murniramli

Ayat Kursiy

In Berislam, Islamologi, Ramadhan, Renungan on Agustus 20, 2012 at 9:43 am

Sepotong ayat ini menjadi potongan yang terbanyak dibaca di dunia ini oleh kaum muslimin. Dia dibaca dalam sholat, dia disenandungkan tatkala kita merasa takut, dia dilantunkan menjelang tidur, dia dibaca dalam zikir pagi dan petang. Tak putusnya dalam sehari potongan ayat ini berkumandang di langit dunia.

 

 

 

 

 

 

 

 

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Kalau dilihat artinya, maka wajarlah jika ia dibaca sepanjang hari dalam berbagai keadaan. Isinya adalah pujian kepada Yang Maha Memiliki, Yang Maha Mengetahui, Yang Maha Hidup dan Tidak Tidur, Yang Maha Mengurus, Yang Maha Memelihara.

DIA yang menentukan apakah mantera jahat akan bekerja, doa kesembuhan akan melenyapkan penyakit jahat, doa-doa buruk akan kabul, menahan kedengkian dari berlaku kejahatan. DIA pula yang mengatur rezeki seseorang menjadi dapat dinikmati dengan nyaman, memutuskan hujan turun pada padang pasir yang gersang, memutuskan bumi bergoyang pada buminya yang rata. DIA Maha Kuasa.

Dalam kondisi takut, lemah, tergantung, dan tak berdaya, bacalah potongan ayat ini. Bahwa di luar kesombongan manusia dan keperkasaan alam, masih ada ALLAH Yang Maha Segalanya. Bahwa dalam kesendirian dan ketakukan manusia, masih ada DIA Yang Mendatangkan Keamanan dan Kenyamanan. Bahwa di balik sulitnya membujuk hati seseorang, DIAlah Yang Membolak-balikkan hati.

Maha Suci Allah yang telah mengirimkan ayat mulia ini.

Renungan kesembilan belas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: