murniramli

Serius, setengah-setengah atau banyak omong ?

In Serba-Serbi Jepang on Mei 3, 2008 at 12:26 pm

Termasuk tipe manakah anda ketika mengerjakan sesuatu ?

Di salah satu kelas bahasa saya, murid saya yang menekuni kendo kembali mengajari sebuah filosofi dalam kamus  pekerja generasi tua Jepang.  Kalimat mutiara itu berbunyi :

真剣だと知恵が出る (Shinken da to chie ga deru)

中途半端は口が出る (chuuto hanpa wa kuchi ga deru)

いい加減だと言い訳ばかり (ii kagen da to ii wake bakari)

Baris pertama berarti orang yang serius bekerja maka kepandaian dan kebijaksanaan akan muncul dari dalam dirinya.  Sedangkan baris yang kedua berarti orang yang mengerjakan sesuatu setengah-setengah, maka dia akan banyak mengeluh.  Baris ketiga menggambarkan orang yang banyak omong, seharusnya begini, semestinya tidak begitu.

Dalam menilai pekerja yang akan melejit ke depan, beberapa manajer menggunakan prinsip ini, termasuk ketika memutuskan apakah seorang pelamar kerja akan diterima atau tidak.

Murid saya menjelaskan permisalannya begini.  Misalnya sekelompok pekerja dihadapkan kepada permasalahan generator rusak, sehingga produksi sebuah produk tidak bisa dilanjutkan.  Lalu dimintalah semuanya untuk memeriksa dan memberikan laporan.  Pekerja kelompok pertama akan melihat generator yang rusak tidak dari bagian luarnya saja, tetapi dia membuka dan membongkarnya untuk menemukan penyebab kerusakan dan membuangnya.  Golongan kedua akan memeriksa bagian luar generator saja dan tidak berminat membongkarnya, lalu melaporkan bahwa dari penampakan luar generator rusak karena kotor.  Kelompok ketiga, sama sekali tidak memeriksa tapi dia memberikan laporan bahwa seharusnya generator dibersihkan, seharusnya petugas memeriksanya secara rutin, dan generator seharusnya diganti dengan yang baru.

Kelompok pertama jumlahnya memang sedikit, kelompok kedua barangkali yang paling banyak, sedangkan kelompok terakhir juga lebih banyak daripada kelompok kesatu.

Dalam salah satu cara menyeleksi pelamar kerja, beberapa perusahaan membuat discussion group.  Penilaian terbaik akan diberikan kepada orang yang tidak terlalu mendominasi pembicaraan tetapi punya kecenderungan mendengar pendapat orang lain dengan secara intens menanyakan bagaimana menurut anda ?

Prinsip-prinsip di atas dipelajari dalam Organizational behavior (組織行動), penilaian terhadap pekerja dilakukan dengan pengamatan tabiat atau cara kerjanya.  Keberhasilan memang ditentukan oleh keseriusan.  Tapi ada banyak fakta yang membuat orang berhasil tanpa terlalu amat sangat serius 😀  Ya, keberuntungan adalah faktor lain yang menyebabkan seseorang berhasil !

Iklan
  1. Assalamualaikum,
    Shinken da to chie ga deru……mbak murni kata-kata itu kutulis di bukuku. Terima kasih, ya…semua tulisannya menyentuh hati dan fikir. Sudah lama jadi pembaca pasif, baru kali ini berani menyapa…terus berkarya..ya. Sepertinya harus mulai difikir buat buku, nih..supaya pemikirannya tidak hanya dinikmati pembaca online. Wassalam, Mbak Aas…

    murni : wa alaikum salam wrwb
    Ini Mba Aas yang pintar itu, bukan ya ?
    Yang tinggal di Bogor dulu?

    Terima kasih Mbak, untuk selalu berkunjung dan membaca tulisan saya.
    Dan juga usulan membangunnya untuk membuat sebuah buku,
    sebenarnya sudah lama terfikir untuk ini, tapi belum ketemu jalannya.
    Mba Aas bisakah membantu ? 😀

  2. Assalamualaiku, bukan…dek…ini Mbak Aas yang baik hati dan tidak sombong, dan sama sama harus belajar Teknologi Benih di Leuwikopo waktu itu (hik..hik), punya adhik kelas yang tenang dan pandai bernama murni ramli. Saat menemukan blog berguru ini, aku sangat senang dan terharu. Mbak Aas di Malang sekarang, mengajar dan jadi ibu rumah tangga. Tentang buku nanti mbak Aas coba konfirmasi ke Pak Nurbowo atau suaminya Mbak Nana yang mengelola penerbitan di Jakarta. Ada titipan salam dari Mbak Yayuk, Mbak Anita, semuanya senang tak downloadkan tulisan-tulisan di Blog Mbak Murni. Terus berjuang ya dek,….Kami semua berdoa untukmu. Wassalam…
    Mbak Aas/mantan UAKI 25/alumni Tekben 25 he..he..

    murni : Wa alaikum salam wrwb
    Beneer…Mba Aas yang baek hati hehehe…..
    Wuih seneng-e ketemu ning kene.
    Insya Allah kalau pulang, saya ta jalan2 ke Malang, nggih Mba.
    Salam untuk Mba2 semua.

  3. Untuk yang berminat gabung tukar ide dan pikiran tentang bahasa inggris, pengajaran bahasa inggris disekolah, serta teknologi dan metode terbaru dalam belajar dan mengajar bahasa Inggris, silahkan kunjung blog saya http://www.myenglish01.wordpress.com

    Isi website ditulis dalam bahasa inggris, jadi sebagai seorang guru bahasa inggris, anda juga diharapkan untuk memiliki kemampuan yang memadai dalam memahami teks berbahasa inggris. Saran, komentar, serta informasi terbaru dapat diakses dan anda juga dapat memberikan kontribusi dalam pengajaran bahasa inggris

    Herri Mulyono

  4. Salam hangat buat bu Murni.
    Trima kasih banyak bu, atas info nya, prinsip ini saya tulis dalam buku agenda, selain untuk pengetahuan, jg sekalian belajar bahasa jepang.
    Saya senang dengan blog ibu, banyak pengetahuan yg saya dapatkan, terus berkarya ya bu….. Semoga ini menjadikan ladang amal buat Ibu.
    Oh ya bu, kalau ibu berkenan, ibu bisa ngga tampilkan teks lagu, judulnya mirei atau best friend, penyanyinya kiroro dari jepang. saya suka sekali dgn lagu itu. atau kalau tdk, di email saja. Thx be4.

    murni : salam kenal, Mba Anisa
    Karena sekarang saya sedang sibuk2 nya menulis disertasi, sehingga belum ada waktu untuk mencari teks lagu yang diminta. mohon maaf.
    Mungkin setelah ini agak beres.

  5. wow…. masyarakat kita lebih banyak dari golongan mana ya bu….?setengah-setengah atau banyak omong?… perlu penelitian lanjut nih….
    jangan2 saya juga termasuk diantara itu ya….?
    jadi bikin pertanyaan dalam diri sendiri nih…setelah baca tulisan ibu… Good Luck bu….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: