murniramli

Ya, Allah berilah hamba kesabaran

In Islamologi, Renungan on September 1, 2009 at 6:39 am

Di bulan puasa dengan udara panas menyengat seperti hari ini, saya dan barangkali teman-teman juga pasti ingin sekali tidur saja menunggu beduk maghrib nanti. Tapi saya tidak bisa, sebab pekerjaan saya tidak mengenal liburan puasa.Saya tetap harus berangkat.

Barangkali semua merasakan yang sama, kondisi yang paling loyo adalah jam-jam tidur siang atau jam-jam makan siang. Kalau tidak karena dikuatkan Allah, maka mungkin saya tidak akan bertahan.

Kesabaran dan keikhlasan sungguh diperlukan pada saat-saat seperti ini.

Sabar biasanya kita artikan sebagai sikap bertahan dalam menghadapi cobaan. Ketika sakit, kita diminta bersabar, tidak merintih dan berteriak-teriak kesakitan. Ketika gagal dalam ujian, jangan menangis dan menghukum diri. Ketika ditinggal pergi, jangan melolong. Ketika dihina, sabar memberikan argumentasi. Ketika ditanya, sabar dalam memberikan jawabannya. Dan ketika bekerja, sabar menuntaskan semuanya.

Hari ini setelah sholat subuh, saya tidur lagi. Hal buruk yang sebenarnya ingin saya hentikan, tapi tadi malam saya terpaksa lembur lagi. Rencana mengajar pada pukul 10.00 menjadi gagal, sebab murid saya akhirnya memutuskan untuk mengganti hari saja. Kebetulan juga dia sedang sibuk. Siang ini saya pun harus menempuh perjalanan jauh untuk mengajar. Mau rasanya tidur sekarang, tapi sungguh memalukan jika saya membatalkan jadwal karena alasan mau tidur.

Saya yakin banyak muslim yang saat ini sedang berjuang menahan sengatan matahari sekaligus menahan lapar dan amarah.

Saya ingin diberi sifat-sifat yang baik sebagaimana dijanjikan Allah dalam QS Fusshilat berikut ini :

Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keberuntungan yang besar. (QS. 41:35)

Dan saya pun ingin menikmati berita gembira kelak karena kesabaran hari ini.

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (QS. 2:155)

Ya, Allah berilah kami kesabaran hari ini sebagaimana Engkau telah menyabarkan kami pada hari-hari sebelumnya.

Renungan hari kesebelas….

  1. yang sabar ya murni sensei…ari yakin pasti sensei bisa menghadapi cobaan ini 🙂 … ganbatte ne

  2. YG SABAR YA SEMUA PASTI ADA JLN NYA AMBIL HIKMAHNYA TUHAN TIDAK AKN PERNAH MEMBERI COBAAN MELEBIHI KEMAMPUAN UMATNYA

Tinggalkan komentar