murniramli

Ujian Masuk PTN di Musim Dingin, Kompetisi Baseball di Musim Panas

In Administrasi Pendidikan, Manajemen Pendidikan, Pendidikan Jepang, Pendidikan Menengah, Pendidikan Tinggi, Penelitian Pendidikan, SMA, SMA di Jepang on Januari 15, 2011 at 4:58 am

Hari ini adalah hari pertama ujian masuk PTN (senta shiken) di Jepang. Ujian akan berlangsung selama dua hari, hari ini dan besok. Barangkali sedikit aneh, mengapa senta shiken berlangsung di hari Sabtu dan Minggu dan mengapa pula di musim dingin.

Dengan kondisi dingin menggigit, suhu udara berkisar 5 derajat dan di beberapa tempat sudah mencapai minus 10 dengan salju menumpuk di jalan, mengapa begitu tega memaksa anak-anak SMA mengikuti ujian ?

Sebagai orang yang terlahir di negara yang panas sepanjang tahun, menyaksikan anak-anak SMA yang berjaket tebal, bersyal tumpuk, bersarung tangan tebal, sambil beberapa mengenakan masker karena sedang flu tentunya, saya merasa ikut prihatin. Tapi tidak bagi siswa-siswa SMA ini barangkali. Mereka dengan bergiat berangkat ke universitas-universitas tempat ujian berlangsung. Ada sekitar 706 tempat ujian di seluruh Jepang.

Materi ujian hari ini adalah koumin (公民)atau pendidikan kewarganegaraan, chiri rekishi (地理歴史)atau geografi sejarah, kokugo (国語)bahasa Jepang, dan eigo (英語) atau bahasa Inggris. Sedangkan materi ujian esok adalah rika (理科)atau IPA dan suugaku (数学)atau matematika.

Peserta ujian tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya sebesar 5,616 orang dari tahun sebelumnya. Total peserta sebanyak 558,984 orang. Adapun kapasitas PTN tahun ini adalah sebesar 188,532 kursi, jadi hanya sepertiga saja dari peserta yang akan diterima. Komposisi peserta ujian tersebut adalah siswa SMA yang diperkirakan lulus (koutougakkoumikoumisha) pada bulan Maret 2011 yaitu sebanyak 442,421 orang, lulusan SMA sebelumnya (koutougakkousotugyou) sebanyak 110,211 orang, lulusan SMK (koutousenmongakkou dai sannen syuuryou) sebanyak 234 orang, lulusan SMA di luar negeri (gaikoku no gakkou) sebanyak 147 orang, lulusan sekolah Jepang di LN (zaigaku kyouiku shisetsu) sebanyak 154 orang, lulusan specialized training college (sensyuu gakkou koutoukatei) sebanyak 53 orang, orang yang diijinkan untuk mengikuti ujian berdasarkan keputusan khusus MEXT sebanyak 21 orang, siswa yang lulus ujian persamaan SMA (koutougakkou sotsugyou teido nintei shiken goukaku) sebanyak 5,665 orang, dan yang diberi rekomendasi oleh PTN sebanyak 78 orang. Selengkapnya dapat dilihat di http://www.dnc.ac.jp/modules/center_exam/content0321.html

Mungkin agak berbeda dengan negara lain, di Jepang siswa SMA sudah mengetahui kelulusannya sekitar bulan Desember, dan sudah bisa mulai memilih universitas yang akan dimasukinya. Sekalipun wisuda dan ijazah baru akan diberikan pada bulan Maret, untuk bisa mengikuti senta shiken, para siswa sudah harus mendapatkan keterangan kelulusan dari masing-masing SMA.

Selain ujian masuk PTN di musim dingin, ada satu lagi yang sering membuat saya heran, yaitu kompetisi baseball di pertengahan musim panas saat suhu udara mencapai 35-40 derajat yang setiap tahun diadakan untuk siswa SMA.

Saya kira orang Jepang memiliki strategi pembinaan mental dan fisik secara alami untuk siswa-siswa SMA-nya🙂 Dengan menyelenggarakan ujian masuk PTN di musim dingin itu sama saja artinya memaksa otak bekerja pada saat otak sama sekali tidak mau bekerja karena kondisi dingin. Yang paling disukai pada saat cuaca dingin adalah berdiam di rumah, bersembunyi di balik selimut, makan dan minum teh atau kopi hangat. Tetapi menjelang musim ujian masuk, anak-anak SMA harus bolak-balik ke juku (les privat) untuk berlatih soal-soal ujian masuk.

Pada saat kebanyakan orang berlindung di bawah pohon, mencari ruang-ruang ber-AC di departement store, siswa-siswa SMA malah rela berpeluh, bersorak meneriaki teman-temannya yang sedang bertanding. Tidak ada kata menyerah melawan terik panas.

Jadi barangkali mengadakan kedua event di musim yang berbeda merupakan salah satu terapi melatih mental dan fisik anak-anak SMA di Jepang🙂

  1. Mbak, numapng nanya donk🙂
    Orang yang diijinkan untuk mengikuti ujian berdasarkan keputusan khusus MEXT itu siapa? Makasii

  2. @ Sid : maksudnya orang yang diijinkan ikut ujian berdasarkan surat keputusan dari Kementrian pendidikan, misalnya lulusan koutoushihangakkou, sekolah guru selevel SPG kalau di Indonesia, yang ingin melanjutkan ke PTN untuk memperoleh gelar S1.Atau lulusan sekolah-sekolah tempo dulu yang secara institusi sudah dibubarkan.Misalnya dulu ada istilah Koutoujoshikou (SMA Keputrian), dll.

  3. […] jadi teringat salah satu penuturan Mbak Murni Ramli tempo hari di salah satu tulisannya. Konon katanya, di Jepang tidak ada yang namanya ujian kelulusan SMA. Yang ada hanyalah ujian masuk […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: