murniramli

Panen Mizuna

In Serba-Serbi Jepang on Februari 1, 2015 at 2:59 am

P1070521

 

 

 

 

Bagi mereka yang pernah berada di Jepang, dan menggemari salad-salad ala Jepang, maka pastilah pernah mencicipi mizuna (水菜), sayuran khas daerah sub tropis yang mengandung banyak air pada batangnya, sehingga dalam kanjinya pun diawali dengan huruf 水, yang artinya air. Nama dalam bahasa Inggris, adalah water greens.

Mizuna adalah sejenis brassica, dengan nama latin Brassica rapa nipponsinica. Di banyak negara, tanaman ini memiliki nama Japanese mustard, California peppergrass, spider mustard (karena daunnya seperti kaki-kaki)

Tahun lalu ketika berkesempatan berkunjung ke Gujo Hachiman, host family saya membelikan biji mizuna dan mengatakan bahwa kemungkinan tidak bisa tumbuh di Indonesia. Tetapi saya mencoba menanamnya sekitar Desember 2014, dan alhamdulillah tumbuh dengan subur, meskipun tidak bisa sebesar mizuna di Jepang. Lalu dua minggu yang lalu, mizuna menjadi santapan sarapan saya.

Mengolah mizuna sebagai salad tidak susah, cukup memotong-motongnya, lalu mencampurnya dengan minyak zaitun (salad dressing juga boleh), ditaburi biji-biji wijen, dan potongan crab stick. Kalau di Jepang, mizuna juga sering dimasukkan dalam nabe, sop khas musim panas.

Mizuna saya bagikan juga kepada salah seorang tetangga dan katanya dimasak dengan santan encer, rasanya juga enak.

Beberapa jenis sayuran Jepang saya coba tanam, tetapi sepertinya benihnya sudah kadaluwarsa, karena memang sudah setahun lebih, sehingga tidak berkecambah.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: