murniramli

Menjadi Orang Berkarakter dan Berbudaya di Jepang

In Serba-Serbi Jepang on Maret 19, 2018 at 4:51 pm

Akhirnya buku saya terbit. Setelah sekian lama tersimpan di laptop dan tidak terurus sejak pertama kali ditulis tahun 2010, mengawali 2018 naskah buku akhirnya bisa dipublikasikan.

Buku ini berjudul Menjadi Orang Berkarakter dan Berbudaya di Jepang, dan dari isinya sudah dapat ditebak isinya tentang bagaimana memahami karakter dan budaya orang Jepang, serta bagaimana kedua hal tersebut diinternalisasi di sekolah dan dalam kehidupan masyarakat Jepang.

Orang Jepang sangat kuat dalam karakternya. Beberapa di antaranya seperti disiplin, kerja keras, santun, dan sikap menghormati kepentingan orang lain, dikenal sebagai penciri unik mereka. Bagaimana mereka dapat memiliki karakter yang melekat seperti itu? Ini hanya dapat dipahami apabila kita mempelajari sejarah bangsa Jepang, sejarah pendidikan moral, dan asal usul kode etik samurai atau bushido yang orang Jepang anggap sebagai standar perilaku bermasyarakat. Selain itu, bagaimana kode etik, keyakinan, dan konsep hidup ditanamkan kepada generasi mudanya, hanya dapat diketahui melalui penelusuran pendidikan moral di sekolah.

Buku ini membahasnya secara detil, termasuk perubahan masyarakat Jepang. Diperuntukkan bagi pembaca yang memiliki peminatan pada ke-Jepang-an, mereka yang akan berangkat dan tinggal di Jepang, atau bahkan untuk siapa saja yang akan bekerja dan bergaul dengan orang Jepang.

Bagi yang berminat, dapat menghubungi penulis untuk mendapatkannya, karena buku belum dijual secara meluas. Info lengkap dapat diperoleh dengan mengirim email ke moernier(at)gmail(dot)com.

WhatsApp Image 2018-03-18 at 16.28.14

 

Summary buku di bawah ini:
Profil Buku Pend Jepang

  1. Selamat bu atas terbit bukunya. Semoga mencerahkan anak Bangsa..

  2. Halo ibu Murni..
    Salam kenal saya Foury, saya sangat suka dan terkesan membaca artikel Ibu tentang Suka Duka TT di Jepang dan Taman Kanak-Kanak di Jepang. Saya kebetulan lulusan FKIP dan sekarang sedang mengajar di salah satu TK Swasta. Saya sangat tertarik dgn dunia pendidikan, terutama pendidikan usia dini, meskipun background studi saya bukan PAUD dan terlebih lagi saya sangat tertarik dengan budaya Jepang. Dan saya punya mimpi suatu saat saya bisa melanjutkan studi dibidang pendidikan anak di usia dini, saat ini sedang cari cari beasiswa, hehehe. Dan saya sangat terkesan dan penasaran dgn bagaimana pola pengajaran di TK Jepang yg kalau lihat dari TV anak anak kecil sdh mandiri dan tertib. Saya mau bertanya dan sekaligus minta Saran dari ibu Murni, Universitas di Jepang yg buka untuk program pendidikan anak usia dini? Terimakasih bu..

  3. […] bagian kedua dari tulisan pertama, bagian kedua akan membahas bab 4-5 pada buku karya Murni Ramli.  Bagian ini akan membahas dari aspek geografi dan sosial masyarakat […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: