murniramli

Nama saya dalam kanji sungguh indah

In Renungan, Serba-Serbi Jepang on April 10, 2007 at 1:37 pm

Di Jepang setiap kali mengurus dokumen yang memerlukan tanda tangan, selalu saja saya diminta menyetempel dengan stempel pribadi, yang sampai sekarang saya belum punya. Karena terbiasa dan merasa lebih nyaman bertanda tangan, saya tidak terfikir untuk memiliki stempel atau inkan (印鑑). Tapi pernah sekali petugas di Kecamatan meminta inkan untuk bukti pergantian alamat, dan mengatakan bahwa di Jepang sebaiknya punya inkan.

Malam ini, sehabis seminar PDP, seperti biasa teman baik datang ke ruang belajar saya, kami mengobrol dan akhirnya sampai pada cetusan saya ingin buat inkan. Untuk membuat inkan sebenarnya bisa dengan nama saya dalam katakana   (ムルニ)、tapi saya ingin dituliskan dalam huruf kanji. Maka teman mencarikan huruf kanji yang tepat untuk nama saya. Tidak hanya dia, tetapi ada 2 orang teman lainnya dan seorang asisten dosen berusaha mencarikan kanji yang terbaik untuk nama saya.

Lalu ketemulah huruf-huruf ini : 夢瑠仁, yang kalau dijabarkan artinya sangat indah.

Huruf 夢 dibaca dalam on reading sebagai `mu`, atau dalam kun reading sebagai `yume`, artinya mimpi. Huruf 瑠、diambilkan dari kata 瑠璃 (ruri) yang artinya ‘lapis lazuli` yaitu batu mulia berwarna biru cerah yang dipakai untuk membuat permata atau ornamen lainnya. Huruf terakhir adalah 仁 , dibaca on reading sebagai `jin` atau `ni` atau `nin`, yang artinya `benevolence` atau orang yang baik hati, pemurah dan suka menolong.

Jadi kalau disimpulkan, nama saya dalam huruf kanji 夢瑠仁、artinya orang yang mempunyai mimpi yang seindah batu mulia berwarna biru dan cerah, dan mempunyai sifat penolong, pemurah, dan baik hati. Wah, teman-teman saya sangat berjasa menemukan huruf-huruf kanji yang begitu indah dan penuh makna ini. Asisten dosen bahkan terharu membaca penjelasan arti huruf-huruf tersebut di dalam kamus, saking bagusnya maknanya. Ya, orang Jepang, lelaki sekalipun gampang sekali terharu atau bahkan menitikkan air mata.

Nama saya dalam bahasa Indonesia artinya murni, asli, tak bercampur. Kalau dibahasaarabkan artinya menjadi `ikhlas`. Kalau orang tua saya ditanya kenapa memberi nama saya murni ? Barangkali mereka tidak tahu alasannya, tapi nama `murni` adalah nama yang banyak dipakai di kalangan orang bugis, suku asli saya.

Dulu teman-teman suka mengolok, “kamu orang terkaya di dunia”, kenapa ? sebab banyak bisnis atau barang yang menggunakan nama saya, misalnya emas murni, bensin murni, oli murni, bahkan tempe murni. Seakan saya yang mempunyai semuanya (^_^).  Semasa SD saya sempat stress, kenapa sih Bapak memberi nama yang demikian pasaran ? Tapi sekarang saya senang sekali dengan nama saya.

Nama saya hanya satu kata, `murni`, lalu agak dipanjangkan dengan tambahan nama bapak `ramli`. Nama Murni Ramli ternyata tidak hanya ada di Indonesia, tetapi banyak juga orang Malaysia atau melayu yang menggunakan nama yang sama. Banyak yang keliru mengira saya lelaki dengan hanya melihat nama saja. Saya juga tidak tahu kenapa dikira laki-laki. Ada yang mengatakan ketika membaca nama saya, terkesan saya gagah dan mantap. Ah, padahal itu hanya perasaan anda saja (^_~).

“Apalah arti sebuah nama”, itu kata Shakespeare. Bagi dia mungkin nama `shakespeare` tak berarti apa-apa. Tapi bagi orang tua yang memberikan nama kepada anaknya, nama sama dengan pengharapan dan doa yang besar akan masa depan anaknya. Saya pun, sebagai anak setelah mengetahui arti nama saya, selalu berusaha menjadikan diri sesuai dengan arti nama itu, walaupun ternyata sangat berat.

Tapi sungguh, dengan mengetahui arti sesuatu, maka kita lebih `bermakna` ketika berbuat. Kita lebih bersemangat dan berusaha sedapat mungkin berada pada rel yang diharapkan.

Iklan
  1. benar, apa mau dikata
    dalam olah nama jawa karna ayas dari jawa
    asmo kinaryo jopo montro = nama sarana permohonan dan doa kepada Yang Maha Kuasa

    dalam sabda Nabi Muhammad SAW, kurang lebih begini : beri nama anakmu dengan nama yang baik jangan asal….
    benar nama itu, ternyata membawa pengaruh sangat besar bagi si anak, karna dg. menyebutnya sama dengan mendoakan/memohon kepada-NYA.

    Jika nama panggilan artinya buruk, sama saja
    berpinta hal yang buruk buat si anak kepada-NYA? Sebaliknya, dengan memanggil nama yang baik, tentu bermunajat hal yang baik pula kepada-NYA

    “AKU tergantung persangkaan hamba-KU”

    Benar bagi si penyandang nama akan termotivasi seperti apa tertuang dalam tulisan Anda ibu Murniramli,
    “Tapi sungguh, dengan mengetahui arti sesuatu, maka kita lebih `bermakna` ketika berbuat. Kita lebih bersemangat dan berusaha sedapat mungkin berada pada rel yang diharapkan”.

    Bersyukur Ayahanda, telah memilih, berharap & berdoa akan asma yang baik buat putrinda dan Anda pun berusaha menjaga amanah dan tak mengecewakan cita-cita orang tua. sungguh anak yang berbakti kepada keduanya.

    murni : terima kasih, Pak Ardi. Komentar Bapak sekaligus menambah keluasan isi tulisan saya.

  2. Ya Betul… Memang… yang indah itu ya.. yang masih Murni gitu…

  3. Indah sekali ya Mbak…. saya merasa surprise ternyata nama kita bisa ditulis dalam huruf kanji, saya salut terhadap nihonjin yang sudah membantu Mbak Murni untuk mencarikan huruf kanjinya dan tentulah yang paling saya kagum adalah ayahanda Mbak Murni yang telah memberikan sebuah nama yang punya arti baik dalam bahasa apapun. Setelah sekian banyak saya membaca tulisan Mbak Murni, sedikit banyak saya jadi tau seperti apa mimpimu dan itu memang mulia. Dengan dukungan dari banyak pihak (sadarkah dirimu selama ini telah punya teman2 yang begitu baik? seperti nihonjin2 itu….) mimpi itu Insya Allah bisa terwujud. Arti selanjutnya penolong, pemurah dan baik hati, beruntunglah orang tuamu. Anaknya yang mempunyai nama dengan arti bagus itu bisa membawa diri sesuai dengan namanya. Jadilah terus seperti dirimu yang sekarang ini….

    murni : mba Teni, tdk ada yg patut disyukuri memang kecuali rahmat yg begitu melimpah dariNya kepada jiwa yg lemah ini.
    Btw, mba teni layak jadi penasehat saya nih kelihatannya…(^_^). Komentarnya di tulisan2 saya sll dalam dan berisi. Terus kasih komentar ya, mba. Saya jadi belajar banyak. Terima kasih

  4. Duh senangnya ya bisa tahu arti nama diri..

    Bu, saya malah belum tahu arti dari nama saya. Mungkin Bu Murni bisa membantu…

    Nama saya, oleh kakek, saya diberi nama Al Jufri. Apa artinya Bu…?

    Terimakasih

    murni : mestinya Al-Jufri dari kata `jaffar`. Saya harus cari di kamus Arab dulu, banyak kosa kata Arab yang sudah menguap dr kepala sejak tinggal di Jepang (>_

  5. Numpang nimbrung nih Mbak…
    Wah, nama Anda dijadiin apapun tetep bagus ya Mbak..:-)
    .
    Soal stempel, pertama kali saya kira itu untuk seluruh keluarga. Soalnya kalo di film Shinchan, si shinchannya ngambil stempel Ibunya kalo ada pak pos dateng.
    .
    Kalo orang Jepang, untuk perjanjian resmi, juga pake stempel Mbak?

    murni : hahaha..pramur, kebanyakan nonton sinchan deh…ya si sinchan belum punya stempel sendiri, jadi make punya ibunya dong.
    Perjanjian resmi juga mereka menggunakan inkan. TP kalo ngga salah inkannya ada dua ya, untuk keperluan sehari2 plus u perjanjian. wah sy ngga tahu juga, nih. Besok deh saya tanyain ke Pak Manager.

  6. wah bagus juga namanya dalam versi kanjinya juga..

    kalau saya kira-kira apa ya? mau bantu bikinin nggak bu, he he 🙂

  7. numpang nimbrung juga mbak…

    mbak pasti seneng banget bisa tahu arti nama sendiri….

    saya hampir sama ma mbak, byk yg mengira klo sy tuh cowok klo denger nama pertama saya. pdhl kan sy cewek hehehe….nama saya husniyanti.

    klo mbak bs bantu apa arti nama sy??

    terima kasih

    murni : salam kenal Mba Husni.

    Husni kalo ndak salah dari bahasa Arab : hasanah, husnah, hasana yang artinya kebaikan/amalan baik
    yanti mestinya bahasa Indonesia, saya ndak tahu artinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: