murniramli

Kurikulum SMP Nisshin

In Administrasi Pendidikan, Dinas Pendidikan Jepang, Manajemen Sekolah, Pendidikan Jepang, Penelitian Pendidikan, SMP Jepang on Februari 10, 2009 at 2:08 am

Pada saat berkunjung ke SMP Nisshin di Aichi, rombongan tamu dari Jateng disuguhi ensemble musik siswa-siswa SMP yang sangat memukau.SMP ini merupakan SMP Negeri yang dibiayai sebagian besar oleh pemerintah daerah Nisshin.

Tulisan ini akan menguraikan kurikulum SMP Nisshin yapada prinsipnya sama dengan SMP lainnya di Jepang. Mata pelajaran dikelompokkan dalam 5 kategori, yaitu pelajaran wajib, pelajaran pilihan, pendidikan moral, jam khusus (homeroom), dan integrated course (sougoteki jikan).

Mata pelajaran wajib terdiri dari : Bahasa Jepang, IPS, IPA, Matematika, Seni musik, Art (seni lukis dan patung), keterampilan (homemaking), pendidikan jasmani dan OR, Bahasa Inggris.

Sedangkan pelajaran pilihan terdiri dari 2 jurusan/course yaitu kelompok Bhs Jepang, IPS, IPA, Math, Bhs Inggris. Dan kelompok kedua adalah Seni musik, art, olahraga, dan keterampilan.

Selain kedua kategori mata pelajaran tersebut, terdapat pula jam pendidikan moral yang diberikan selama 35 jam setiap tingkatan kelas. Biasanya kegiatan ini diisi dengan diskusi permasalahan di kelas atau permasalahan murid atau membahasa situasi sosial masyarakat dengan bimbingan wali kelas.

Jam khusus atau homeroom adalah aktivitas yang dilakukan per kelas dalam rangka menyiapkan event tertentu. Kegiatan ini dibimbing khusus oleh wali kelas, dan biasanya siswa-siswa menyiapkan penampilan untuk acara festival sekolah.

Selanjutnya adalah jam integrated course yang dipakai untuk mempelajari beragam hal dengan memadukan semua mata pelajaran. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan siswa dengan kehidupan di masyarakat dan berbagai karir yang bisa dikerjakannya di masa depan.

SMP Nisshin juga menerima siswa -siswa dengan kemampuan fisik yang tidak sempurna, dan oleh karena itu diselenggarakan pula kelas untuk anak cacat.

Secara garis besar gambaran kurikulum dan jam pelajaran SMP Nishhin adalah sebagai berikut :

kurikulum-smp-nisshin

Kesan yang paling dalam saat berkunjung ke sekolah ini adalah kebersihan sekolah dan fasilitas olahraga yang sungguh jauh jika dibandingkan dengan sekolah-sekolah di Indonesia.

Iklan
  1. Ass, Mba Mur…. Sudah lama saya kehilangan kontak dengan Mba. Alhamdulillah karena perlu mencari artikel tentang kurikulum jepang silaturahim ini tersambung kembali. Mba, artikel ini memang menggambarkan kurikulum yang berlaku di Jepang. Kalau dilihat sepintas, sepertinya kurikulum di Jepang tidak jauh berbeda dengan kurikulum di negara asing lain. Saya hanya ingin mengusulkan, bagaimana kalau Mba membahas metode mengajar yang dilaksanakan oleh guru-guru di Jepang pada pelajaran wajib. Mungkin bisa menjadi acuan guru-guru di sini. Atau mungkin pernah diangkat sebelumnya, barangkali? Trims, ya Mba…wassalam.

  2. Saya sangat tertarik sekali dengan tulisan-tulisan mengenai pendidikan di Jepang.Setelah mondar-mandir, akhirnya paman Google mengantar saya ke blog ini…dan alhamdulillah banyak informasi yang saya peroleh. Oh ya bu, di Indonesia kan sekarang sedang pelaksanaan UAN (Ujian Akhir Nasional), lha kalau di Jepang Evaluasi akhir sekolah itu seperti apa ?(di semua tingkatan sekolah). Apakah ada standarisasi secara nasional seperti di Indonesia?
    Mohon pencerahannya…

  3. Mohon maaf karena kami menampilkan isi konten anda pada situs kami untuk pembelajaran murid kami tentang cara link kesitus external disamping itu juga mengetahui perkembangan sekolah di jepang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: