murniramli

Musim Panas = PR bejibun

In Pendidikan Dasar, SD di Jepang, Serba-Serbi Jepang on Agustus 19, 2010 at 5:40 am

Anak-anak sekolah di Jepang mengalami liburan terpanjang saat musim panas. Akhir Juli, sekolah-sekolah mulai meliburkan siswa-siswanya, tetapi sebenarnya kegiatan sekolah terutama klub aktifitas masih berlangsung. Dan anak-anak kelas 3 SMA yang akan ikut ujian PTN biasanya tetap masuk untuk remedial.

Musim panas sekalipun dianggap masa liburan, tetapi sebenarnya anak-anak tidak benar-benar berlibur. Dari sekolah sudah ada PR menumpuk. PR tersebut tidak hanya berupa mengerjakan soal-soal bahasa Jepang atau matematika, tetapi juga ada jiyuu kenkyuu (penelitian mandiri).

Secara garis besar ada tiga kategori PR, yaitu gakushuu (mengulang pelajaran), jiyuu kenyuu (penelitian mandiri) dan sakubun (karangan).Kategori gakushuu biasanya berupa soal-soal math dan bahasa Jepang. Jiyuu kenkyuu meliputi pelajaran IPA dan IPS. Sementara sakubun isinya tentang kegiatan semasa liburan.

Terkait PR yang banyak ini, ada beberapa orang tua yang protes dan mengeluhkan anak-anak tidak bisa berlibur dengan nyaman. Tetapi di pihak anak-anak, mereka suka dengan PR ini, sebab jika tidak pergi keluar negeri untuk berlibur, atau hanya menghabiskan waktu di rumah pada sebagian besar liburan, mereka akan cepat sekali bosan.

Kebanyakan anak memilih mengerjakan PR-nya di awal-awal liburan, dengan alasan agar dapat berlibur sepuasnya dan tidak usah deg-degan memikirkan PR. Beberapa anak yang diwawancarai di TV beberapa waktu lalu bahkan menunjukkan skedul mengerjakan PR dan belajarnya selama musim liburan. Skedul ini akan diperiksakan kepada ibu/bapak guru kelak.

Bahkan beberapa penerbit mencetak buku khusus PR selama musim panas, dan banyak dipergunakan oleh guru-guru di sekolah. Saya juga dulu sering membeli peralatan praktikum untuk anak-anak yang mereka gunakan untuk melakukan jiyuu kenkyuu.

Karena suasana liburan dan musim panas tahun ini sangat menyengat di Jepang, maka banyak juga anak yang berdiam diri di rumah, daripada keluar dan tersengat panas yang sangat terik. Untuk keperluan itu penting adanya PR dan tugas-tugas sekolah.

  1. Setiap hari anakku selalu punya PR yang banyak dari sekolahnya… Bagiku, PR itu memang perlu kok…

    BTW, aku baru saja kirim email. Tolong di cek ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: