murniramli

Festival Jamur dan Soba di Jepang

In Serba-Serbi Jepang on Oktober 6, 2009 at 6:06 am

Dua hari saya berada di Kaida, Nagano. Tidak seperti Nagoya yang penuh bangunan, wilayah Kaida sangat hijau dan sejuk. Dikelilingi oleh deretan pegunungan, hutan yang masih alami dan air terjun yang tercurah di sela-selanya. Sungainya sangat bersih dan jernih, tempat beranak pinak ikan iwana yang sangat lezat.

Rencana berangkat ke Kaida cukup mendadak. Teman saya dari Tokyo memberitahu bahwa dia akan konsultasi disertasinya dengan sensei, lalu karena sendirian, dia mengajak saya. Segera saya atur ulang jadwal mengajar, dan mempersiapkan juga bahan disertasi sebab rencananya akan berdiskusi dengan sensei. Karena Jumat malam saya masih harus mengajar, maka untuk mencapai stasiun Kisofukushima yang merupakan stasiun terdekat dari Kaida, tidak memungkinkan. Saya terpaksa naik kereta terakhir ke Nakatsugawa, dan di sana sensei sudah menunggu dengan putrinya dan seorang mahasiswa dari China. Lalu, teman yang dari Tokyo naik kereta dan tiba di stasiun Nagiso, kira-kira 20 menit perjalanan dengan mobil dari Nakatsugawa. Bersama kami pergi ke rumah sensei di Kaida.

Di stasiun Nagiso, sempat melihat-lihat pamflet wisata yang banyak sekali dan tersedia gratis. Ada beberapa festival menjelang musim gugur dan selama musim gugur. Salah satunya adalah “Kinoko Matsuri” atau festival jamur. Sebenarnya bukan berupa arakan karnaval atau pawai, tetapi kegiatan utamanya adalah menelusuri wilayah hutan dan pegunungan di sekitar kisofukushima sejauh 13.3 km selama kurang lebih 3 jam. Tentu saja selama di perjalanan ada beberapa jamur yang harus ditemukan dan diidentifikasi dan terakhir diakhiri dengan sajian masakan jamur.

Saya tertarik sekali dengan acara itu, dan sensei menawarkan kalau mau ikut serta, sensei akan mengantar dengan mobil ke tempat start. Tapi karena perkiraan cuaca kurang baik pada hari Sabtu (hujan) maka saya tidak jadi pergi. Sebagai gantinya setelah belajar setengah hari di hari Sabtu, sorenya sensei mengajak putar-putar mengunjungi daerah pedesaan, menghirup udara yang segar sekali. Keesokan harinya pun setelah malam harinya kami berdebat panjang tentang paper teman saya, pagi-pagi kami mendatangi air terjun dan kembali jalan-jalan di hutan. Seperti biasa, saya sangat menyukai lumut, pakis-pakisan, dan aneka jamur.

Selain festival jamur, di Kisofukushima diselenggarakan juga Soba Matsuri (Festival Soba), yang merupakan makanan sejenis mie tapi terbuat dari tepung sob, berwarna abu-abu. Ada dua jenis mie yang digemari di Jepang, yaitu udon (bentuknya besar2) dan soba (seperti mie biasa, tapi berwarna abu-abu). Saya lebih suka soba daripada udon. Ramai sekali orang-orang dari dalam dan luar kota berdatangan, sampai-sampai tempat parkir yang luas tak mencukupi. Kegiatan festival berupa pembuatan soba, lomba makan soba, dan aneka makanan khas lainnya, serta tentu saja mengunjungi pusat pemeliharaan kuda poni yang ada di dekat areal festival.

Daerah Kisofukushima terkenal dengan kuda poninya yang pendek kekar, sobanya yang lezat, air terjunnya, jagung manis, dan sayur mayurnya terutama sawi raksasa. Daerah ini terpilih sebagai daerah terindah di Jepang beberapa waktu lalu. Salah satu yang menyebabkan terpilihnya daerah ini adalah adanya blog yang ditulis oleh seorang ibu yang bekerja di kantor desa. Ibu ini sebenarnya lebih banyak bercerita tentang Kota Kaida yang termasuk dalam wilayah Kisofukushima. Setiap hari dia melaporkan cuaca, kegiatan, festival dan aktivitas masyarakat setempat.

Kaida, Kisofukushima dapat dikatakan telah berhasil menerapkan apa yang disebut desentralisasi daerah. Penduduknya punya kebanggaan terhadap desanya, dan mereka paham betul seluk beluknya. Saya benar-benar iri. Sebab desa tempat kelahiran atau tempat kami tinggal sekarang di Indonesia, blognya selalu lawas dan tak ada informasi baru tentang kota kami.

Foto-foto silahkan melihatnya di sini

  1. ceritanya sangat menarik untuk dibaca, thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: