murniramli

Kalau hendak belajar di Nagoya

In Serba-Serbi Jepang on Oktober 2, 2008 at 1:24 pm

Tanggal 5 Oktober nanti genap sudah 4 tahun saya di Nagoya.

Sebagai orang yang baru pertama kali ke Jepang, persiapan keberangkatan saya waktu itu tergolong tidak matang, karena kesalahan sendiri tidak mencari informasi dengan baik. Koper saya penuh barang-barang yang pada akhirnya sebagian tak berguna :
1. baju tebal dan baju yang cukup banyak
2. kamus dan buku2
3. teri main bola (teri plus kacang), indomie, tempe goreng, sambel, kecap, abon
4. madu dan obat-obatan
5. kompas
6. selimut
7. oleh-oleh untuk Prof.

Semuanya 20 kilo lebih dikit. Barang-barang yang akhirnya tak terpakai adalah kamus, selimut, baju tebal. Makanan dibagi-bagi ke teman dari Myanmar dan Indonesia, karena ternyata saya langsung cocok dengan makanan Jepang. Indomie, kecap, sambel ternyata dijual di Matsuzakaya, dan obat-obatan tidak pernah saya minum karena tidak mempan dengan virus dan bakteri di Jepang yang ternyata lebih manjur jika diterjang dengan puyer maha pahit, dan cairan pencuci tenggorokan dari klinik kampus kalau cuma batuk pilek.

Setiap bulan Oktober dan April, kampus Nagoya mengadakan bazar yang memungkinkan mahasiswa asing untuk memborong segala perlengkapan musim dingin dan musim selanjutnya. Peralatan elektronik, semacam setrikaan, kulkas, TV, dll bisa dapat lungsuran dari mahasiswa Indonesia yang pulang ke Indonesia atau mahasiswa asing lainnya yang biasanya memasang iklan di notice board kampus. Sepeda pun demikian.

Jangan lupa jika mendapat lungsuran sepeda, surat-surat harus jelas. Sebab sekali waktu polisi bisa menyetop dan menanyai. Jangan memarkir sepeda di tempat yang ada tulisannya dilarang parkir, sekalipun banyak sepeda parkir di situ, sebab petugas akan mengangkut sepeda anda dan mengumpulkannya di pusat pengumpulan sepeda sebagai sepeda liar.

Sekarang bertambah lagi aturan di Nagoya bagi pengendara sepeda :
Dilarang bersepeda sambil memakai HP, memakai walkman, memakai payung, membonceng.

Bagi yang tidak bisa beradaptasi cepat dengan makanan Jepang dan belum mempunyai rice cooker, di konbini (convinience store) yang buka selama 24 jam dijual nasi saja yang tinggal dihangatkan. Atau silahkan mencoba onigiri (lemper) Jepang.

Saat membeli makanan、bagi muslim, perhatikan kandungan makanan di bungkusnya, kalau tidak ada kanji berikut ini berarti boleh dimakan :

豚肉(babi), 牛肉(sapi), 鶏肉(ayam)、
酒 (sake)、みりん(turunannya sake)、ワイン(anggur)、アルコール(alkohol)、ビール(bir)
乳化剤 (kalau disertai tulisan ini 大豆, berarti aman) = emulsifier
動物油 (minyak hewani)
ショートニング(shortening)
チキンエキス、ポークエキス (chiken essence, pork essence)
加工油 (processed oil), ゼラチン (gelatin)

Jika menjadi mahasiswa di Nagoya University, maka makanan haal tersedia di kafetaria dengan rasa bangsa-bangsa muslim Asia dipadukan dengan bumbu halal Jepang. Agak aneh rasanya bagi sebagian teman.

Keperluan sehari-hari, jika ingin menghemat belilah di 100 yen shop. Jika ingin menyicipi makanan Jepang yang harganya “wah”, seperti sashimi atau sushi, beberapa supermarket menawarkan diskon setelah jam 8 malam (^_~)

Jangan lupa juga melaporkan diri ke kantor kecamatan terdekat (kuyakusho) untuk mendapatkan Alien Registration (gaikoku jin touroku syoumeisyo) dan mengurus kartu asuransi kesehatan, setelah itu membuka rekening bank untuk melancarkan pengiriman beasiswa bagi yang menerimanya dan atau melancarkan kiriman dari orang tua. Di Nagoya Univ., anda akan dibantu oleh pihak Foreign Student Center untuk mengurus semua ini.

Setelah mendapatkan ini, barulah anda boleh mendatangi counter HP yang bertebaran di seantero kota dengan penawaran yang menggiurkan. Sebagian mahasiswa memanfaatkan fasilitas HP dengan harga 0 yen.

Bagi yang tidak mempunyai beasiswa, anda bisa meminta formulir bekerja part time dari kampus yang biasanya akan beres dalam waktu 2 minggu. Lalu carilah arubaito-an (part time) yang tidak terlalu besar gajinya, untuk menghindari pajak dan nenkin (uang pensiun). Tentu saja kebutuhan anda sehari-hari tetap terpenuhi. Pajak akan dihitung per tahun pada bulan Februari hingga Maret, tetapi pembayarannya per bulan dengan pemotongan langsung dari penghasilan bulanan. Anda akan menerima surat pemberitahuan dari kuyakusyo dan segera datang memenuhi panggilan untuk menghitung berapa pajak yang harus dibayar. Kadang-kadang pula sistem pembayaran pajak akan dilakukan secara otomatis oleh perusahaan. Jika gaji per bulan tidak melebihi 130,000 yen (untuk single) maka pajak yang telah anda bayarkan akan dikembalikan pada tahun berikutnya.  Hati-hati dengan banyaknya surat tagihan yang datang ke mailbox, jangan sembarangan membuang. Jika berusaha menghindar dari membayar pajak, maka pihak kuyakusyo akan mengirimi anda surat sebanyak 3 kali berturut-turut dan jika tetap membandel, maka mereka akan mengirim petugas untuk memeriksa semua kekayaan, rekening anda. Dan menjadi terkenallah anda (^_^).

Untuk transportasi sehari-hari, pakailah teikiken (commuter tiket), dengan meminta kartu dari kantor fakultas, lalu membawanya ke stasiun tertentu yang ada loket commuternya dan pilihlah jalur yang memungkinkan anda mengelilingi kota Nagoya dengan harga murah sekali (^_^).  Setiap hari Sabtu-Ahad, jika tak punya teikiken, tetapi anda ingin menikmati kota dengan bis dan kereta, silahkan memakai dounichi kippu. Kalau bingung silahkan bertanya kepada petugas stasiun dengan bahasa Jepang ala kadarnya juga boleh, yang penting anda menyebut : dounichi kippu.

Apa lagi ya…?

Oya, banyak matsuri (festival) di Nagoya, dan biasanya tiket kereta juga jadi murah. Catat list matsuri selama setahun dan hadirilah. Lumayan untuk menambah koleksi foto. Rajin-rajin pula ikut home stay program supaya bisa berkeliling Jepang dengan biaya yang dapat ditekan.

Jika ingin keliling Jepang pergunakan tiket juuhachi kippu. Asalkan tidak kelelahan anda bisa berhenti di semua stasiun di Jepang (^_~).

Jangan lupa selalu mengecek prakiraan cuaca setiap pagi.

Begitulah. Jika masih bingung silahkan bertanya kepada warga Nagoya 😀

Iklan
  1. maaf, setahu saya yang haram adalah khamr, dan alkohol tidak sama dengan khamr meskipun minuman yang tergolong khamr biasanya mengandung alkohol

    murni : Mas Arya yang baik,

    mudah2an saya tidak salah. Kaidah mengharamkan alkohol yang saya pahami adalah hadits /kaidah syara sbb
    مَا أَسْكَرَ كَثِيْرُهُ فَقَلِيْلُهُ حَرَامٌ

    maa askara (apa-apa yang memabukkan) katsiiratun (dalam jumlah banyak) faqaliiluhu haraamun (maka dalam jumlah sedikit pun dia haram)

    Khamr adalah minuman yang terbuat dari perasan anggur. Sehingga dalam versi Bahasa Inggris diterjemahkan sebagai wine. Kandungan alkohol dalam wine itulah yang membuat peminumnya iskar (mabuk). Demikian pula beragam minuman/makanan beralkohol yang terbuat dari tumbuhan selain anggur.
    Wallaahu a’lam bishshawaab

    Demikian, semoga tidak

  2. maaf, saya tidak bisa menyebutkan dalil karena kurangnya ilmu saya.

    Dari beberapa sumber yang saya baca dan dengar, narkotik juga digolongkan khamr karena membuat mabuk, padahal tidak mengandung alkohol. Kalau dilihat lagi, makanan sehari2 di indonesia seperti tape, durian, atau buah2an lain juga mengandung alkohol meski sedikit namun tidak diharamkan oleh ulama. Karena itulah saya lebih cenderung ke pendapat yang tidak menyamakan khamr dengan alkohol.

    Wallaahu a’lam bishshawaab

  3. Mas Arya yg baik,
    terima kasih atas informasinya. Saya baru tahu kalau narkotik digolongkan sebg khamr, dg alasan krn memabukkan.
    Sepengetahuan saya, pengharaman narkotik bukan karena dia sama dengan khamr, tetapi karena membahayakan jiwa. Sebagaimana sebagian ulama mensyubhatkan rokok. wallahu a’lam bishshawab.

    Kalau dibaca dengan baik, saya pun tidak menyamakan khamr dengan alkohol. Khamr adalah wine. Khamr mengandung alkohol.
    Adapun kandungan alkohol di dalam buah2an secara alami ada dan tidak memabukkan saat dikonsumsi secara langsung.

    Krn ketidaktahuan asal muasal alkohol yg dipergunakan dalam makanan di Jepang, apakah dari khamr, anggur, sake atau bir, maka saya menuliskan zat itu sebagai indikasi makanan yg tidak boleh kami makan.

    Keyakinan akan pendapat tt membawa kepada implementasi sikap. Kami harus mengambil sikap thd makanan yg ada : boleh makan atau tidak.
    Sebenarnya ilmu ttg kehalalan dan keharaman makanan dan minuman ini mjd wajib ain bagi setiap muslim. Tetapi krn membutuhkan pengkajian yg mendalam ttg keilmiahan dan syarah2 fiqhnya, saya pribadi sangat tdk memadai untuk mengkajinya, selain mengikuti pendapat ulama yg saya yakini benar.

    Krn keterbatasan ilmu itulah saya dan juga teman2 muslim di Jepang mengacu pada list ingriedent yg tdk boleh muslim makan yg dikeluarkan oleh Islamic Center Japan. Sedangkan di Nagoya Univ., Lembaga ICANU (asosiasi muslim) merefer list yang sama. Salah satu ingriedent itu adalah alkohol.

    Saya pikir yang lembaga2 itu maksudkan adalah seperti yg saya tuliskan di atas, bahwa alkohol yg tertera dalam label makanan di Jepang, adalah berasal dari minuman2 memabukkan tsb.

    Wallaahu a’lam bishshawab.

  4. Alien Registration ahahaha..namanya lucu ya mbak. Ups sori.. Komentarnya gak penting.
    Sukses mbak…Senang ya..
    Dulu beberapa kawan saya waktu kuliah (gak dulu-dulu banget) pergi ke Jepang selama satu tahun lalu kembali lagi. Anak-anak jurusan sastra Jepang tentu. Mereka selalu bilang kepada angkatan bawahnya yang akan berangkat, ‘Mendingan bawa baju yang banyak, soalnya baju-baju di Jepang itu modelnya “gak banget deeeeehhhh!!!” dan mereka selalu bilang juga supaya nyari kerja di KFC yang seperti itu biar dapet makan gratis. Jadi uang beasiswanya bisa dikumpulin buat modal usaha di Indonesia hehe..

    murni : bagaimana lebarannya Bu Al ?
    model baju yg gaaak banget memang banyak, tp yg baaanget juga banyak 😀
    saya sebelumnya kerja part time juga di mister donut, tp bukan u nabung beasiswa sebab beasiswanya ngga ada 🙂

  5. mbak murni yang baik,

    menurut kajian yang saya dengar, mabuk didefinisikan sebagai hilang kesadaran/akal, dan khamr didefinisikan sebagai barang yang membuat jadi mabuk sehingga narkotik digolongkan sebagai khamr.

    berhati-hati memang perlu, namun mengharamkan yang halal juga tidak boleh.

    mungkin artikel ini bisa jadi rujukan alternatif, sekalian promosi blog 😀

    http://kh1m.wordpress.com/2007/11/01/harooom/

    murni :
    Mas Arya yang baik,

    terima kasih atas nasehatnya.
    Ya, yg paling saya takutkan adalah mengharamkan yg halal dan menghalalkan yg haram.

    Semoga kita tidak termasuk keduanya

  6. Lebarannya biasalah! Ngumpul di masjid pas malem takbiran nonton penampilan anak-anak kecil, gak bisa tidur sampai pagi sibuk becanda, makan ketupat, shalat id, becanda (lagi) sama sepupu-sepupu dan kerabat, ngider-ngider keliling kampung ngembatin kacang dan kue-kue dari tetangga sambil becanda (lagi) dan poto-poto, makan ketupat (lagi), ke kuburan dengan keluarga besar poto-poto (lagi), makan-makan (lagi) soto mie. Intinya kumpul, becanda, makan, poto-poto hehehe…
    Mudah-mudahan lebaran di Nagoya seru juga..

  7. mba murni…salam kenal.
    aku mau tanya kalau mau kuliah di nagoya univerisity persyaratanya apa saja,baik yg dapat beasiswa maupun yang tidak,osiete kudasai onegaisimasu…

    murni : salam kenal, mba Niken
    Persyaratannya : bisa dilihat pada setiap departemen (hampir sama sebenarnya).
    Saya beri contoh di Graduate School of International Development, silahkan lihat di situs berikut :
    http://www.gsid.nagoya-u.ac.jp/global/index-en.html
    Persyaratan masuknya hampir sama dg universitas lain, secara administrasi : transkrip, ijazah, dan rekomendasi, plus rencana penelitian. Jk ada beasiswa, maka tdk ada masalah dg guarantor. Jika non beasiswa harus ada guarantor orang Jepang. Hal ini bisa ditanyakan ke foreign student affairs atau jika sdh punya prof pembimbing, tanyakan kpd beliau apakah bersedia mjd guarantor.

    Biasanya jika sudah ada contact professor, jalan masuk akan lebih mudah. Tinggal menyiapkan diri untuk mengikuti ujian masuk.
    Ujian masuk ada dua tahap, tulis dan interview. Tes tulis biasanya berkaitan dg major yang kita pilih dan penelitian yang akan kita ikuti. Ujian dalam Bahasa Jepang untuk hampir semua dept, kecuali Dept. Environment, Science, dan International Development.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: