murniramli

Password tercuri

In Serba-serbi Indonesia on April 7, 2010 at 10:58 am

Saya tidak ingat apakah saya telah membuka email dan lupa sign out. Padahal sejak kejadian kecurian password beberapa tahun lalu, saya selalu berhati-hati. Ternyata ketika pulang ke Indonesia beberapa hari yang lalu, password saya di yahoo mail kembali tercuri.

Saya baru menyadari pencurian itu setelah seorang teman mengirimkan email kepada saya, dan kemudian email-email pemberitahuan datang dari professor di kampus dan kenalan dosen di Indonesia. Saya sudah berusaha untuk mengganti password di yahoo account, tetapi yahoo menutup account saya secara otomatis.

Hari ini yahoo baru saja mengijinkan email saya membuka kembali email, segera saya ganti password dan terkaget-kaget dengan banyaknya email dari teman dan sensei-sensei. Ada dua orang teman Jepang yang hampir saja mengirimkan uang. Saya panik dan segera meneleponnya untuk memastikan apakah dia tidak mengirimkan apa-apa. Untung sekali beliau mendatangi kampus saya, menemui professor dan menanyakan langsung keadaan saya. Professor segera mengirimkan email pemberitahuan ke fakultas tentang cyber crime yang menimpa, dan mengabarkan bahwa saya baik-baik saja di Indonesia dan akan segera mendarat di Nagoya 5 Maret.

Wuihh, begitu jahatnya si pencuri. Beruntung sekali kolega-kolega saya mengecek dulu sebelum melakukan tindakan konyol dengan mengiriminya uang. Saya dikabarkan mengalami pencurian di UK dan meminta teman-teman untuk mengirimkan uang via western union ke sebuah alamat di sana. Banyak yang membalas email tsb untuk sekedar mengecek apakah email tsb benar-benar dari saya.

Hari ini saya capai sekali membalas email teman-teman yang menanyakan kabar saya, tetapi dengan adanya email konyol tersebut, teman-teman lama yang tidak pernah kontak lagi kembali bersay hello. Di balik bencana ada hikmahnya juga.

Seorang teman menasihatkan untuk mengganti password dalam jangka waktu dekat, selalu men-log out email, dan membuat password yang susah serta mengecek barangkali komputer saya terkena virus yang kemungkinan menyebabkan kode-kode terbaca melalui apa yang disebut keylogger. Sebelumnya pada tanggal 4 April, Metro TV menyiarkan perihal pencurian password yang marak di yahoo dan fesbuk. Saya mendengarkan secara tuntas beberapa saran yang disampaikan narasumber saat itu.

Secara logika, seandainya seseorang mendapatkan kemalangan di suatu tempat, maka dia tidak akan mengirimi semua temannya email permintaan tolong. Tetapi tentu saja, hanya orang-orang dekat saja yang dapat dipercaya. Saya pun akan demikian.

Kepada teman-teman yang sudah menerima email dengan title TOP URGENT yang terkirim melalui account yahoo saya, mohon maaf atas gangguan ini. Dan mari selalu berhati-hati.

  1. Turut prihatin …bu…tapi di balik kejadian itu tetap ada hikmahnya … ibu bisa kembali menjalin kontak dengan teman-teman yang selama ini terlupakan karena kesibukan sehari-hari …

  2. wkt sy dapat email dgn judul top urgent sempat agak panik, khawatir juga tentang dirimu..tp kemudian muncul sebersit tanda tanya :mungkinkah ini murni yg sy kenal?karena jika ini murni yg sy kenal maka tidak akan menyurati sy dengan bahasa inggris, dengan style seperti itu….sempat muncul perasaan bersalah ketika “mengabaikan email” itu..tp sekarang ?alhamdulillah, sy merasa lega karana dirimu baik2 saja..dan yg paling penting telah kembali ke pangkuan ibu pertiwi….alhamdulillah…oya, sekarang dimana?

  3. @Mba Retno : huwaduh maap atas email mengganggu itu Mba. Ya, jelas saya ndak bakal nyurati Mbak-e dg boso inggris, tp boso jowo hehehe…
    sekarang masih di Jepang

Tinggalkan Balasan

