murniramli

Apa yang akan kita lakukan besok ?

In Islamologi, Renungan on September 9, 2010 at 2:03 am

Bagaimana jiwa anda melewati hari-hari bersama ramadhan yang sebentar lagi akan pergi ? Sudahkah dia tercelupi dengan keimanan ? Sudahkah bertambah yakin anda dengan keagunganNya ? Sudah semakin ikhlaskah anda beribadah kepadaNya ?

Jika sudah, sujud dan bersyukurlah karena anda adalah hambaNya yang terpilih. Jika belum maka berharaplah kepadaNya karena Allah Maha Mendengar Pengharapan dan Doa.

Selama ramadhan Allah telah memberikan kekuatan kepada pikiran dan hati saya untuk merenungi keagungan dan kemulianNya dalam bentuk tulisan di blog BERISLAM. Kadang-kadang kepayahan mendera saat panas semakin menguat dan kehausan di tengah kerja yang berketerusan. Lalu karenanya terkadang renungan itu tak bisa tertuliskan sesuai dengan harinya, tetapi Allah Maha Penyayang dan selalunya mengetahui niat hambaNya. Karenanya saya bersyukur telah menyempurnakannya.

Lalu apa yang akan saya dan anda lakukan setelah sholat ied besok ?

Anak-anak yang dikekang untuk tidak bermain game, sudah siap-siap dan sibuk menanyakan di mana ibunya menyembunyikan mainan kesayangannya itu. Orang dewasa yang selama ramadhan terhenti kebiasaannya menonton film dan tontonan yang tak layak pandang, dan lebih banyak menghabiskan malamnya di masjid, seperti merasa terbebas dan siap-siap kembali pada kebiasaan lama.

Begitulah kita manusia. Mudah sekali terperdaya dengan nikmat dan kesenangan dunia.

Tafakkur dan sujud panjang di lantai masjid akan segera hilang pelan-pelan mulai besok. Begitu sulitnya kita mempertahankan ibadah dan qiyam panjang di malam hari untuk memuji dan mengagungkanNya.

Ini bukan kelumrahan. Tetapi sebuah kemunduran.

Karenanya agar Allah tetap menyayangi kita selama bulan-bulan selanjutnya, lakukanlah sholat ied besok, dan kembalilah menekan hawa nafsu selama 6 hari awal syawal, dan gantilah segera puasa-puasa yang tak terlaksana selama ramadhan, dan rutinkan puasa-puasa sunnah di hari Senin dan Kamis, dan hari-hari lain. Niscaya Allah tetap mengingat kita sebagaimana kita senantiasa mengingatNya. Amin.

Selamat Hari Raya Iedul Fithri. Mohon maafkan segala kesalahan lahir dan bathin

Taqabballallaahu minna wa minkum taqabbal yaa kariim
kullu ‘aamin wa antum bi khair

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: