murniramli

Ospek Siswa Baru

In Pendidikan Indonesia, Pendidikan Menengah, Pendidikan Tinggi, Serba-serbi Indonesia, SMA on Juli 11, 2011 at 11:21 pm

Saya masih dalam perjalanan dengan bis dari Madiun ke Semarang ketika pada jam-jam pulang sekolah menyaksikan rombongan anak sekolah berseragam biru putih berpenampilan aneh. Beberapa membawa tas kresek dengan tali rafia, rambut dikepang dengan karet warna-warni. Sesampainya di Semarang, saya dapati anak teman yang baru masuk SMA juga membawa tas kresek berisi botol minuman yang sudah diberi label merk yang asing sekali. Ibunya sedang keluar mencari kangkung katanya, karena tumis kangkung menjadi penganan wajib hari ini yang harus dibawa ke sekolah 🙂

Saya ingat saya tidak mengalami hal seperti ini di jaman saya bersekolah di SMP maupun SMA. Bawaan aneh seperti itu hanya terjadi ketika saya masuk sebagai mahasiswa baru di IPB. Tas karung terigu, aneka mie dengan merk sayap anak ayam, tempe dengan presisi tertentu, buah pisang kembar, gajah dalam botol, dan aneka lainnya. Kakak kelas di IPB lebih kejam lagi dengan membuat mahasiswa baru tidak tidur semalaman untuk mendengarkan siaran harga sayur-mayur di RRI. Lalu, apa gunanya OSPEK seperti itu? Katanya untuk melatihkan usaha keras dan tidak putus asa ketika menjalani tugas-tugas kuliah nanti.

Saya tidak tahu apakah senior-senior melupakan bahwa esensi dari OSPEK adalah pengenalan kampus dan kehidupannya. Sayang sekali, OSPEK yang saya ikuti dulu melupakan hal ini sehingga kami tidak tahu seperti apa, seluas apa, di mana perpustakaan, di mana kebun-kebun percobaan, di mana lab ini dan itu, di mana rektorat, di mana dekanat, apa kegiatan mahasiswa. Mudah-mudahan sekarang sudah berubah.

Sewaktu menjadi mahasiswa baru di Nagoya University, sama sekali tidak ada tindakan aneh-aneh, dan saya juga amati penerimaan mahasiswa baru di tingkat S1 juga sama. Mereka sama sekali tidak mengalami plonco-ploncoan. Hari pertama kedatangan kami langsung dibawa ke asrama mahasiswa dan dibriefing tentang kelengkapan dalam kamar, tutor asrama, dan peraturan asrama. Hari kedua, di pagi hari kami diajak keliling gedung untuk perkuliahan bahasa Jepang, siang harinya pembuatan rekening bank, dan sore harinya ke kantor kelurahan untuk mengurus KTP orang asing. Hari ketiga, acara keliling kampus. Dan hari keempat tour ke perpustakaan sekaligus tata cara penggunaan pustaka.

Saya tidak tahu apa saja yang dilakukan siswa-siswa baru selama masa orientasi di SMP dan SMA di Indonesia. Sebenarnya siswa-siswa SMP, SMA tidak perlu meniru ulah kakak-kakak mereka di perguruan tinggi, kecuali jika yang mereka tiru adalah hal yang benar.

Ada banyak cara kreatif untuk menyambut siswa baru :

1. Pengenalan sekolah, peraturan serta budaya sekolah. Misalnya sekolah-sekolah yang sudah menjalankan proses pemisahan sampah, hal ini perlu diperkenalkan dan dilatihkan kepada siswa baru (Sengaja saya tulis miring kata “dilatihkan”, supaya kegiatan tersebut tidak melulu ceramah, tetapi yang terpenting adalah mereka harus menjalaninya/mengalaminya melalui praktek langsung). Tata tertib berpakaian juga hal penting yang harus disampaikan. Pada masa menjadi siswa baru, seragam masih rapih dimasukkan, lama-lama baju seragam menjadi semakin pendek dan tidak lagi dimasukkan. Adab kepada guru dan warga sekolah yang lainnya, misalnya selalu menyapa dengan ucapan salam jika bertemu.

2. Mengenalkan proyek tahunan. Misalnya, kakak-kakak kelas 2 dan 3 sudah mempunyai proyek memberikan santunan kepada anak yatim, proyek membersihkan sampah di sepanjang jalan menuju sekolah, proyek reboisasi hutan yang sudah gundul, proyek membersihkan sungai dll, yang merupakan proyek rutin yang harus didukung oleh semua warga sekolah.

3. Mewawancarai kepala sekolah/wakasek, ibu guru, kakak kelas, tukang kebon, dll untuk mendapatkan informasi yang belum diketahui tentang sekolah, dan atau meminta nasehat untuk menjalani kehidupan anak sekolah

4. Kunjungan ke perpustakaan. Sebenarnya intinya untuk memperkenalkan siswa urgensi pustaka dan pencarian literatur kalau mereka ingin mengembangkan wawasan. Boleh juga perpustakaan mengadakan seminar kecil dan tour (kalau perpustakaannya besar). Kalau koleksi buku masih sedikit, maka wajibkan siswa yang mampu untuk menyumbang buku. Sumbangan buku tidak harus baru, buku bekas pun tidak ada masalah, tetapi harus buku yang siswa itu sendiri sudah membacanya dan menurut dia, buku tersebut layak dibaca oleh teman-temannya. Bagaimana kalau ternyata semuanya menyumbang novel Harry Potter? Dari awal antisipasi hal ini dengan membuat persyaratan-persyaratan khusus, misalnya tidak boleh novel ini dan itu.

5. Perkemahan. Kegiatan sekolah bisa juga diperkenalkan melalui perkemahan. Perkemahan bukan melulu kegiatan anak-anak pramuka. Bisa juga perkemahan dilakukan untuk memacu semangat meneliti. Perkemahan di pulau yang merupakan habitat penyu atau habitat burung untuk mempelajari jenis-jenis burung, atau ke taman suaka alam untuk mempelajari jenis tumbuhan. Tergantung dari kekhasan sekolah, kegiatan apa yang ingin ditonjolkan dan menjadi trade mark sekolah. Atau dapat pula kegiatan perkemahan dijadikan sebagai puncak masa orientasi yang sifatnya ringan, santai-santai untuk mengenal lebih dekat warga sekolah.

6. Silakan tambahkan sendiri 🙂

Kalau ada yang protes, kok serius banget acara ospeknya? Nggak ada kenangan dong? Jangan khawatir, masa SMA itu adalah masa yang paling indah katanya. Kenangannya banyak sekali setelah ospek yang serius itu. Sebab, di usia SMA-lah, anak-anak belajar menjadi orang dewasa, mempunyai cita-cita yang jelas (kalau ada anak yang belum jelas masa depannya, guru harus membantu untuk menemukannya), dan mulai mandiri. Proses dari remaja memasuki masa persiapan menjadi dewasa adalah masa-masa yang sangat penuh pergulatan jiwa. Jadi, tentu saja akan banyak kenangan pada masa itu.

Jadi, barangkali tidak perlu membuat para siswa baru kelihatan konyol di hari-hari pertama mereka masuk sekolah. Orang tuanya sudah membelikan baju baru, tas baru, sepatu baru yang sangat diharapkan akan dikenakan pada hari pertama menginjakkan sekolah. Bukankah mengenakannya merupakan sebuah semangat baru bagi mereka semua? Sayang kalau hari-hari awal, semangat itu diloyokan dengan kekonyolan penampilan. C’mon, think better !

 

 

 

Iklan
  1. Bisa dicoba nih saran Ibu dengan membawa benih tanaman sebagai perlengkapan kegiatan MOS. Dipadankan dari tulisan Ibu yang berjudul “Pohon Apa yang Ada di Sekolahmu?”. Terima kasih Ibu Murni. Salam kenal.

  2. Kalau saya waktu praospek saja sudah dapat pukulan dari senior 😀

  3. Hai Mur… aku makin kagum aja denganmu. Terlihat sekali bahwa kamu benar2 concern dg dunia pendidikan.. so cocoklah jika dirimu jadi pengajar.
    Semoga saja idemu yang cemerlang itu bisa diterapkan di sekolah2 yang ada di negara kita, karena aku sendiri kurang sreg dg acara perploncoan spt itu. 🙂

  4. kak… maaf ni sebelumnya…
    cuma mau nanya aja kak…. biar gak salah paham,,
    jd gni, bbrp wktu yg lalu saya smpat baca artikel di internet tntang perploncoan yg ada d jepang ketika masuk ke perguruan tinggi [ospek], , kata ny kakak tingkatny yg cowok boleh [maaf] berhubungan badan dengan calon mahasiswi tersebut,, dan ada juga calon mahasiswi yg msti buka celana dalamny d dpn kakak2 yg ng-ospek calon mhasiswa/mhasiswi. .
    jadi prtanyaanny… itu smua bnr atau gak kak??
    trimakaszih sblumny…..
    ooh iy…. saya sgt snang dg blog ini kak ^^
    karna dsini info ny tntang jepang sngat2 saya suka….. saya sangat suka dg jepang… smoga suatu hari nanti saya bisza ksana ^^

    • @Amelia : Berita ttg itu kalau bukan hoax, yg bikin gila hehehe….Sepanjang pengetahuan sy, di Jepang tdk ada OSPEK semacam itu.Jangankan yg gila spt itu, yg main bentak-bentakan saja tdk ada. Mhsw baru hanya ikut orientasi pengenalan kampus.
      Kalau ada spt itu, pasti sudah ramai dibicarakan di TV. Kalau boleh tahu di mana link-nya? Tertulis dlm bahasa Jepang atau Inggris, atau Indonesia? th berapa kejadiannya?

      • kakak buka aja disini kak :: gamexeon forum tntang bentuk ospek di jepang…. awalny ketik aj d google gini…. *ospek di jepang*
        trusz nanti keluar tuh halamannya…… klau yg itu tntang cewek yg mesti buka clana dalamny kak… ada fotonya,,,,
        klau yg blh mnytubuhi adek tingkat itu pasz di cari skg gak ketemu lagi kak, tapi nanti klau ktemu bakal saya kasi tau lagi….
        emang gak semua situs bisza d percaya yaa…hmm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: