murniramli

Archive for Februari 27th, 2007|Daily archive page

Ayo Sarapan

In Manajemen Sekolah, Pendidikan Indonesia, Pendidikan Jepang, Penelitian Pendidikan on Februari 27, 2007 at 9:42 am

Waktu saya kecil, tidak pernah ada hari tanpa sarapan.  Menu sarapan yang diracik mamak biasanya bubur bersantan-yang bisa ditaburi gula atau abon, plus telur rebus belah (ini karena ayamnya makan silet sebelum bertelur (^_~)), sejilatan madu dan teh atau susu segelas. Sarapan senikmat itu biasanya cukup sampai jam 11 siang.  Setelah itu harus diisi lagi bensinnya.

Kebiasaan sarapan berlanjut hingga saya SMA karena masih tinggal dengan mamak dan Bapak.  Menunya sudah agak beda, pakai ikan atau tempe.  Ketika saya tinggal di Bogor untuk kuliah, ritual sarapan saya mulai kacau.  Karena ada penjual gorengan yang suka lewat pagi-pagi atau chikua, atau bubur yang kebanyakan vetsin, maka saya melahapnya di pagi hari sebelum berangkat ke kampus.  Untungnya saya se-kost dengan seorang teman yang rajin sekali membuat sarapan walaupun hanya tempe goreng, maka jadilah saya ikut-ikutan rajin masak untuk sarapan.  Jadi boleh dikatakan saya tetap sarapan saat kuliah. Baca entri selengkapnya »

Mengetuk Pintu

In Islamologi, Renungan on Februari 27, 2007 at 8:39 am

Tok…tok…

Mengetuk pintu adalah kebiasaan yang sangat lazim kita kerjakan.  Tidak ada yang aneh dengan aktifitas ini.  Pekerjaan ini pun kadang tidak bermakna apa-apa, saking seringnya kita mengerjakannya.  Tapi, mengetuk pintu sebenarnya sangat dalam maknanya.

Suatu hari saya diminta mengamati kelas bahasa Thailand dalam proses in service training saya sebagai pengajar bahasa Indonesia di sebuah lembaga bahasa di Nagoya.  Pengajarnya seorang laki-laki.  Karena saya diminta mengamati, maka saya rekam baik-baik tindakannya sejak dia di depan pintu kelas.  Pertama yang membuat saya kagum adalah “dia mengetuk pintu” sebelum masuk ke kelas.  Baca entri selengkapnya »