murniramli

Tulisan Patung Gundam Terhapus-Perlunya back up

In Kabar 1 menit on Agustus 4, 2009 at 4:15 am

Kemarin tidak sengaja memencet icon wordpress, dan entah karena sudah mengantuk, tulisan tentang Patung Gundam terhapus. Sudah dicoba untuk undo, tetapi sudah tidak terselamatkan.

Kalau uang hilang maka ada kemungkinan, jatuh/keselip atau dicuri orang. Kalau file di komputer hilang, maka bisa dicari lagi di back up file. Tapi kalau tulisan di internet hilang, ke mana kira-kira perginya ya ? 😀

Saya tidak tahu banyak tentang masalah yang njlimet begini. Barangkali wordpress mempunyai kantung sampah besar yang sekaligus mempunyai fungsi menghancurkan semua data seperti halnya mesin penghancur kertas yang sering saya pakai untuk menghancurkan data-data tertulis.

Tulisan-tulisan sesederhana apapun  menurut saya sangat berharga. Berharga sebagai rekaman kejadian yang bisa diputar ulang untuk mengenang apa yang sudah terjadi sebelumnya dan menarik pelajaran darinya. Karenanya di awal-awal penulisan di wordpress, saya selalu rajin mengcopy ulang tulisan dan menyimpannya dalam folder tt di PC.Tulisan saya hingga hari ini sudah mencapai 400 buah, dan saya baru menyimpan sekitar 50 buah.

Tetapi tidak ada pertanyaan yang tidak bisa ditanyakan ke Oom Google. Masalah ini pun terjawab. Yaitu bahwa WordPress dan lainnya ternyata mempunyai kantung besar lainnya untuk menyimpan semua tulisan-tulisan agar tidak hilang, kita tinggal memback up file. Sayangnya saya belum memback up tulisan tentang si Patung Gundam.

Sebenarnya ingin sekali membukukan semua tulisan, bukan untuk diperjualbelikan tetapi untuk dibaca pada masa tua nanti 😀

Iklan
  1. wah ini berita bagus … kalo boleh tau bagaimana caranya…?

  2. mungkin uang hilang bisa dicai, tapi kenangan yang hilang tidak bisa diganti, semoga tulisan gundam bisa cepat kembali 🙂

  3. Gimana kalau nulis off line dulu. baru dikopi paste-kan di WP. Kalau saya selalu begitu. Mungkin memboroskan space hardisk. Tapi, tulisan saya di blog sudah dibukukan. Kok saya jadi menggurui, ya? Maaf deh.

  4. Patung Gundam
    In Serba-Serbi Jepang on Juli 28, 2009 at 2:53 am
    Generasi 80-an pasti masih ingat dengan anime Gundam. Serial Gundam muncul di TV sejak tahun 1979, merupakan robot raksasa yang diproduksi oleh Sunrise Studio. Serial asli adalah Mobile Suit Gundam yang diciptakan oleh animator Yoshiyuki Tomino.Gundam merupakan pioneer dalam anime robot yang disebut mecha dalam bahasa Jepang. Keberadaannya juga mengispirasi pembuatan robot-robot secara nyata dalam perkembangan teknologi Jepang. Cerita lengkap silahkan baca di Wikipedia.

    Tadi pagi dilaporkan di berita pagi, masyarakat Jepang berkumpul sejak jam 2 dini hari di taman Shiokaze, Shinagawa-ku, Tokyo untuk menyaksikan patung gundam setinggi 18 meter dan dengan berat 36 ton, merupakan replika RX-78.

    Sumber : travel jp dan Toppa

    Patung ini dipajang untuk memperingati ultah ke-30 Mobile Suit Gundam, dibuat oleh NAMCO BANDAI Holdings. Pemajangan secara terbatas yaitu akhir Juli hingga akhir Agustus 2009. Kesempatan bagi siapa saja yang menghabiskan liburan musim panas di Jepang.

    Dalam siaran tadi pagi beberapa pengunjung maniak Gundam sudah berdatangan sejak jam 2 dini hari, bahkan ada yang bermalam sebab mereka merekam setiap detik penampakkan Gundam dengan latar belakang yang berubah dari subuh, pagi, siang, sore hingga malam. Di malam hari patung Gundam menampakkan cahaya yang memukau. Pantas saja orang menghabiskan waktu berjam-jam menontonnya. Apalagi fan Gundam yang rata-rata melakukan 800 jepretan kamera semalam.

    Sebuah hal yang fantastik bahwa manusia pada akhirnya menemukan hal-hal baru dalam bidang teknologi melalui kemampuannya berkhayal dalam bentuk anime. Anak-anak Jepang terbiasa disuguhi dengan aneka robot dan mainan unik yang semula tercipta dari tangan-tangan ajaib para animator, yang kemudian dipindahbentukkan oleh para pembuat mainan, lalu kemudian dipelajari oleh para ahli robot untuk benar-benar diaplikasikan dalam industri untuk membantu kinerja produksi. Membuat generasi robot di Jepang akan terus langgeng.

    Kekreatifan memang tidak pernah berhenti di negeri ini !

  5. @Sujarwo : Alhamdulillah tulisannya kembali…
    terima kasih, Pak.
    Btw, saya padahal sdh cari2 kali ada yg copy paste ternyata ndak ketemu, bgm caranya bisa diketemukan oleh Pak Sujarwo ya ?

  6. Gampang bu Murni, waktu online saya pakai WinHTTrack, jadi waktu ketemu tulisan yang menarik bisa di copy semua satu website. Nanti bacanya bisa kapan aja waktu offline. Kalo online terus mahal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: