murniramli

Pulang

In Serba-serbi Indonesia on April 20, 2007 at 1:47 pm

Hari Minggu saya pulang !

Akhirnya setelah hampir 3 tahun di Jepang, saya bisa pulang.  Dari hasil pencarian di internet, alhamdulillah ada penerbangan Korean Air dari Nagoya yang agak murah selama 22 hari fixed.  Sebenarnya mau naik Garuda Airways, tapi sayang Garuda tidak beroperasi di Nagoya, yang ada hanya dari Osaka atau Tokyo.  Untuk ke sana saya perlu bayar shinkansen lagi dan pagi-pagi sudah harus cabut.  Jadi, amannya saya pilih Korean Air, walaupun harus transit di Seoul selama 2 jam. Lumayan bisa cuci mata di bandara Seoul (^_^).

Pulang kali ini adalah pulang yang pertama, dengan tujuan utama penelitian plus menengok keluarga dan sekolah.  Karena tidak punya banyak waktu untuk pulang (berkali-kali dalam setahun), saya harus pandai-pandai mengatur rencana perjalanan plus rencana keuangan (>_<)

Kalau dulu pulang kampung selalu saya nikmati benar, sepertinya sekarang akan lain, sebab saya harus move ke satu kota ke kota yang lain untuk `berguru`.  Kunjungan pertama tentu saja ke Bogor, menengok sekolah, mewawancarai kepala sekolah, DEPAG/DIKNAS atau kalau bisa Pak Kades/Pak Camat (^_^).  Selanjutnya terbang ke Semarang, berguru kepada dosen2 di Pusat Studi Asia UNDIP, plus mencari peluang penelitian di Semarang.  Lalu pergi ke Madiun untuk memulai penelitian SMA/SMK/MA di Kodya Madiun, mungkin makan waktu seminggu, kemudian menyusul orang tua yang sedang mengikuti wisuda adik di UNHAS, plus kalau sempat menjajagi penelitian di wilayah Pangkajene Kepulauan.  Terakhir terbang ke Jakarta, bersilaturahmi ke SMK 3 Jakarta yang dipimpin oleh Kepsek yang handal, Pak Dedi Dwitagama plus guru-guru yang bersemangat.

Banyak sekali orang yang akan saya temui dan tentu saja saya berharap mereka bersedia berbagi ilmu.  Selama berada di Jepang dan belajar banyak hal tentang pendidikan, saya begitu terpukau dengan model di negeri matahari terbit ini, sampai-sampai tidak ada ketertarikan meneliti Indonesia.  Tapi waktu membuat saya tersadar bahwa banyak hal yang tidak saya ketahui tentang pendidikan di Indonesia, banyak hal yang menarik di negeri tercinta yang harus saya pelajari.  Saya akan terus menerus `bego` tentang kenyataan pendidikan di sekolah-sekolah di Indonesia kalau saya tidak segera turun ke sekolah dan berdiskusi dengan para guru, kepala sekolah, siswa, dan pemerhati pendidikan.

Rencana kunjungan sebanyak itu seakan mustahil, bahkan sekarang pun saya agak was-was apakah semua bisa berjalan sesuai rencana ? Tapi ada Allah.  Dia Pengatur Yang Terbaik.  Kalau toh tidak sesuai rencana, paling tidak saya sudah diberi kesempatan untuk belajar dan bertemu dengan orang yang bergelut di dunia pendidikan. Kalau toh tidak, saya masih bersyukur karena saya bisa pulang memeluk mamak dan bapak (^_^)

  1. wah pulang acaranya padat banget!, ditunggu sharing pengalamannya

    murni : insya Allah

  2. Smoga Bu Guru selalu dikaruniai sehat & tak ada aral melintang dlm perjalanan.

    murni : Amin, mohon doanya

  3. All the best, gambatte kudasai Mbak Murni.

  4. Numpang nimbrung nih Mbak…
    Saya doain sampe dengan selamat sampe rumah Mbak… Ditunggu beritanya.

    murni : makasih.

  5. Duh asyik… pulang euy….., jadi pengen juga…

    murni : ayooo..pulang (^_^)

  6. well come home … take care

    murni : makasih, Pak. sampai ketemu di Jakarta

  7. Find me on 021 4209629

  8. Insya Allah di izinkan-NYA berjalan sesuai Ibu Guru ingin, rancang & rencanakan ; juga mendapatkan “bekal” apa dibutuhkan dalam perjalanan pulang kembali ke negeri sakura. hayo bu ada yang bisa dibagi/oleh-oleh buat pendidikan di negeri ini? Selamat berlibur bersua keluarga sanak saudara… Mampir ke suroboyo neh?

    murni : mung liwat to ning Juanda, Pak (^_^)

  9. Selamat datang kembali di Tanah Air tercinta mbak. Semoga yang diperoleh di negeri seberang bisa betul-betul bermanfaat di bumi pertiwi yang haus akan komitmen dan dedikasi warga negaranya.

    murni : Amiin

  10. Welcome back home

    murni : (^_^)

  11. Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta kaya’nya mau terima Ibu … segera kontak sy, thx

    murni : terima kasih sekali, Pak. Sudah saya balas emailnya, mohon maaf agak telat

  12. deuh ke bogor toh
    ada yang bisa di bantu bu di bogor …

    murni : nuhun, Pak
    Bapak di Bogor juga ya ?

  13. Kapan pulang ke indonesia?
    Sekarang jadi guru ? (sambil setengah ga percaya)
    Saya juga guru…

    Salam manis dari istri saya, Yanti H (GMSK 27)

    skrg masih di Indonesia, sebentar lagi balik ke Jepang.
    Ya, saya guru yang sedang berguru, Pak
    salam juga buat istri tercinta (^_^)

  14. Bu guru jangan lupa oleh2 dari jepang ya…
    kalo boleh nawar saya minta oleh2nya yang kaitannya dengan pendidikan tentunya…
    selamat berjuang semoga apa yang kita lakukan menjadi amal ibadah…

  15. mampir bu,disekolah kami..yang ga punya gedung,alias selalu numpang…..Kalo punya usul….penelitiannya juga kepada pendidikan kelas bawah bu,,,biar melihat bagaimana pendidikan kelas bawah bu..jangan mengambil contoh 2 yang baguszz aja bu..he3 x maaf….

    murni : Pak, undangannya telat. Pas Bapak kirim komentar ini, saya sudah di Jepang (^_^).
    Jika dananya cukup, maunya sih semua sekolah saya teliti/kunjungi. Insya Allah di kepulangan berikut, mudah2an bisa ketemu Bapak

Tinggalkan Balasan

