murniramli

Bersedekah Harus Setiap Hari

In Berislam, Ramadhan, Renungan on Agustus 17, 2012 at 8:25 pm

Pekerjaan apakah yang dapat menghapuskan dosa dan kesalahan kita? Tentulah ada yang mengatakan, minta ampun saja kepada Allah, karena Dia Yang Maha Penerima Taubat. Ya, benarlah itu. Meski tak tahu kita bahwa Allah akan mengampuni, tetapi Dia telah menjanjikan bagi hambaNya yang bertaubat dengan sungguh-sungguh, ampunan yang luas, asalkan si hamba memintanya dengan sangat kepadaNya.

Ada satu kisah sahabat yang mengganjar dirinya dengan kewajiban melakukan sedekah apabila ia melakukan sebuah dosa atau lupa mengerjakan shalat lail. Karena sedekah dapat menghapus dosa, maka seharusnya setiap hari seorang hamba harus bersedekah.

Bersedekah dengan mengeluarkan harta yang tak seberapa masih terasa berat terkadang, apatah lagi dengan harta yang dicintai sebagaimana diberitakan dalam hadits berikut.

Dari Abu Hurairah r.a: “Ada seorang lelaki datang kepada Nabi s.a.w. lalu berkata: “Ya Rasulullah, sedekah manakah yang teragung pahalanya?” Rasulullah s.a.w. bersabda:
“jikalau engkau bersedekah, sedangkan engkau itu masih sehat, dan sebenarnya engkau merasa sayang mengeluarkan sedekah itu, karena takut menjadi fakir dan engkau amat mengharap-harapkan untuk menjadi kaya. Tetapi janganlah engkau menunda-nunda, sehingga apabila nyawamu telah sampai di kerongkong lalu berkata: “Untuk si Fulan itu, yang ini dan untuk si Fulan ini, yang itu, sedangkan orang yang engkau maksudkan itu telah memiliki apa yang hendak kau berikan.” (Muttafaq ‘alaih)

Bersedekah setiap hari akan membersihkan jiwa seseorang dan mengayakannya, karena malaikat tak pernah berhenti mendoakannya.

 Abu Hurairah r.a. mengatakan bahwa Nabi saw. bersabda, “Tidak satu hari pun seorang hamba memasuki pagi harinya melainkan dua malaikat turun. Lalu, salah satu dari keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berikanlah ganti kepada orang yang menginfakkan (hartanya).’ Malaikat yang lain lagi berdoa, ‘Ya Allah, berikanlah kehancuran kepada orang yang menahan (infak).'”

Bersedekah memang semestinya setiap hari, karena tidak ada manusia yang tak pernah berhenti melakukan dosa. Setiap hari, ada saja kesalahan dan khilaf yang dilakukannya. Namun, dia tak menyadarinya karena manusia memang sedikit yang berhitung tentang kesalahan dan dosanya.

Renungan keempat belas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: