murniramli

Nattou, Ume Boshi, dan Aoijiru

In Serba-Serbi Jepang on Desember 8, 2010 at 3:48 am

Tidak banyak orang yang menyukai makanan yang saya sebutkan dalam judul di atas.Dari hasil menonton, membaca dan melihat kebiasaan orang Jepang saya kira tiga jenis makanan dan minuman tersebut adalah menu wajib untuk tetap sehat🙂 di samping tentu saja menu lainnya semacam ikan dan sayur.

Nattou adalah makanan dari kedelai yang difermentasikan seperti tempe, tapi kalau tempe sudah menjadi padat, nanttou masih berlendir. Baunya seperti tempe dan bahkan kadang-kadang lebih keras. Banyak orang yang tidak menyukai nattou, tidak hanya orang asing tapi orang Jepangpun banyak yang tidak suka.

Sumber :na-amr.seesaa.net

Biasanya nattou dimakan dengan telur mentah atau bumbu sambal lobak, souyu, yang dicampurkan dan diaduk merata, lalu dituangkan di atas nasi. Saya punya cara makan nattou yaitu, sebelum mengaduk nattou, saya tambahkan bubuk merica atau bubuk cabe, perasan jeruk nipis, dan kadang-kadang souyu. Setelah diaduk rata, tuangkan di atas nasi panas. Makan nattou dengan nasi dingin kurang enak, dan rasanya mau muntah🙂

Ume boshi adalah buah plum yang sudah menjadi lunak. Rasanya kecut, tapi belakangan ada yang dicampuri rasa. Misalnya yang biasa saya beli adalah yang dicampuri madu, atau rasa ikan. Kalau ume boshi saja, tanpa campuran apa-apa, rasanya kecut sekali, sehingga tidak enak dimakan langsung. Tapi ume boshi yang dicampuri madu, saya biasa memakannya sebagai cemilan. Ume boshi juga paling enak dimakan dengan nasi panas. Nah, saya biasanya mencampur ume boshi, nattou dan nasi panas sebagai menu sarapan.

Sumber :ameblo.jp

Aojiru adalah sirup sayuran hijau. Benar-benar sayuran saja, dan yang biasa dipakai sebagai bahan dasarnya adalah komatsuna (小松菜)(semacam sawi) atau yomogi (ヨモギ)(sejenis perdu kecil). Rasanya seperti rasa sayuran hijau begitu pula baunya. Sebenarnya saya pun tidak begitu menyukai baunya, mirip sirup paria yang pernah diberikan mamak ketika saya masih kecil dulu. Jadi supaya enak diminum, campuran yang biasa saya tambahkan adalah susu, madu dan jeruk nipis.

Sumber :kenkou-home.com

Di musim dingin seperti sekarang ini, makanan di atas cukup berdaya untuk menjaga stamina. Selain itu karena tenggorokan gampang sekali terinfeksi, maka saya juga membiasakan minum air jeruk nipis dan madu. Dengan air hangat/panas, rasanya sangat menyegarkan di tenggorokan🙂

Sumber :itempost.jp

Sekalipun sudah mencoba makan makanan sehat, saya masih kesulitan mengatur agar bisa tidur cepat🙂

  1. iyuhh.. telor mentah??
    souyu itu apa sih mbak?

  2. kalau di padang, susah tidur itu bisa diobati dengan banyak makan sayur kangkung mbak murni, kalau ndak percaya cobalah.

Tinggalkan Balasan

