murniramli

Sibuk

In Kabar 1 menit on Oktober 31, 2009 at 5:42 am

Kalau saya mengatakan sibuk, teman saya selalu membalas : “Memangnya pernah ngga sibuk ?” Jadi saya berhenti mengatakan saya sibuk, sebab memang sebenarnya tidak sibuk. Cuma ada banyak pekerjaan yang harus dikerjakan dalam masa bersamaan, makanya saya menjadi terkesan sibuk😀

Blog sudah berhari-hari tidak diupdate. Padahal di kepala sudah banyak yang ingin ditulis, sementara masuk dalam catatan buku kecil dulu, judul-judulnya saja. Komentar di blog juga jarang ditanggapi, mohon maaf kepada para pembaca.

Bukan tidak membacanya, tetap saya baca setiap hari sebab masuk dalam mail box account saya. Hanya saat akan membalasnya, biasanya tiba-tiba saja saya disadarkan bahwa ada “pekerjaan besar” yang harus saya dahulukan.

Ya, pekerjaan besar yang menyangkut kehidupan saya sebagai mahasiswa. Seandainya uang kuliah gratis, saya ingin berleha-leha saja. Tetapi Professor saya sudah terlanjur melihat 200 halaman lebih disertasi yang saya tulis, dan palu sudah diketok, saya harus setor disertasi tgl 9 Desember tahun ini.

Sebenarnya menyetorkan disertasi bulan Januari masih dianggap sebagai lulusan tahun 2009, tetapi entah karena alasan apa, Prof mengirimi saya email dan menakut-nakuti dengan keramat”tahun baru”. Saya tahu orang Jepang akan mengadakan macam-macam pesta makan dan minum di akhir dan awal tahun.

Tapi saya juga punya alasan mengapa khawatir tidak bisa menyelesaikan disertasi sesuai deadline. Insya Allah saya baru pulang haji tanggal 5 Desember, dan artinya hanya 4 hari memeras otak untuk menitipkan disertasi ke kantor administrasi kampus agar saya diberi gelar di depan nama saya :D  tahun ini

Saya pikir agak sulit menyelesaikan tugas pada masa-masa pasca haji, maka jadilah waktu saya sekarang habis untuk begadang. Yang lebih menyedihkan lagi, load pekerjaan saya tidak berkurang. Hidup saya seperti segitiga saja, antara kampus-apartemen-tempat kerja.

Untuk mengoreksi disertasi saya yang belepotan bahasa Jepangnya, ada dua orang sensei yang bersedia membantu. Salah satunya sangat “rajin” mencoret dan bertanya, dan saya suka sekali ini. Dan salah satu lagi sensei yang menganggap dirinya sebagai “bapak saya” setelah tahu bapak saya sudah tidak ada. Orangnya jeli dalam membaca dan menelusuri kalimat yang tidak nyambung dengan konteks. Sensei yang satu ini saking baik hatinya sampai-sampai sering mencari saya di ruangan kalau saya lupa menepati janji berkonsultasi.

Saya pikir adalah hal yang sangat perlu dan menguntungkan hasil penelitian kita dibaca oleh pihak ketiga. Pihak ketiga dalam hal ini sebaiknya adalah orang yang sebidang atau tidak sebidang tetapi mempunyai minat besar terhadap penelitian yang kita kerjakan.

Disertasi saya sudah beberapa kali melewati saringan mata mahasiswa-mahasiswa Master dan Doktor di fakultas. Tetapi karena mereka tidak berminat- sama dengan sensei utama saya- maka tidak ada perbaikan berarti dalam tulisan kecuali hanya mengubah partikel “ga” menjadi “wa” yang saya masih tulalit menggunakannya.

Jadi,…… saya mau menulis apa sebenarnya ?😀

Ya, cuma mau lapor kalau saya tidak berhenti menulis😀

  1. he he he…

    kalau begitu saya cuma lapor kalau tidak berhenti mbaca :))

  2. salam kenal, bu. gimana disertasinya, bu. moga lancar..

  3. @fety : salam kenal juga. disertasinya sudah rampung, alhamdulillah. tinggal menunggu pemeriksaan dewan komisi

  4. Assalamu’alaikum..n salm knl bu….thnks ya untk artkl2 mbantu bgt dlm dlm peningkatn kerangka brpikr sy…n Muda2 Allah Swt Memudahkn ursnx ibu…..baik d dunia n akhirat.

Tinggalkan Balasan

