murniramli

Jasa Pengiriman Surat/Barang di Jepang

In Serba-Serbi Jepang on Agustus 2, 2010 at 1:31 am

Hari Jumat yang lalu saya agak terlambat pergi ke kampus karena harus menunggu kiriman dokumen dari pos Chikusa dan jasa pengiriman barang Yamato. Keduanya sebenarnya sudah datang hari Rabu, tapi karena saya tidak ada di rumah, maka saya meminta mereka datang kembali hari Jumat pagi.

Apakah mereka tidak rugi ?

Ya tidak.

Mahasiswa seperti saya biasanya seharian tidak ada di rumah, apalagi ditambah dengan jadwal kerja part time, hari Sabtu dan Minggu pun tidak ada di rumah. Jadi, kiriman pos atau paket yang harus diterimakan langsung biasanya mesti dibawa lagi oleh tukang posnya atau jasa pengiriman barangnya. Dan biasanya mereka meninggalkan Oshirase (pengumuman) yang isinya adalah nomor kode barang, no telpon pak pos, tawaran hari pengiriman ulang yang bisa dilakukan melalui telpon ulang (free dial dari telpon rumah), via internet, atau datang langsung ke kantor pos/jasa pengiriman.

Saya kadang-kadang menelpon, kadang-kadang juga menggunakan fasilitas internet, dan belum pernah pergi mengambilnya sendiri.

Seperti minggu lalu kiriman dokumen dari dua kantor tempat saya bekerja saya minta dikirimkan hari jumat pagi (jam 8 sd 12.00), dan saya mau tidak mau harus menunggu selama jam tersebut sebab mereka tidak menyebutkan dengan pasti jam berapa mereka bisa datang.

Saya senang dengan sistem pelayanan yang sigap seperti itu. Pernah saya hanya bisa pulang ke rumah jam 9 malam, maka petugas mengatakan melalui telpon akan mengantarkannya jam 9 malam. Pengantaran ulang tsb tidak dikenai biaya.

Pengiriman barang juga sangat mudah. Ada beberapa jasa pengiriman, dan semuanya terpercaya. Kalau hendak pulang ke Indonesia, saya biasanya mengirimkan koper ke bandara, dan sekembalinya pun, saya kirimkan koper dari bandara Chubu ke rumah. Biasanya dikenai ongkos 1800 yen dan akan sampai keesokan harinya antara jam 8 sd jam 12 (tergantung permintaan kita).

Dulu pernah ada juga dosen Malaysia yang berkunjung ke universitas kami dan membawa koper besar. Karena perjalanan selanjutnya adalah ke Tokyo dan akan menginap di salah satu hotel, maka kami bersepakat mengirimkan kopernya melalui jasa pengiriman barang. Senangnya lagi karena untuk mengirimkan barang tidak perlu pergi ke kantor pengiriman tetapi cukup mendatangi kombini (toko 24 jam) yang menyediakan layanan ini. Mobil jasa pengiriman akan datang sekali dalam sehari untuk mengambil barang-barang yang akan kita kirimkan. Kebetulan sekali di belakang fakultas kami ada Family Mart (kombini) yang menyediakan layanan ini.

Bagaimana jika ada kiriman barang yang salah alamat ? Misalnya tujuan surat adalah penghuni lama kamar yang kita tempati. Surat yang salah alamat tinggal diantarkan kembali ke pos terdekat atau menelpon pihak pos untuk mengambilnya.

Sebenarnya salah alamat jarang sekali terjadi jika warga tertib melaporkan alamat baru kepada pihak kantor pos. Secara otomatis semua surat-surat akan dikirimkan ke alamat baru jika kita melapor sehari sebelum kepindahan atau hari saat kepindahan.  Tetapi banyak mahasiswa yang pulang ke tanah air dan tidak menutup semua rekening atau tagihannya, sehingga surat tagihan terus saja berdatangan ke penghuni kamar baru.

Selama tinggal di Jepang, saya belum pernah mengklaim pelayanan pengiriman barang/surat, sebab memang belum ada masalah. Tingkat pelayanan yang serba cepat adalah poin kompetisi antar jasa pengiriman.

Kalau kantor pos biasanya tidak melayani 24 jam, kecuali kantor pos besar, seperti kantor pos Chikusa di Nagoya, maka pengiriman dokumen super cepat adalah melalui 宅急便(takkyuubin = pos kilat) yang ditawarkan jasa pengiriman melalui kombini-kombini yang buka 24 jam.

Jadi, apa saja yang ingin dikirimkan semuanya dijamin selamat sampai di tujuan tanpa ada pembongkaran tanpa seijin pengirim.

Iklan
  1. begitulah Jepang 😀

  2. hikhik…kapan giliran indonesia bisa setertib itu ya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: