murniramli

Diskusi Pendidikan Karir di Jepang

In Pendidikan Jepang, Penelitian Pendidikan, Serba-Serbi Jepang on Oktober 23, 2008 at 11:44 am

Sama seperti di Indonesia, di Jepang juga ada biro konseling yang mengarahkan siswa untuk memilih karir atau universitas yang cocok setelah mereka tamat. Sebagian pakar mengatakan bahwa konseling adalah bagian dari pendidikan karir, dan sebagian lagi mengatakan bahwa konseling adalah bagian dari manajemen sekolah.

Saya kebetulan sempat mengerjakan proyek penerjemahan questioner penelitian pendidikan karir SMA, Prof Terada yang akan menyebarkan angket tersebut ke beberapa sekolah di daerah Purworejo. Selain Indonesia, Prof Terada melakukan penelitian yang sama di China, Korea, Jerman dan Amerika, selain tentunya Jepang. Kalau membaca angket tersebut, maka yang dimaksud adalah pendidikan dan arahan yang diberikan kepada siswa untuk menentukan masa depannya atau karirnya.

Jika memakai definisi tersebut, maka penjurusan di SMA adalah termasuk pendidikan karir.Lalu, pertanyaannya, apakah perlu memasukkan pendidikan karir sebagai salah satu subject yang diajarkan di sekolah, atau cukup dengan mengandalkan peranan biro konseling untuk membantu siswa memilih jurusan atau universitasnya ?

Pakar pendidikan karir memasukkan komponen kemampuan berkomunikasi sebagai materi pendidikan karir. Bahkan beberapa sekolah di Jepang telah memasukkan latihan pidato sebagai salah satu kegiatan (bukan mapel) mengasah kemampuan berkomunikasi. Seperti yang pernah saya tulis, beberapa SD menggilirkan siswanya untuk berpidato. Tetapi apakah ini yang dimaksud dengan pendidikan karir ? Apakah tidak cukup dengan pelajaran Bahasa ?

Sebelum adanya sistem pendidikan SMA yang baru di Jepang (tahun 1946), anak-anak SMA dibebankan untuk menghadiri class work (sanggyou), yaitu ikut bekerja di sebuah industri, atau usaha produksi. Sistem sanggyou kemudian dihapuskan untuk SMA umum dan hanya diterapkan di SMK. Kegiatan pengenalan dunia kerja di SMA dialihkan ke mapel integrated course (sougoteki jikan), tetapi ini sebenarnya lebih mengarah kepada upaya untuk mengenalkan siswa dengan kehidupan masyarakat. Karena hanya mengenalkan tempat bekerja, maka mapel ini diragukan sebagai bagian dari pendidikan karir, dan apakah siswa benar-benar dapat memahami konsep bekerja.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka beberapa sekolah mengadakan trial week, yaitu kegiatan semacam sanggyou, mengarahkan anak-anak untuk mencoba menjadi pebisnis, atau terlibat dalam kegiatan bisnis di daerahnya. Misalnya anak-anak SMP di dekat tempat kerja saya dulu (mister donut) setiap tahun sekitar 3-4 orang dititipkan untuk mencoba bekerja di misdo selama 2-3 hari.

Tetapi kegiatan kerja seperti itu tidak bermakna apa-apa selain menggiring anak-anak Jepang untuk menekuni part time job setelah lulus. Dengan berkurangnya minat generasi muda Jepang untuk menekuni pekerjaan yang serius, maka pendidikan karir di Jepang semestinya diarahkan agar dapat memotivasi anak untuk menekuni pekerjaan tetap, mengisi lowongan-lowongan pekerjaan yang mulai diisi oleh orang asing.

Iklan
  1. […] Tulisan asli dari artikel ini dapat di lihat juga di: Diskusi Pendidikan Karir di Jepang […]

  2. Assalamualaikum Ibu Murni,

    Saya guru BK di SMA Negeri 1 Katapang, saya sangat tertarik sekali dengan artikel-artikel mengenai pendidikan di Jepang. Saya ingin lebih mendalami bagaimana guidance and counseling di Jepang. Saya juga tertarik untuk ikut teacher training program. Jika Ibu Murnu berkenan, bolehkah saya meminta email ibu untuk meminta panduan mengikuti teacher training ke Jepang.
    Terima kasih artikel ibu sangat menginspirasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: