membuat kita semangat, cinta atau dendam (kutipan dari joesatch.wordpress.com). Nah, ngegame yang sampai pagi itu, demi “cinta” saya kepada uang sejuta rupiah, hadiah kompetisi DotA Mbak.. Hehehe..

  9. pramur :
    bagi dunk…..(^o^)

  10. Ah….artikelnya bagus banget…..Tapi susah juga bagi orang kelelawar seperti saya….. Saya pernah punya teman yang meninggal gara-gara kanker hati…..Padahal hanya gara-gara jatuh dari balap sepeda eh…ternyata malah ditemukan kanker hati….Waktu itu saya menganggap itu karena pemakaian dosis berlebihan dari rumah sakit….ternyata…..

  11. thank atas kisahnya, kr saya baru aja tau kalo sgot dan sgop saya tinggi setelah check tumor yg ada di payudara kiri saya.
    heran juga kr saya termasuk rajin makan pagi, ga kuat tidur malam bahkan waktu kuliah pun kl besok ujian pasti jam 10 udah tidur. rajin bangun pagi, tidak minum alkhohol, kurang suka gorengan, orang tua sehat dan masih ada (75 th) ampe sekarang. Saya bingung dari mana hepatitis B ini?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: