murniramli

Kata dan bentukannya

In Serba-serbi Indonesia, Serba-Serbi Jepang on Januari 15, 2009 at 1:26 pm

Kata ajar, didik dalam bahasa Indonesia berkembang menjadi bentuk-bentuk berikut :

belajar, pelajar, pelajaran, mempelajari, mengajar, pengajar, pengajaran, ajaran (ini yang satu kata saja, kalau gabungan kata lebih banyak lagi, contoh buku ajar, tahun ajaran, kurang ajar :D    ). Kata yang lainnya adalah didik, mendidik, pendidik, pendidikan, anak didik, terdidik, dan didikan.

Sekarang kata ajar dalam bahasa Jepang, asal katanya adalah 学ぶ(manabu), atau勉強(benkyou), atau 習う(narau). Pelajar adalah 学生(gakusei), atau 生徒(seito). Sekolah adalah 学校(gakkou). Lalu kata mengajar adalah 教える(oshieru), yang berkembang menjadi guru 教師(kyoushi), atau 教員(kyouin), atau 先生(sensei). Selanjutnya pelajaran adalah 授業(jugyou). Sedangkan kata mendidik adalah 教育(kyouiku).

Dalam bahasa Inggris, kata belajar adalah to study atau to learn (mempelajari). Orang yang belajar adalah student atau learner, sedangkan pelajaran adalah lesson dan pembelajaran adalah learning. Sekolah adalah school. Selanjutnya mengajar adalah to teach dan guru adalah teacher, dan teaching untuk pengajaran. Kata lain adalah educate, educator, education

Sedangkan dalam bahasa Arab, polanya seperti ini :
darasa (belajar), daaris (pelajar),darsun (pelajaran), madruusun (yang dipelajari), madrasatun (sekolah),midrasun (alat untuk belajar)
lalu kata asal darasa berkembang menjadi darrasa (mengajar), mudarris (guru), diroosatun (pengajaran), tadriisun (pengajaran), mudarrasatun (orang yang diajar).
Ada lagi kata yang lain yaitu tholaba (menuntut ilmu), thoolib (penuntut ilmu), mathluubun (yg dipelajari), muthoolibun (alat), muthoulabun (tempat).

Jika melihat kata dan pembentukannya dalam bahasa-bahasa di atas, maka bahasa Arab adalah bahasa yang paling mempunyai bentuk yang berpola, makanya akan mudah memahaminya dengan mengetahui kata dasarnya saja.

Bagaimana dengan bahasa lain ya ? 🙂

Sekedar iseng di saat penat menulis disertasi🙂

  1. Iya memang saya menyenangi guru yang mendidik dan mengajar. Jika anda ingin mengunjungi blog saya silahkan buka http://reizaldy.wordpress.com

  2. Wah, mbak murni beruntung sekali bisa menguasai banyak bahasa.
    Thanks sudah berbagi ilmunya….
    Semoga disertasinya lancar. Amien.

  3. ihhh… jadi pengen tema kaya gini… bagus euy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: