murniramli

Hilangnya Qiyamul Lail = Perginya Ramadhan

In Islamologi, Renungan on September 20, 2009 at 12:38 pm

Hari Ahad, 19 Sept untuk buka puasa bersama terakhir di bulan ramdhan, saya ke masjid. Seperti biasa, makanan mengenyangkan tersaji untuk para tamu yang datang ke rumah Allah.

Malam itu saya juga datang karena bermaksud mendengar pengumuman tentang jatuhnya 1 Syawwal. Sehabis shalat Isya, kami pikir akan ada pengumuman tentang Ied, ternyata Imam kembali mengajak berdiri melaksanakan sholat, yang disebutnya sebagai qiyamul lail dan bukan tarawih. Istaqimuu …(Ayo berdiri!). Maka malam itu kami kembali melaksanakan 11 rakaat dengan penutup qunut yang panjang. Tak lama setelahnya pimpinan masjid mengumumkan tentang Ied yang jatuh pada tgl 20 Sept.

Ya, tarawih barangkali akan segera menghilang dari rutinitas ibadah kita di malam hari, yang semestinya kita gantikan dengan sholat malam. Tetapi hari ini kita terlalu banyak makan dan bergembira sehingga sulit menekuk perut untuk menunaikan sholat malam sejumlah tarawih yang biasa kita lakukan di bulan ramadhan.

Saya mengakui kalau tidak diseru menegakkan sholat malam pada malam tadi, mungkin saya tak bisa bangun untuk menunaikan tahajjud.

Demikianlah sungguh ibadah-ibadah di bulan suci, training-training pembersihan jiwa di bulan ramadhan, begitu mudahnya hilang dari kebiasaan hidup insan.

Agar tak hilang kebiasaan itu, maka mari teruskan dengan 6 hari puasa syawwal, teruskan membaca ayat demi ayat dari Al-Quran, tegakkan qiyaamul lail dan membiasakan puasa Senin dan Kamis.

Aidun Saidun
Aidun Mubaarok
Kullu aamin wa antum bikhair

Taqabbalallaahu minna wa minkum shiyamana wa shiyaamakum
Taqabbal yaa Kariim

Selamat Hari Raya Iedul Fithri
Mohon maaf lahir dan bathin

Renungan hari keduapuluh sembilan….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: