murniramli

Seminar pengembangan kota berbasis sekolah di Kota Takahama

In Administrasi Pendidikan, Manajemen Sekolah, Pendidikan Dasar, Penelitian Pendidikan on Agustus 21, 2010 at 3:28 am

Saya sekarang sedang berada di Takahama shi, kota kecil di prefektur Aichi yang saat ini sedang melakukan pengembangan kota (machi zukuri) berbasis pengembangan sekolah (gakkou zukuri). Dari pagi tadi jam 9.30 hingga 16.00 nanti ada seminar tentang pengembangan sekolah di Takahama dan kebetulan sekali saya diajak sensei untuk menghadirinya.

Sekitar dua tahun yang lalu, saya bersama sensei yang menjadi konsultan beberapa sekolah di Takahama secara rutin datang mengunjungi sekolah-sekolah di kota ini dan sensei dalam kapasitasnya sebagai konsultan memberikan bimbingan khusus dalam pengembangan organisasi dan manajemen sekolah terutama yang terkait dengan gakkou hyouka (evaluasi sekolah). Dari sekedar menjadi pengikut dan pendengar saja, saya banyak belajar tentang sistem persekolahan dan pengembangan kota di sini.

Dalam seminar hari ini pada bagian diskusi panel, ada tiga pembicara utama, yaitu perwakilan dari sebuah lembaga penelitian konsultan pendidikan milik swasta yang banyak meneliti tentang gakkou zukuri dan gakkou hyouka di Jepang. Penelitinya yang hadir pada hari ini adalah penduduk asli kota Takahama. Pembicara kedua adalah perwakilan dari orang tua, PTA  SD Tsubasa yang merupakan SD percontohan di kota ini. Seorang lagi adalah guru SMP yang menjadi penggerak gakkou zukuri di kota Takahama.

Ketiganya menyampaikan pandangan tentang gakkou zukuri dari sudut pandang yang berbeda. Perwakilan dari lembaga konsultan Nomura menyampaikan sudut pandang hukum dan membawakan beberapa contoh penerapan gakkou zukuri di seluruh Jepang. Sementara wakil orang tua menyampaikan apa saja kegiatan yang mereka telah lakukan dengan anak-anak di SD Tsubasa, lalu Pak guru SMP menyampaikan sudut pandang guru dan perubahan yang terjadi di SMP terkait dengan program gakkou zukuri.

Berbeda dengan panel diskusi yang biasa diadakan di Indonesia, yaitu para panelis berbicara dan hadirin bertanya. Panel diskusi yang sangat tepat waktu ini (10.00-11.45) dipimpin oleh seorang koordinator (sensei saya) yang bertugas membagi-bagi jatah berbicara para panelis dan mengundang beberapa perwakilan dari hadirin untuk turut bicara mengenai program gakkou zukuri. Perwakilan yang diminta berbicara adalah wakil dari guru senior, wakil guru muda, perwakilan dari oyajikai (perkumpulan para ayah), kepala sekolah sebuah SD, dan wakil dari educational board. Jadi, panelis berbicara sambil diselang seling dengan pendapat dari hadirin yang sudah diatur dengan apik timingnya, sehingga waktu diskusi berakhir tepat jam 11.45.

Saat perwakilan PTA berbicara, ditampilkan slide gambar-gambar kegiatan yang dilakukan oleh orang tua dan para siswa. Penampilan slide diiringi dengan lagu Tsubasa o kudasai dan hymne sekolah. Saat tampilan disajikan dan demikian pula sejak acara berlangsung sama sekali tidak ada hadirin yang berbicara. Saya sangat terkesan dengan beberapa kali menghadiri seminar di Jepang, semuanya diam bahkan suara nafas pun tak terdengar.

Apa yang disajikan oleh perwakilan PTA akan saya tuliskan dalam tulisan selanjutnya.

Dari menghadiri simposium ini saya belajar  banyak bahwa pengembangan kota (machi zukuri) di Jepang dan juga gakkou zukuri melibatkan semua orang di kota. Perkembangan anak-anak begitu dihargai dan semua orang dewasa ikut serta dalam kegiatan ini.

Sebentar lagi ( jam 12.45) akan ada diskusi kelompok dan ada tiga kelompok bahasan. Saya akan mengikuti diskusi kelompok kedua tentang keterlibatan pemerintah, sekolah dan keluarga dalam pengembangan pendidikan anak di daerah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: