murniramli

Mengubah mindset masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata

In Community Development, Pendidikan Tinggi on Februari 1, 2015 at 3:34 am

Pada periode KKN UNS Januari-Februari 2015, saya berkesempatan menjadi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) di dua desa, yaitu Desa Watubonang dan Desa Kedungjambal, yang kedua-duanya berada di Kec. Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo. Ada 10 mahasiswa di masing-masing desa, dan mereka menggarap tema KKN yang berbeda, yaitu Air Minum dan Penyehatan Lingkungan di Desa Watubonang, dan Peningkatan Produktivitas Pertanian di Desa Kedungjambal.

Lokasi KKN tidak terlalu jauh dari UNS, ditempuh sekitar 1 jam perjalanan. Kedua desa tidak termasuk daerah miskin, namun bukan juga daerah dengan pendapatan tinggi. Kedua desa memiliki karakter yang berbeda.

Desa Watubonang adalah wilayah dengan kandungan kapur yang tinggi, sehingga permasalahan warga adalah air yang sangat berkapur. Akibatnya untuk keperluan minum, warga menggunakan air galon yang dibeli dari luar desa. Selain kandungan kapur yang tinggi, desa ini juga memiliki potensi banyaknya tanaman empon-empon yang diusahakan warga di semua lahan kebun dan pekarangan. Sebagian warga memang berprofesi sebagai pemasok bahan jamu yang diperjualbelikan di luar desa.
Desa Kedungjmbal termasuk wilayah penanaman padi sawah terbesar di Kabupaten Sukoharjo, dengan kondisi irigasi dan ketersediaan air yang sangat memadai. Permasalahanya hanya pada pengaturan air berlebih pada saat musim hujan, sehingga meluap hingga jalan raya. Desa ini memiliki keunggulan lain yaitu jumlah pengusaha tempe yang cukup banyak, dan pernah menjadi juara dalam pengembangan lele. Sayangnya yang terakhir tidak berkelanjutan.

Kondisi kedua desa menjadi tantangan bagi mahasiswa yang diterjunkan ke sana, untuk merumuskan program yang cocok, dan tentu saja bagi DPL-nya untuk membantu mahasiswa memikirkan pemecahan masalah yang ada.

KKN yang berlangsung hanya 1.5 bulan tentu saja tidak mampu mengatasi semua masalah yang ada, tetapi paling tidak kedatangan mahasiswa mampu memberikan pengetahuan baru untuk mengubah mind set warga.
Seperti halnya penduduk di Desa Watubonang yang perlu ditingkatkan kesadarannya pada kebersihan air minum, dan juga upaya menjaga kesehatan lingkungannya. Program KKN mahasiswa tentu saja tidak dapat mengubah secara drastis pandangan masyarakat, tetapi dengan program sederhana tetapi sistematis, dengan sasaran mulai dari siswa sekolah (anak-anak), remaja hingga orang dewasa, maka paling tidak mereka telah mencoba membangun kesamaan mind set warga tentang air bersih dan penyehatan lingkungan.
Di Desa Kedungjambal, selain menyuluh petani terkait hama terpadu,  sekalipun menurut mahasiswa para petani sudah paham semua jenis hama, namun petani sebenarnya belum memahami pengendalian hama yang bijak yang menunjang pertanian berkelanjutan. Mengubah mind set petani pada kasus ini tidaklah mudah.
Yang menarik adalah semangat ibu-ibu yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani dan ibu-ibu PKK, mereka menghendaki perubahan tidak saja dari cara pikir tetapi betul-betul pada kegiatan pemberdayaan. Oleh karena itu, kegiatan penyuluhan inovasi produk tempe menjadi kripik tempe, lalu pembuatan nugget lele menjadi kegiatan yang sangat diminati dan diharapkan. Pengusaha tempe di desa ini pada umumnya berpikiran bahwa dengan membuat tempe biasa saja, semua sudah bisa laku, mengapa harus diolah menjadi kripik? Ya, di sinilah letak semangat majunya. Dengan menjual langsung sebagai tempe mentah, maka penghasilan yang diterima petani sangatlah terbatas. Sedangkan memberikan tambahan inovasi dapat menjadikan produk memiliki harga jual yang dua atau tiga kali lebih mahal.

Program KKN pada dasarnya hendak mengubah mind set dan pola pikir warga dari konsep tradisional dan bertahan menjadi pemikiran yang maju dan mau berkembang. Oleh karenanya kehadiran mahasiswa KKN sebagai orang luar atau pihak ketiga sangatlah diharapkan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: