murniramli

Selesailah Renungan Itu

In Ramadhan, Renungan on September 5, 2012 at 7:34 pm

Alhamdulillah, kalimat ini saja yang terucap tatkala saya menyelesaikan tulisan renungan ramadhan ketigapuluh hari ini. Waktu menunjukkan pukul 02.22 sekarang, dan saya sudah tidak bisa tidur, karena berangkat tidur cepat tadi.

Perjalanan berkereta ke Yogya hari ini sedikit melelahkan, dan selepas adzan Isya, saya sudah tertidur. Buku yang saya baca masih terbuka di sisi tempat tidur tatkala saya bangun pukul satu tadi.

Ramadhan sudah lewat hampir 17 hari, dan saya akhirnya diberi kekuatan menyelesaikan seri tulisan Renungan Ramadhan tahun ini. Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini saya mengalami kemunduran dan kemalasan barangkali, karena renungan itu baru tuntas pasca ramadhan, sementara biasanya saya selesaikan bertepatan dengan berakhirnya ramadhan.

Tak ada yang patut disesali dengan ketelatan itu. Namun, sebuah cambuk keras benar-benar telah menyalak, mengingatkan saya pada kesia-siaan menggunakan umur. Renungan yang tertunda ini adalah pelajaran berharga untuk tak menunda pekerjaan, mengutamakan aktivitas yang lebih bermanfaat daripada yang tidak, membunuh sifat malas daripada memeliharanya, dan memakai otak dan tangan selagi masih dapat dia bekerja dengan baik.

Semoga Allah mencatat ini sebagai amal jariah yang mengalir bagai anak sungai.Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: