murniramli

Lowongan menjadi PM

In Serba-Serbi Jepang on September 12, 2007 at 7:25 am

Tak hanya manajer saya yang membawa berita mengejutkan bulan ini : berhenti bekerja.  Tapi Perdana Menteri Shinzo Abe pun mengeluarkan pernyataan yang tak lazim di dunia politik : berhenti menjadi PM.

Pernyataan mundur Abe, mungkin tak terlalu mengagetkan bagi kalangan politik di Jepang, mengingat prestasinya yang tak terlalu baik sebagai pengganti Koizumi dan kelakuan buruk beberapa menterinya, juga skandal yang menimpa kabinetnya, berupa penyelewengan uang (korupsi).  Tapi keputusan itu tetap saja mendapat cercaan dari sebagian warga Jepang pendukungnya : `motto ganbatte moraitai` (saya ingin agar dia lebih bekerja baik).

Prestasi Abe ternyata tak mampu menyamai kharisma kakeknya, Kan Abe,  atau ayahnya, Shintaro Abe yang juga menjadi politikus ulung di Jepang pada masanya.  latar belakang keluarganya yang kental sekali dunia politiknya, sebab saudara ibunya pun, Nobusuke Kishi pun PM Jepang di tahun 1950an.

Kekalahan telak Abe pada pemilu yang lalu, juga ketakbecusan para menterinya membuat kepercayaan rakyat menurun drastis.  Sekalipun demikian,  Abe yang merupakan PM termuda Jepang sejak PD II mencoba untuk melanjutkan kepemimpinannya dengan mereshuffle kabinetnya beberapa waktu yang lalu.  Namun kunjungannya ke beberapa negara dalam minggu-minggu lalu, sementara di dalam negeri para menterinya berulah, membuatnya tak sanggup bertahan.  Dalam pernyataan persnya, hari ini, Abe menyatakan tak mungkin mengeluarkan kebijakan yang kondusif dalam situasi seperti ini di mana rakyat sudah tak percaya lagi kepadanya.

Ya, pemimpin yang bijak adalah orang yang mengetahui kapan dia harus keep fight dan kapan harus berhenti.

Sekarang ada lowongan untuk menjadi PM Jepang 😀   Di tengah krisis kepemimpinan sejak masa jabatan PM Koizumi yang digantikan Abe, memang agak sulit untuk mencari siapa PM Jepang yang akan dipercaya oleh rakyat Jepang ?  Desas-desus mengatakan Taro Aso, mantan Menteri Luar Negeri pada masa Koizumi dan Abe yang akan diajukan oleh LDP sebagai pengganti Abe.  Tapi Aso juga tak luput dari kritikan atas pernyataan shitsurei (tak sopan) nya terhadap konflik China beberapa waktu yang lalu.

Iklan
  1. Di dalam negeri, Pak Aso Taro kalo tak salah keseleo lidahnya ketika akhir Juli lalu membuat sakit para penderita Alzheimer saat Beliau mengungkapkan potensi harga beras Jepang di China.

    Mdtk, MSR

    murni : ya, makasih koreksinya, Mas.
    Kayaknya bapak yg ini radha sehat ketimbang Pak Abe. Abe dan keluarganya terkenal `yowai`, sakit-sakitan.
    Cuma gayanya kok perlente tenan yo, ra merakyat heheehe…

  2. wah, mau melamar ke LDP ah, kira-kira diterima nggak ya?

    murni : syaratnya mudah, Pak : bisa bahasa Jepang dan baca kanji 😀

  3. wah, ini yang jadi masalah cuma bisa bahasa Indonesia dan baca tulisan latin 😆

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: