murniramli

Mempromosikan Daerah

In Serba-Serbi Jepang on November 20, 2008 at 12:27 pm

Setahun yang lalu, pemerintahan di Jepang menjadi sedikit bergairah dengan kehadiran Gubernur Miyazaki yang semula merupakan seorang komedian. Hideo Higashikokubaru (東国原英夫)yang lebih dikenal dengan nama Higashi Sonomanma terpilih menjadi Gubernur Miyazaki pada tanggal 23 januari 2007.

Dengan wajahnya yang selalu mengundang tawa, penduduk Miyazaki seakan bangun dari tidur yang panjang akibat kondisi daerah yang termasuk memprihatinkan. Setelah terpilih menjadi Gubernur, Pak Higashi adalah gubernur yang paling banyak disorot oleh media massa, tidak saja karena karakter komediannya yang digemari masyarakat Jepang, tetapi upaya briliannya mempromosikan wilayahnya.

Kunjungannya ke Korea Selatan beberapa bulan setelah menjabat menjadi Gubernur, mengundang banyak wisatawan Korea yang datang mengunjungi Jepang. Tidak hanya itu Miyazaki menjadi salah satu tujuan wisata masyarakat Jepang yang memang gemar melancong.

Keberhasilan Pak Higashi mendongkrak produksi daerahnya mendorong para gubernur untuk meniru langkah yang sama. Baru-baru ini, Gubernur Kumamoto menunjuk artis baka (baka geinoujin) kelahiran Kumamoto, Suzanne (pernah saya tulis dalam blog ini) untuk menjadi advertising manager (宣伝部長=sendenbuchou) prefektur Kumamoto.

Tugasnya adalah mempromosikan produk alam, wisata dan segala sesuatu yang bisa dijual dari daerah Kumamoto. Kemudian Suzanne juga harus memasukkan promosi Kumamoto dalam blog dan home pagenya yang diklik oleh ratusan ribu penggemarnya.

Cara ini saya pikir cukup cerdas untuk memajukan daerah. Tidak perlu mengajak, membujuk artis untuk dijual namanya dalam memenangkan partai, tapi dengan tidak secara langsung terjun di bidang politik, promosi daerah dapat berjalan dengan mendompleng ketenarannya.

Iklan
  1. Wah Mbak Murni…. kalau gitu pemerintah Indonesia mestinya bisa mendompleng ketenaran Mbak Murni nih… Jadi duta wisata Indonesia untuk Jepang. Atau mau ikutan jadi kontestan di Pilkada saja? 😀

    Salam dari Bogor.
    Nb. Mohon Maaf belum sempat respon email yang terakhir

    murni : waduh, Pak…saya baru tenar di level lab di kampus doang 😀
    Btw, produk unggulan Bogor itu apa ya ? Tales Bogor, Asinan Bogor, Tas tajur….kali ya 😀

  2. “Product” unggulan Bogor yang paling terkenal saya pikir adalah sekolah agribisnisnya (IPB) dan turunan-turunannya. Dari sini lahir pakar dan juga institusi turunan lain yang bertema sama, yang berkembang dan didukung oleh IPB

    Di industri pariwisata mungkin Kebun Raya merupakan product bawaan yang menjadi “trade mark” nya kota Bogor

  3. hallo lagi..mba murni. ih lucu-lucu tuh kaos promosinya…apik gitu designnya dan kayaknya bahannya juga gak asal dan panas kayak kaos partai di sini. mba makasih ya foto2 momijinya bagus2…begitu liat makanannya…wow.. mouth-watery banget….
    mba tolong kalo sempet, liputin juga food plastic itu loh…di asakusa ??? di indonesia ada gak yg imporin tuh benda…???????

    murni : maksudnya makanan dari wax yg biasa dipajang di etalase restoran, Bu ?

  4. hallo mbak, mudah2an sehat selalu ya…
    indonesia sdh dari dulu pemerintahannya diisi “komedian”, shgga sampai saat ini kita kayak nonton lawakan yg “super lucu2”
    saking lucunya perut rakyat jd sakit.
    Wah ini kalimat putus asa ya…
    Salam deh bwt pak gubernur..

    murni : waduh salamnya susah banget.

  5. selamat hari guru Bu

    murni : Sama-sama, Pak
    Terima kasih

  6. usaha yang bagus,
    kalau disini dapat jabatan bukan untuk kesejahteraan rakyat, tapi kesejahteraan ……
    .
    ところで
    selamat hari guru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: