murniramli

Golden Week, Silver Week

In Serba-Serbi Jepang on September 25, 2009 at 10:33 am

Ada-ada saja cara pemerintah Jepang mengatur agar warganya bisa menikmati masa liburan bersama keluarga. Istilah golden week sudah lama dikenal, yaitu libur seminggu pada bulan April dan Mei, yang dalam bahasa Jepangnya disebut Oogata renkyuu (大型連休).

Libur ini merupakan serangkaian tanggal merah bertepatan dengan tiga hari nasional yang diganti-ganti. Hingga tahun 1988, 29 April ditetapkan sebagai HUT Kaisar, dan dari th 1989 sampai tahun 2006 ditetapkan sebagai Midori no hi, lalu tahun 2007 ditetapkan sebagai Showa no hi. Selain itu tanggal 3 Mei ditetapkan sebagai Kenpou kinnenbi atau hari konstitusi, 4 Mei sebagai hari kokumin no kyuujitsu (hari libur rakyat) yang berlaku dari tahun 1985 sampai 2006, dan pada tahun 2007 diganti dengan Midori no hi. Sedangkan tanggal 5 Mei adalah hari anak (kodomo no hi).

Masa  7 hari tersebut juga bertepatan dengan liburan musim semi. Kata golden week sebenarnya berasal dari istilah yang dipakai ketika rating pendengar radio berjumlah terbanyak , yaitu istilah “golden time”.

Setelah golden week, pada bulan September, sejak tanggal 20 hingga 23, selama 4 hari ditetapkan sebagai Silver week. Hari-hari tersebut adalah 20 Sept adalah hari minggu, 21 Sept adalah Keirou no hi(hari orang tua),22 Sept adalah kokumin no kyuujitsu (hari libur rakyat), dan 23 Sept adalah syuubun no hi (秋分の日、yaitu hari menjelang musim gugur).

Semenjak krisis ekonomi, pemerintah Jepang mendorong agar warganya membelanjakan uangnya untuk menggairahkan perekonomian dalam negeri. Oleh karena itu, biaya tol dimurahkan menjadi 1000 yen di seluruh negeri, dan bagi yang memiliki kendaraan ini adalah kesempatan baik untuk berkeliling Jepang, sekaligus menghemat biaya transportasi. Banyak pula warga yang merancang perjalanan dengan mobil dengan mempersiapkan kendaraan sebagai tempat beristirahat, sehingga mereka bisa mengirit biaya penginapan.

Sayangnya libur yang terlalu banyak akan menghambat proses produksi di industri, oleh karenanya banyak perusahaan yang tidak meliburkan karyawannya pada saat silver week. Bahkawa universitas tempat saya mengajarpun tidak libur.

Silver week kemungkinan akan berlangsung hingga 2015. Setelah itu kita tunggu model liburan apa lagi yang ditawarkan pemerintah kepada warganya.

  1. di Indonesia nggak ada model libur seperti ini😀

  2. Hahaha, saya juga baru tau stlh tmn Jepang saya sms, bilang kalo dia lagi menikmati Silver Week (baru mulai tahun ini ya, kalo saya ga salah tangkep).

    Mungkin besok2 ada Bronze Week ^___^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: