murniramli

Shinkansen Seri 0

In Serba-Serbi Jepang on Desember 10, 2008 at 2:17 am

Shinkasen Seri 0 (Sb.foto : Bullet train.jp)

Ketika mendarat pertama kali di Narita Airport, 4 tahun yang lalu, betapa senangnya saya karena kami dipersilahkan naik shinkansen dari Stasiun Tokyo menuju Nagoya. Saya duduk bersebelahan dengan teman baik saya, seorang gadis dari Latvia yang sekarang bekerja untuk Uni Eropa di Singapura. Kami berdua baru pertama kali naik shinkansen, dan sungguh terpukau dengan pemandangan bunga-bunga kuning sepanjang jalan yang seakan berlari, melesat bagaikan angin.Selanjutnya selama berada di Nagoya shinkansen sudah bukan lagi barang asing bagi saya, karena beberapa kali sudah merasainya.

Akhir November 2008 sebuah sejarah, kebanggaan dan keharuan menyelimuti warga Jepang seperti yang disiarkan di TV-TV, yaitu dipensiunkannya shinkansen untuk penumpang seri 0 (新幹線0系).

Jepang memulai pembuatan kereta tercepat di dunia pada tahun 1964. Shinkansen pertama yang dibuat disebut 新幹線0系 atau shinkasen 0 kei =shinkansen seri nol. Shinkansen ini diberi nama Kodama, yang menghubungkan antara Tokyo dan Shin Osaka. Semuanya ada 6 gerbong. Selanjutnya seri 0 Hikari juga dibuat. Hingga akhir masa pengaktifan, shinkansen seri 0 telah dibuat sebanyak 3200 gerbong, dan bulan November 2008, setelah beberapa seri 0 dipensiunkan, hanya tersisa 6 gerbong yaitu JR West Kodama yang menghubungkan Shin Osaka dan Hakata. Gambar-gambarnya bisa dilihat di sini.

Pengembangan shinkansen selanjutnya melaju dengan pesat. Hingga saat ini sudah ada sekian banyak series yang dikembangkan, yaitu 100系、200系、300系、400系(小新幹線=shinkansen mini)、500系、700系、700T系(ini diproduksi untuk Taiwan)、N700系、800系、E1系、E2系、E3系、E4系、E5系. Perusahaan yang membuat shinkansen ini adalah perusahaan HITACHI yang terletak di Kawasaki, areal insdustri dekat Tokyo.

Shinkansen Seri N700 yang tercepat, berkecepatan 300 km per jam, yang menghubungkan Tokyo dan Osaka hanya dalam waktu 2 jam 25 menit. Shinkansen dengan nama Hikari dan Nozomi menggunakan tipe ini.  N700 akan menggantikan seri 300, 500, dan 700 dan akandigunakan untuk semua shinkansen Nozomi hingga 2009. Shinkansen Nozomi adalah shinkansen yang hanya berhenti di stasiun besar, misalnya Tokyo, Shizuoka, Nagoya, Osaka. Saya pernah menikmatinya selama beberapa pekan ketika mengajar Bahasa Indonesia di Shizuoka. Rasanya belum sempat duduk nyaman, saya sudah tiba di Nagoya.

Kalau diperhatikan bagian yang paling menarik dari body shinkansen adalah moncongnya. Dari mulai yang model pendek (pesek) hingga yang mancung ke depan seperti N700, dan berbagai bentuk moncong yang lucu-lucu. Bentuk moncong ini mempengaruhi laju shinkansen tentunya.

Shinkansen tergolong transportasi yang cukup mahal bagi warga Jepang, jadi banyak anak-anak yang sangat gembira dan bangga naik shinkansen. Saya pun demikian.

Saat seri o dipensiunkan ratusan orang menunggunya di Shin Osaka, semua orang memotretnya, dan masinis pertamanya yang sudah pensiun membungkuk dalam di hadapan shinkansen ini.

Ya, shinkansen 0系 telah mengajak anak-anak Jepang untuk bermimpi dan bercita-cita setinggi-tingginya. Di tahun 1964  dunia mencibir akan mimpi tentang sebuah kereta yang akan melesat secepat angin. Tetapi mimpi itu kemudian menjadi kenyataan, dan orang-orang Jepang kemudian menjadi lebih percaya diri untuk mengimpikan sesuatu yang mustahil saat ini.

Iklan
  1. Artikel menarik, mengingatkan saya ketika naik shinkansen dari Kyoto ke Fukuoka dua tahun silam. Namun saya lupa tipenya karena begitu terkagum-kagumnya dengan aneka bentuk shinkansen dan fasilitas yg ada di dalamnya.
    Bisakah mbak Murni membantu saya jika saya membuat artikel tentang shinkansen?

    murni : Insya Allah

  2. walaupun tergolong mahal, peminat shinkansen tetap banyak khan…apa karena ini faktor kebanggaan?

    terus shinkansen seri o-nya dikemanain dong? kirim aja ke indo…hehehe

    murni : biasanya dimuseumkan, atau ada juga yg dikirim ke negara yg butuh. La, di Indonesia belum ada relnya, Mba…jadi belum bisa dikirimi 😀

  3. 教師の良い夜、母親, itu nyoba nulis lalu tak terjemahkan pakai google. maaf kalau salah

    murni : Pak, maksudnya dalam bahasa Indonesia apa ya ?
    教師(guru)
    良い(baik)
    夜(malam)
    母親(Ibu)
    Maksudnya apakah : Guru yang terbaik adalah Ibu ?

  4. Hebat-hebat..

    Satu lagi saya menmukan kehebatan orang-orang Jepang..

    Sebuah mimpi yang mustahil namun nyata..

    Dan Jepanglah yang memiliki semangat serta pengetahuan yang amat tinggi seperti ini..

    Saya jadi teringat mimpi bangsa Indonesia yang bermimpi akan menjadi bangsa yang makmur, adil, aman sejahtera dan setersunya..

    Apa bisa terwujud ya dengan hanya korupsi saja pekerjaannya he he..

    ZemangaTz Indonesiaku..(^_^)

    http://www.bocahbancar.wordpress.com

  5. ah kalo bisa mah kirim aja tuh kereta ke bandung buat jaga2…soalnya lagi pada demo mogok nih angkot gara2 ada bus trans bandung yg shelternya pake tenda selametan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: